• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Begini Cara Mengobati Penyakit Sipilis

Begini Cara Mengobati Penyakit Sipilis
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (6 orang penilai )

Bila Anda menderita sipilis, maka jangan sampai mengabaikan penyakit ini. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan gejala yang terjadi pada tubuh, apakah merupakan gejala sipilis atau bukan agar Anda dapat mencari cara mengobati penyakit sipilis. Hal ini penting sekali untuk Anda ketahui, karena sipilis adalah penyakit berbahaya.

Sipilis sendiri merupakan penyakit menular seksual yang bisa terjadi pada pria dan juga wanita. Penyebab penyakit ini adalah karena infeksi bakteri bernama Treponema pallidum yang dapat ditularkan melalui kontak seksual dengan penderita.

Penyakit sipilis umumnya memiliki 4 tahapan dengan berbeda-beda gejala yang akan terjadi. Di tahap awal, atau tahap primer, bakteri yang sudah menginfeksi akan menyebabkan luka pada lokasi bakteri terpapar. Hal ini akan terjadi setelah 10 sampai 90 hari penderita terpapar bakteri sipilis tersebut. Kemudian luka akan hilang sendiri setelah tiga sampai enam minggu.

Setelah itu sipilis akan memasuki tahap sekunder dimana penderita akan mendapati munculnya ruam pada bagian tubuh mana saja, terutama telapak tangan dan kaki. Penderita juga akan mengalami kutil kelamin, flu, penurunan berat badan, kerontokkan rambut, dan pembesaran kelenjar limfa.

Tahapan selanjutnya dari sipilis adalah tahap laten. Pada tahap ini penderita tidak menemukan keberadaan gejala, walaupun sipilis masih ada dan bisa tetap menular. Bila sampai tahapan ini sipilis tidak juga ditangani, maka akan berlanjut pada tahapan yang semakin serius, yaitu tahap tersier. Di tahap tersier, sipilis bisa menyebabkan kerusakan pada organ tubuh lain, bahkan dapat terjadi kematian.

Agar kemungkinan komplikasi yang membahayakan tersebut tidak terjadi atau bisa dihindari, maka Anda harus melakukan cara mengobati penyakit sipilis berikut ini:

chat

Cara Mengobati Penyakit Sipilis

Pengobatan yang dilakukan untuk penderita sipilis akan diberikan sesuai dengan tahapan dari penyakit tersebut. Pada penderita yang masih berada di tahap primer dan sekunder, pemberian antibiotik penisilin akan diberikan melalui suntikan. Penderita yang alergi pada antibiotik penisilin, bisa mendapatkan pengobatan antibiotik jenis lainnya.

Dosis yang akan diberikan dokter pada penderita sipilis yang memiliki infeksi ini di bawah satu tahun, adalah cukup satu suntikan. Namun dosis akan ditambah, bila Anda adalah penderita yang sudah memiliki sipilis lebih dari satu tahun.

Bila penderita mengalami sipilis yang sudah berada pada tahapan tersier, maka pengobatan mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama. Antibiotik juga akan diberikan melalui infus agar infeksi cepat dapat dihentikan. Namun bila sudah terjadi kerusakan pada tahapan ini, maka pengobatan tidak akan membantu untuk memulihkan kerusakan organ yang sudah terjadi tersebut. Bahkan pengobatan yang diberikan bisa lebih kompleks.

Setelah pengobatan dilakukan hingga tuntas, dokter akan menyarankan Anda menjalani tes darah. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah infeksi yang terjadi sudah sembuh total. Namun kemungkinan Anda mengalami sipilis kembali masih dapat terjadi, terutama jika Anda melakukan aktivitas seks yang berisiko.

Cara mengobati penyakit sipilis ini dilakukan agar menghindarkan Anda dari terjadinya kerusakan organ yang juga dapat membahayakan nyawa penderita. Segera konsultasikan kondisi Anda, jika Anda mengalami gejala sipilis ataupun telah melakukan aktivitas seksual yang berisiko, segera lakukan pemeriksaan pada dokter Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan