• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Buang Air Besar Keluar Darah Pada Ibu Hamil

Buang Air Besar Keluar Darah Pada Ibu Hamil
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (4 orang penilai )


Buang air besar keluar darah bisa dialami oleh siapa saja, tidak terkecuali pada ibu hamil. Tentunya hal ini akan semakin membuat panik ibu hamil, karena takut pendarahan yang terjadi berasal dari janin yang dikandungnya. Padahal penyebab buang air besar keluar darah pada ibu hamil ini bisa terjadi karena wasir ataupun fissura ani. Agar sedikit mengurangi kepanikan, maka ketahui beberapa hal berikut ini.

Penyebab Utama

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kondisi buang air besar berdarah yang dialami oleh ibu hamil bisa disebabkan oleh wasir dan juga fissura ani. Wasir memang terbilang umum ditemukan di ibu hamil, khususnya ketika trimester terakhir ataupun beberapa minggu setelah melakukan persalinan. Wasir akan terjadi ketika ada pembuluh darah pada area anus yang bengkak. Ketika pembuluh darah bengkak tersebut dilalui kotoran yang keras ataupun Anda mengejan dengan terlalu kuat, maka bisa saja robek dan terjadi lah pendarahan. Selain itu pendarahan juga bisa terjadi ketika anus yang mengalami pembengkakan dibersihkan menggunakan tisu.

Penyebab lainnya yaitu karena terjadinya fissura ani, yang merupakan kondisi dimana bagian dinding anus robek karena dipicu kotoran yang terlalu keras akibat konstipasi. Konstipasi sendiri memang sangat sering dialami oleh ibu hamil.

Waspadai Gejala Lain

Pendarahan yang terjadi karena wasir biasanya akan disertai dengan rasa sakit di bagian perut dan juga menyebabkan air di toilet menjadi kemerahan. Sedangkan pendarahan yang terjadi karena fissura ani umumnya tidak disertai rasa sakit. Jika darah yang keluar tidak terlalu banyak dan segera berhenti, maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan kondisi tersebut.

Jika feses yang keluar berwarna hitam gelap, bisa saja kondisi tersebut terjadi karena pendarahan di pangkal organ pencernaan yang melalui saluran pencernaan yang panjang. Sedangkan darah yang warnanya merah terang atau gelap ketika buang air besar berasal dari saluran pencernaan di sekitar anus.

chat

Apabila feses yang dikeluarkan berwarna kehitaman dan keluar tidak lancar ataupun feses keluar bercampur darah berwarna merah gelap dan terang, maka segera konsultasikan hal tersebut pada dokter. Selain itu, jika terjadi sakit perut yang disertai keluarnya darah, maka segera periksakan ke dokter.

Pendarahan yang dialami ibu hamil tidak boleh disepelekan. Selalu perhatikan gejala yang menyertai pendarahan tersebut. Kemudian periksakan kondisi tersebut pada dokter jika dirasa gejala yang dialami semakin parah.

Cara Mengatasi Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Buang air besar keluar darah karena wasir dan fissura ani umumnya akan berhenti sendiri. Namun tetap harus dilakukan pemeriksaan agar dipastikan penyebab dari kondisi yang Anda alami tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini, seperti:

1. Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi setiap harinya seperti sereal, roti dari biji-bijian utuh, sayur, dan juga buah. Jangan lupa juga untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, ditambah dengan jus buah.

2. Hindari untuk menunda buang air besar. Selain itu hindari mengejan yang terlalu kuat ketika buang air besar.

3. Hindari duduk atau berdiri yang terlalu lama, serta pilihlah posisi tidur menyamping agar tekanan di pembuluh darah pada anus bisa berkurang.

4. Berendam dengan air hangat yang bisa dilakukan dua kali dalam sehari. Anda juga bisa mengompres dingin area yang mengalami pembengkakan.

5. Konsumsi suplemen serat untuk ibu hamil. Namun sebelumnya konsultasikan pemakaian tersebut pada dokter.

Itulah beberapa hal terkait buang air besar keluar darah yang harus diketahui oleh ibu hamil. Konsultasikan kondisi Anda pada staff Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting yang sudah tersedia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan