• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Beberapa Gejala Herpes Yang Perlu Kita Ketahui

Beberapa Gejala Herpes Yang Perlu Kita Ketahui
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (1 orang penilai )

gejala herpes

Tahukah Anda bahwa ternyata Herpes virus simpleks atau yang lebih dikenal sebagai herpes dikategorikan menjadi dua jenis yaitu: herpes tipe 1 (HSV-1, atau herpes mulut) dan herpes tipe 2 (HSV-2, atau herpes genital).

Virus herpes simplex, yang juga dikenal sebagai HSV, adalah infeksi yang menyebabkan herpes. Herpes dapat muncul di berbagai bagian tubuh, paling sering pada alat kelamin atau mulut.

Perlu Anda ketahui juga bahwa HSV-1 dapat menyebabkan herpes genital, dan dalam kasus HSV-2 orang yang terinfeksi mungkin memiliki luka di sekitar alat kelamin ataupun pada bagian dubur, namun luka HSV-2 dapat terjadi pada bagian tubuh lain dan luka ini biasanya ditemukan di bawah pinggang.

Apakah Penyebab Herpes?

Penyebab Herpes HSV-1

Virus herpes simplex (HSV) merupakan virus menular yang dapat menulari dari satu pasien ke pasien lainnya melalui kontak langsung. Anak-anak akan sering kontrak HSV-1 dari kontak awal dengan orang dewasa yang terinfeksi. Infeksi HSV-1 juga dapat terjadi dari interaksi umum seperti makan dari peralatan yang sama, berbagi lip balsam, atau mencium.

Penyebaran virus semakin cepat ketika orang yang terinfeksi mengalami sakit. Selain itu besar kemungkinan untuk mengalami herpes genital dari HSV-1 jika seseorang memiliki luka dingin dan melakukan kegiatan seksual selama waktu itu.

Penyebab Herpes Genitalis HSV-2

HSV-2 ataupun herpes genitalis diketahui ditularkan melalui hubungan badan dengan seseorang yang memiliki HSV-2. Sementara itu infeksi HSV-2 tersebar dengan datang ke dalam tubuh bersamaan dengan penyakit herpes, dan kebanyakan orang yang mengalami HSV-1 dari orang yang terinfeksi tanpa gejala, atau tidak memiliki luka.

Klik chat

Gejala Herpes Genitalis

dampak herpesKebanyakan orang tidak memiliki gejala herpes genitalis yang jelas selama berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun setelah terinfeksi. Namun pada beberapa orang mungkin akan memiliki gejala ini selama periode awal biasanya akan terlihat sekitar 4-7 hari setelah terinfeksi. Gejala herpes lainnya diantaranya adalah:

  • Terdapat luka lecet dan pemborokan pada leher rahim
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Suhu tinggi (demam)
  • Tidak enak badan
  • Terdapat luka dingin di sekitar mulut
  • Gatal atau kesemutan di sekitar alat kelamin atau pada daerah anus.
  • Terdapat lepuhan kecil yang pecah dan menyebabkan luka yang menyakitkan. Ini mungkin terjadi di sekitar alat kelamin Anda (penis atau vagina) atau pada bokong, paha, atau daerah dubur. Lebih jarang lepuhan ini dapat terjadi di dalam saluran kencing.
  • Sakit kepala
  • Sakit punggung
  • Gejala seperti flu, pembengkakan kelenjar getah bening, dan kelelahan.

Dapatkah Gejala Herpes Diobati?

Mungkin perlu Anda ketahui bahwa tidak ada obat untuk herpes genital. Namun gejala dapat dikurangi dan dicegah dengan pengobatan karena dengan pengobatan yang tepat dapat mengurangi risiko untuk menulari herpes ke orang lain.

Dokter mungkin meresepkan obat antivirus untuk membantu mencegah atau mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan dari gejala tersebut. Obat dikonsumsi setiap hari untuk menekan virus dan mengurangi jumlah wabah dan mengurangi risiko menulari orang lain.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa gejala herpes genital diatas bukan satu-satunya kondisi yang dapat menghasilkan gejala-gejala ini. Kadang-kadang, gejala HSV ini dikira sebagai infeksi jamur pada vagina, infeksi bakteri, atau infeksi kandung kemih.

Maka satu-satunya cara untuk mengetahui apakah gejala-gejala tersebut adalah gejala herpes adalah dengan memeriksakan oleh penyedia perawatan kesehatan dan biasanya herpes genital didiagnosis dengan pemeriksaan fisik dan biasanya dikonfirmasi dengan tes swab atau tes darah.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan