• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Bahaya Vaginitis Apabila Tidak Segera Ditangani Dengan Benar

Bahaya Vaginitis Apabila Tidak Segera Ditangani Dengan Benar
Nilai Rata-rata: 6.0 / 10 (4 orang penilai )



Bahaya vaginitis tentu bisa muncul kapan saja ketika keluhannya juga sudah dirasakan lebih lama dari sebelumnya. Vaginitis adalah nama untuk pembengkakan, gatal, rasa terbakar bahkan infeksi di vagina yang dapat menyebabkan beberapa kuman atau bakteri berkembang dengan mudah. Hal tersebut dikarenakan vagina adalah tempat yang sangat ideal untuk perkembangan semua jenis mikroorganisme.

Jika Anda seorang wanita yang memiliki keluhan keputihan abnormal atau tidak biasa maka Anda juga bisa berpotensi untuk mendapatkan keluhan tersebut dengan gejala yang lebih serius dari sebelumnya. Vagina merupakan saluran otot yang berjalan dari leher rahim ke luar tubuh dan dilapisi oleh semacam lendir atau cairan didalamnya.

Satu-satunya bagian vagian yang biasanya terlihat dari luar adalah lubang vagina, dimana lubang tersebut juga yang menjadi sarana utama masuknya bakteri atau mikroorganisme lain penyebab infeksi pada organ reproduksi bagian dalam seorang wanita. Keluhan vaginitis bisa bersifat lebih umum untuk kebanyakan wanita, hal inilah yang membuat mereka juga tidak bisa menyadari gejala awal untuk melakukan pemeriksaan.

Penyebab Dan Gejala Keluhan Vaginitis Yang Berbahaya

Apa yang menjadi penyebab keluhan vaginitis bisa menjadi beberapa faktor mendasar dari adanya sebuah keluhan tersebut. Dan berikut adalah beberapa kondisi atau faktor yang bisa menjadi penyebab adanya keluhan vaginitis yang diantaranya adalah :

• Kandidiasis
• Vaginosis bakteria
• Trikomoniasis
• Chlamidia
• Neisseria gonorrhea
• Mycoplasma

Beberapa penyebab diatas juga bisa diakibatkan oleh adanya faktor seksual maupun non seksual yang terjadi pada seorang wanita. Setelah infeksi masuk kedalam tubuh Anda, dalam beberapa hari atau selama masa inkubasi maka dirinya akan mendapatkan sebuah tanda dan gejala dari infeksi tersebut misalnya seperti :

• Iritasi, kemerahan, pembengkakan, dan nyeri pada daerah genital.
• Keluarnya sekresi keputihan yang tidak biasa atau abnormal.
• Disuria atau rasa sakit saat buang air kecil (BAK).
• Adanya gatal dan berbau dari area genital.
• Hubungan seksual yang terasa tidak nyaman atau menyakitkan.

Baca Juga : Wanita, Inilah Gejala Vaginitis Yang Harus Anda Waspadai

chat

Mengenali Bahaya Vaginitis Pada Wanita

Apakah vaginitis berbahaya? Bahaya vaginitis tentu akan muncul setelah atau bersamaan dengan adanya gejala infeksi tersebut. Dalam beberpaa kondisi seorang wanita yang memiliki keluhan vaginitis juga bisa disebabkan oleh adanya kondisi yang lebih kompleks dalam organ reproduksinya. Dan berarti akan lebih disarankan untuk seorang wanita agar melakukan pemeriksaan atau konsultasi tehadap keluhan keputihan yang dirasakannya.

Apa yang menjadi bahaya dari keluhan vaginitis adalah ketika seorang wanita juga memiliki kondisi yang samar atau bahkan bisa dikatakan asimtomatik untuk gejalanya. Potensi bahaya yang dapat ditimbulkan dari adanya keluhan vaginitis adalah saat kondisi keluhan Anda sudah semakin bertambah parah dan berakibat fatal.

Berikut adalah beberapa kondisi atau faktor yang menjadikan sebuah keluhan vaginitis menjadi bahaya yang serius bagi kesehatan tubuh wanita dalam jangka panjang :

• Penyakit menular seksual (PMS).
• Peradangan ginekologi kronis.
• Masalah kehamilan dan kelahiran.
• Infertilitas atau kemandulan.

Dalam beberapa waktu Anda mungkin akan merasakan beberapa gejala keluhan yang lebih menyakitkan serta bersifat lebih parah. Kebanyakan wanita akan lebih sering dan umum untuk mendapatkan keluhan keputihan karena siklus hormonal dari dalam diri wanita tersebut sendiri. Sehingga masih banyak kondidi lain yang bisa ditimbulkan atau diindikasikan ketika Anda memiliki keluhan keputihan atau vaginitis.

Bahaya Vaginitis Yang Perlu Dihindari

Bahaya vaginitis yang perlu dihindari adalah jika pada akhirnya Anda mengalami keluhan keputihan abnormal yang berlangsung dalam waktu lama atau terus-menerus. Dan tanpa adanya pemeriksaan yang dilakukan tentu Anda akan berpotensi untuk mendapatkan keluhan peradangan ginekologi lainnya, yang mudah berkembang dalam kondisi infeksi yang sudah ada sebelumnya.

Apa yang menjadi sebuah keluhan tentunya juga bisa menjadi sebuah bahaya yang akan berisiko panjang bagi seorang wanita ketika keluhannya juga berlangsung dalam waktu yang lama serta menghindari adanya keluhan yang berulang atau kambuh kembali dalam waktu yang singkat. Seorang wanita yang memiliki keluhan atau gejala keputihan abnormal yang sebelumnya belum pernah dirasakan sebaiknya segera melakukan pemeriksaan atau perawatan.

Keluhan bahaya vaginitis yang utama adalah ketika Anda memiliki keluhan keputihan yang berlangsung lebih lama dan pada akhirnya infeksi tersebut berkembang hingga ke area organ reproduksi lainnya. Lebih parahnya adalah saat Anda memiliki keluhan radang panggul atau PID (pelvic inflammation disease) hal ini tentu menjadu bahaya vaginitis yang paling sering dialami atau dirasakan oleh sebagian besar wanita.

Klinik Utama Gracia akan memberikan pemeriksaan dan perawatan terbaik untuk setiap keluhan genital Anda khususnya untuk keluhan seputar organ reproduksi wanita. Selain itu klinik kami juga tidak terpaku dalam mengobati keluhan dari fisiknya tetapi juga terfokus pada apa yang menjadi penyebab keluhan tersebut muncul.

“Jangan biarkan bahaya vaginitis muncul, segera lakukan pemeriksaan dan perawatan diklinik kami. Informasi lebih lanjut untuk konsultasi dan reservasi silahkan Klik Disini atau hubungi kami di nomor 081336361555

Baca Juga : Apakah Vaginitis Itu? Bagaimana Cara Menyembuhkannya?

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan