• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Bahaya, Ternyata Inilah Ciri Herpes Kelamin

Bahaya, Ternyata Inilah Ciri Herpes Kelamin
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (3 orang penilai )

Herpes kelamin atau herpes simpleks adalah infeksi yang mudah menular. Jika Anda memiliki ciri herpes kelamin sebaiknya Anda menghindari aktivitas seksual dengan pasangan karena, infeksi ini sangat mudah untuk menular melalui aktivitas hubungan seksual sehingga pasangan Anda berisiko untuk terinfeksi dan menderita penyakit herpes.

Herpes adalah infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Penyakit ini bisa menginfeksi bagian mulut dan yang lebih bahaya yaitu herpes kelamin yang termasuk kedalam jenis penyakit menular seksual akan menyerang kesehatan area kelamin, bokong, atau daerah dubur. Virus ini dapat menginfeksi pria dan wanita yang sudah aktif melakukan hubungan seksual. Infeksi virus ini juga bisa terjadi pada bayi yang baru lahir atau pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Virus Penyebab Herpes Kelamin Dan Penularannya

Herpes adalah nama sekelompok virus yang menyebabkan lecet dan luka yang menyakitkan dipermukaan kulit. Salah satu jenis virus herpes dikenal dengan sebutam herpes simpleks (HSV). Virus ini menyebabkan kedua lepuhan kecil yang menyakitkan di sekitar mulut dan herpes kelamin akan menimbulkan luka di sekitar organ seksual.

Ada dua jenis virus HSV yang menyebabkan penyakit herpes diantaranya:

1. Herpes Simpleks Tipe 1 (HSV-1)

HSV tipe 1 lebih sering menyebabkan luka dingin atau luka lecet di sekitar mulut dan biasanya luka ini dikenal dengan cold sores. Virus HSV tipe 1 lebih sering menjadi penyebab herpes kulit namun, pada beberapa kasus virus tipe ini bisa menjadi penyebab terjadinya herpes kelamin.

2. Herpes Simpleks Tipe 2 (HSV-2)

Virus herpes tipe ini dikenal sebagai penyebab utama dari penyakit herpes kelamin. Virus ini biasanya menular melalui kontak seksual seperti penis, vagina, anus melalui seseorang yang memiliki ciri herpes kelamin. Kebanyakan penderita herpes kelamin tidak menyadari bahwa mereka sedang terinfeksi penyakit ini dan biasanya infeksi HSV ini tidak menimbulkan tanda yang dapat dikenali dengan jelas. Sebaiknya Anda mengetahui apa saja ciri herpes kelamin dan segera dapatkan penanganan dari dokter untuk mencegah terjadinya komplikasi yang tidak diinginkan.

Faktor Penyebab Dan Penularan Infeksi

Seperti yang kita ketahui bahwa herpes kelamin merupakan penyakit menular seksual. Jadi, penularan infeksi ini sangat mudah terjadi melalui aktivitas hubungan seksual diantaranya:

• Melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang terinfeksi herpes kelamin
• Sering bergonta-ganti pasangan seks
• Tidak menggunakan pengaman saat berhubungan seksual

Anda juga bisa terinfeksi herpes melalui luka terbuka ang terdapat di sekitar kelamin. Infeksi virus ini dapat menular jika Anda menyentuh langsung luka yang disebabkan oleh virus herpes kelamin. Saat sistem imunitas tubuh Anda menurun atau Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah sangat mudah untuk terinfeksi virus. Sebaiknya hindari melakukan hubungan seksual yang bebas. Sebab, seks bebas menjadi faktor penyebab penularan infeksi yang paling mudah dan menyebabkan Anda untuk memiliki risiko penyakit kelamin.

Inilah Ciri Herpes Kelamin Yang Harus Anda Waspadai

Sebagian besar orang yang terinfeksi virus herpes kelamin tidak menyadari bahwa mereka sedang terinfeksi oleh virus herpes. Hal ini disebabkan oleh gejala dan ciri herpes kelamin yang sulit untuk dikenali. Berikut ini beberapa ciri-ciri herpes kelamin yang harus Anda ketahui:

• Adanya luka lecet terdapat di area genital dan luka akan menyebabkan rasa sakit
• Benjolan kecil berair atau disebut lenting
• Luka terbuka setelah lentingan pecah
• Luka yang sudah sembuh akan mengering dan berbentuk seperti koreng
• Mengalami flu, demam dan mengalami pembesaran kelenjar getah bening

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja ciri herpes kelamin. Gejala herpes kelamin dapat kambuh kembali dan biasanya ini disebut dengan wabah jika tidak diobati tanda dan gejala herpes kelamin dapat muncul pada waktu yang tidak dapat ditentukan.

Jika Anda memiliki ciri dan tanda seperti di atas sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan tindakan pengobatan untuk mencegah infeksi semakin berkembang menjadi lebih besar dan menyebabkan penularan infeksi yang luas.

Bantuan Pengobatan

Hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit herpes kelamin secara total. Namun, tindakan pengobatan bertujuan untuk menghilangkan gejala dan mencegah infeksi herpes kelamin kambuh kembali. Dokter akan memberikan beberapa resep obat untuk menghilangkan gejala herpes kelamin bertujuan untuk:

• Meredakan gejala herpes
• Mengurangi kemungkinan infeksi untuk kambuh
• Mengurangi tingkat keparahan gejala
• Mengurangi penularan infeksi kepada orang lain

Jika Anda memiliki ciri herpes kelamin sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mendapatkan tindakan pengobatan yang sesuai dengan tingkat keparahan penyakit herpes yang Anda alami. Nah, itulah tadi beberapa penjelasan tentang penyakit herpes kelamin.

Apabila Anda memiliki ciri herpes kelamin silahkan menghubungi Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan dan tindakan dari dokter kami. Jika infeksi dibiarkan tanpa dilakukan penanganan dapat menimbulkan komplikasi yang memperburuk kesehatan Anda.

Baca Juga : Ciri Ciri Herpes Kelamin dan Cara Mengobatinya

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan