• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

BPH Atau Pembesaran Prostat

BPH Atau Pembesaran Prostat
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (4 orang penilai )



Pembesaran prostat atau juga dikenal dengan benign prostatic hyperplasia (BPH) merupakan kondisi dimana kelenjar prostat pada organ reproduksi pria mengalami pembesaran atau pembengkakan secara abnormal. Kondisi tersebut mungkin akan lebih tersamarkan dalam beberapa waktu karena biasanya tidak akan menimbulkan gejala yang signifikan secara langsung.

Pembesaran prostat pria mungkin akan tergolong dalam kondisi yang umum dan bagian alami dari proses penuaan, tetapi Anda juga harus memperhatikan kondisinya pada titik tertentu. Karena dapat menyebabkan adanya masalah kesehatan serius bagi pria jika tidak ditangani diwaktu yang tepat. Dan semua pria akan memiliki kesempatan dalam organ reproduksinya untuk mengembangkan pembesaran prostat.

Kelenjar prostat yang terletak dibawah kandung kemih saat kondisinya mengalami sebuah pembengkakan atau pembesaran tentu dapat menekan bagian kandung kemih yang pada akhirnya akan mengakibatkan adanya kondisi komplikasi pada sistem saluran kemih Anda. Kelanjar prostat pada sistem organ reproduksi pria sangatlah berperan penting dan berfungsi sebagai pembuat cairan yang melindungi serta memberi makan pada sperma atau air mani.

Penyebab Adanya Pembesaran Prostat

Apa saja yang menjadi penyebab adanya kondisi keluhan pembesaran prostat? beberapa tindakan dan kondisi medis tertentu akan menjadi pemicu atau pendorong yang akhirnya menyebabkan kondisi pembesaran atau pembengkakan pada kelenjar prostat Anda. Penyebab adanya pembesaran prostat bisa berasal dari beberapa kondisi bahkan juga disebabkan oleh faktor X atau faktor yang tidak dapat diketahui.

Hal ini juga yang akhirnya juga bisa menjadi penyebab mendasar dari adanya keluhan tersebut dan beberapa kondisi diantaranya bisa seperti:

o Penuaan atau bertambahnya usia

o Sejarah atau riwayat keluarga yang mengalami masalah pada prostat

o Kondisi medis khusus seperti diabetes dan penyakit jantung

o Gaya hidup yang berisiko

Dalam kasus pembesaran prostat yang sering menjadikan adanya kondisi terberat karena dapat disebabkan oleh perubahan keseimbangan hormon seksual seiring dengan bertambahnya usia pria. Sehingga seorang pria akan berkesempatan untuk mendapatkan kondisi tersebut ketika didorong juga dengan adanya faktor usia.

Apakah Pembesaran Prostat Berarti Kanker Prostat?

Pembesaran kelenjar prostat jinak atau benign prostatic hyperplasia (BPH) merupakan kondisi yang masih dapat diatasi dan ditangani. Namun BPH berbeda dengan kanker prostat, dan tidak bisa dikatakan tidak berpotensi untuk berubah menjadi kondisi kanker prostat yang berbahaya bagi sistem didalam tubuhnya.

Selama masa kehidupan seorang pria, ia akan mendapatkan 2 periode pertumbuhan utama dari organ prostatnya seiring dengan bertambahnya usia pria tersebut. Dimana yang pertama adalah ketika dirinya mengalami fase awal pubertas, dan yang kedua adalah ketika usia seorang pria diantara usia 25 tahun yang berlanjut hingga sebagian besar sisa kehidupannya.

Dalam fase kedua inilah yang akan lebih rentan untuk menghasilkan adanya kondisi pembesaran yang dirasa abnormal pada prostat Anda. Kanker prostat akan berbeda dengan kondisi ini karena biasanya kondisi pada keluhan kanker prostat akan lebih asimtomatik dan juga lebih serius jika dibandingkan dengan kondisi pembesaran prostat jinak atau BPH.

Baca Juga: Kenali Gejala Penyebab Penyakit Prostat Yang Sering Terjadi

chat

Gejala-Gejala Seorang Pria Dengan BPH

Tingkat keparahan gejala pada seorang pria dengan keluhan BPH atau pembesaran kelenjar prostat akan lebih disesuaikan dan juga dapat bervariasi dari satu orang dengan orang lainnya. Semakin bertambahnya hari dari waktu ke waktu tentunya akan lebih cenderung memperburuk kondisi dan gejala yang Anda rasakan nantinya.

Berikut adalah tanda dan gejala yang dirasakan seorang pria ketika mengalami keluhan pada area prostatnya.

o Nocturia – gejala buang air kecil (BAK) pada malam hari yang sering

o Frekuensi – tingkat buang air kecil (BAK) yang lebih sering dari pada biasanya

o Urgensi – memiliki sensasi buang air kecil (BAK) yang terburu-buru atau sesegera mungkin

o Hematuria – bercampurnya darah dalam urin atau warna urin yang lebih keruh

o Keraguan – kesulitan saat buang air kecil (BAK) atau aliran urin yang kecil

Gejala tersebut memang sekilas akan sama dengan beberapa gejala infeksi pada sistem saluran kemih atau ISK, namun Anda juga memungkinkan untuk mendapatkan gejala yang lebih dan signifikan hingga terasa lebih berat untuk beberapa orang. Gejala juga dapat berakhir stabil dan bahkan membaik seiring waktu, tetapi bukan berarti Anda telah sembuh dari keluhan awalnya.

Bahaya Prostat Yang Membesar Untuk Tubuh

Setiap masalah yang muncul didalam tubuh Anda tentu akan menghasilkan sebuah kondisi lain yang mengarah pada bahaya atau komplikasi untuk tubuh Anda sendiri. Dan begitu pula yang akan terjadi pada kondisi keluhan pembesaran prostat yang membesar secara abnormal. Bahayanya mungkin akan meliputi seperti berikut:

o Kerusakan Ginjal

Tekanan pada kandung kemih akibat retensi urin secara langsung dapat menyebabkan adanya infeksi yang mulai naik ke area ginjal dan akhirnya akan merusak ginjal Anda. Selain itu kondisi pielonefritis juga dapat muncul karena adanya infeksi kandung kemih yang telah mencapai ginjal.

o Kerusakan kandung kemih

Sebelum merusak area ginjal, Anda mungkin akan mengalami kondisi masalah pada area kandung kemih dimana tempat penampungan urin tersebut. Dinding otot kandung kemih akan kehilangan kemampuannya untuk berkontraksi dengan baik, sehingga Anda akan kesulitan untuk sepenuhnya mengosongkan kandung kemih.

o Retensi urin

Gangguan atau masalah yang mengakibatkan adanya ketidakmampuan Untuk buang air kecil secara maksimal atau mengosongkan kandung kemih. Untuk hal ini Anda mungkin akan membutuhkan bantuan alat medis seperti kateter guna mengeluarkan sisa urin atau mengeringkan kandung kemih dari urin.

o Batu kandung kemih atau batu ginjal

Ketika Anda kehilangan fungsi sistem saluran kemih dengan baik, maka Anda akan berkemungkinan untuk mengembangkan adanya masalah kesehatan seperti batu kandung kemiha tau batu ginjal akibat pengendapan urin yang tidak dapat diproses secara maksimal oleh sistem tubuh Anda.

o Infeksi saluran kemih kronis

Infeksi ini akan terjadi dari ringan hingga berat yang akhirnya akan mengakibatkan adanya risiko infeksi pada organ lain didalam tubuh Anda. jika ISK sering terjadi, Anda juga mungkin memerlukan tindakan medis seperti pembedahan atau operasi untuk mengangkat bagian prostat Anda.

Bahaya dapat diatasi dan dicegah dengan adanya pemeriksaan serta pengobatan yang tepat untuk gejala awal keluhan yang dirasakan. Seorang pria bisa dikatakan jarang untuk mengalami keluhan infeksi saluran kemih (ISK), yang berarti jika Anda mengalami gejala-gejala seperti ISK tentu Anda harus segera melakukan pemeriksaan atau konsultasikan agar dapat mengetahui kondisinya secara pasti.

Perawatan untuk pembesaran prostat di Klinik Utama Gracia dapat ditangani dengan tepat dan akan lebih disesuaikan dengan setiap kondisi Anda. Sehingga pengobatan yang dilakukan akan dilakukan semaksimal mungkin untuk kesembuhan Anda. Jangan tunggu keluhan Anda bertambah parah dengan membiarkan keluhan tanpa pemeriksaan, Konsultasi awal dengan tenaga medis profesional kami di nomor 081336361555 untuk informasi lebih lanjutnya.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan