• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Berbagai Jenis Obat Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita

Berbagai Jenis Obat Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (3 orang penilai )

Infeksi saluran kencing adalah penyakit yang dapat menyerang pria maupun wanita, bahkan dapat menyerang anak-anak. Penderita yang mengalami infeksi saluran kencing mengalami rasa sakit dan sulit ketika berkemih. Wanita lebih riskan mengalami infeksi saluran kemih dibandingkan pria. Ada beberapa obat infeksi saluran kencing pada wanita yang terbilang efektif.

Banyak wanita yang mengeluhkan kondisi infeksi saluran kemih (ISK) yang mereka alami. Karena ISK menimbulkan rasa yang tidak nyaman, dan rasa sakit pada perut bagian bawah, serta rasa sakit ketika anda sedang kencing. Kondisi ini tentunya sangat memberatkan bagi wanita, terlebih ketika infeksi saluran kencing menyerangnya ketika memasuki masa menstruasi.

Wanita lebih riskan mengalami infeksi saluran kemih dikarenakan kondisi saluran kencing (uretra) yang lebih pendek dibandingkan oleh laki-laki. Lalu adakah obat infeksi saluran kencing pada wanita yang dapat diberikan? Sebelum membahas jenis obat, anda harus mengetahui apa saja gejala ISK dan penyebab ISK.

Gejala infeksi saluran kemih

- Selalu ingin buang air kecil
- Urine memiliki bau tidak sedap
- Sakit saat berkemih
- Urine yang sangat bau
- Menyebabkan kegelisahan
- Timbul gejala demam
- Jika sudah cukup parah, urine akan bercampur darah.

chat

Penyebab

Infeksi saluran kencing disebabkan oleh bakteri Eschericia Coli, bakteri jenis ini memang hidup didalam saluran pencernaan manusia. Ada beberapa penyebab yang membuat bakteri E.coli hidup dan meradang di saluran pencernaan termasuk saluran kencing.

Bakteri E.coli masuk kedalam saluran kencing karena mungkin anda tidak menjaga kebersihan disaluran kencing usai melakukan buang air besar maupun usai melakukan buang air kecil, sehingga bakteri masuk dan meradang. Selain oleh bakteri, ISK juga sering melanda wanita-wanita usai melakukan hubungan intim.

Infeksi saluran kemih memang bukanlah penyakit yang cukup berbahaya. Tetapi jenis penyakit yang satu ini apabila mengalami komplikasi akan memberikan dampak yang sangat berbahaya bagi organ pencernaan lainnya seperti dampak pada ginjal.

Obat Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita

Ada beberapa jenis obat infeksi saluran kemih yang biasa digunakan untuk pengobatan, baik itu pengobatan secara medis maupun pengobatan dengan alami. Berikut beberapa daftar obat untuk infeksi saluran kemih.

Obat Medis Untuk Infeksi Saluran Kemih

Sebagian besar obat yang diberikan oleh dokter untuk anda adalah berjenis antibiotik. Obat-obatan tersebut sangat berguna untuk mengatasi bakteri yang memang menyebabkan anda mengalami infeksi pada saluran kencing. Adapun jenis-jenis obat yang biasa diberikan adalah:

- Levofloxacin
- Ciprofloxacin
- Trimethropim
- Paracetamol untuk pereda rasa sakit

Itulah jenis-jenis obat yang paling sering digunakan untuk mengatasi infeksi saluran kemih yang diberikan oleh dokter. Jika anda mengalami infeksi saluran kemih, maka tidak diperlukan untuk perawatan di rumah sakit cukup dengan pengobatan di rumah saja.

Obat Alami Untuk ISK

Adapun obat-obat alami yang sering digunakan untuk obat infeksi saluran kencing  pada wanita adalah sebagai berikut, dimana obat-obat jenis ini akan sangat ampuh untuk mengatasi berbagai gejala dan penyebab ISK.

Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya dikenal sebagai obat untuk kecantikan saja, ternyata tanaman yang memiliki bentuk ini sangat ampuh untuk mengobati ISK.

Jahe

Jahe sudah lama dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk obat untuk infeksi saluran kemih. Anda bisa menjadikan jahe sebagai minuman yang rutin anda minum setiap harinya.

Probiotik

Banyak orang yang menganggap makanan yang banyak mengandung probiotik hanyalah yoghurt. Ternyata tidak hanya yoghurt, anda dapat mengkonsumsi tempe, dan cokelat hitam sebagai probiotik. Probiotik sangat ampuh untuk mengatasi ISK.

Kunyit

Sebagai teman dari jahe, kunyit pun memiiki kandungan yang cukup baik untuk mengatasi ISK. Kunyit memiliki kandungan kurkumin sebagai anti bakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab ISK.

 

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan