• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Bahaya Radang Panggul Jika Tidak Segera Diobati

Bahaya Radang Panggul Jika Tidak Segera Diobati
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (4 orang penilai )



Bahaya radang panggul? Apa itu penyakit radang panggul? Penyakit radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID) adalah bentuk dari peradangan ginekologi yang terjadi pada daerah panggul meliputi saluran tuba fallopi, ovarium (indung telur), rahim, dan juga serviks (leher rahim). Beberapa jenis infeksi dari mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan lainnya juga bisa menjadi penyebab munculny keluhan penyakit radang panggul.

Biasanya jenis organisme yang sama dengan penyebab infeksi menular seksual (IMS) seperti gonore dan klamidia bisa menjadi pemicu adanya hal tersebut. Bakteri akan masuk kedalam area vgina yang menyebabkan adany infeksi hingga seiring berjalannya waktu infeksi tersebut dapat berpindah ke organ panggul Anda.

Hal tersebut tentu bisa menjadi sangat berbahaya bahkan mangancam jiwa jika infeksinya menyebar kedalam aliran darah. Penyakit dan bahaya radang panggul sering tidak menimbulkan gejala, akibatnya Anda mungkin tidak akan menyadari kondisinya dan mendapatkan pengobatan yang terlambat. Akan tetapi dalam beberapa konsidi seseorang bisa mendapatkan gejala yang lebih intens atau sering yang diantaranya juga bisa menjadi tanda adanya kondisi medis serius lainnya.

Penyebab Dan Gejala Adanya Penyakit Radang Panggul

Secara umum penyebab adanya keluhan radang panggul disebabkan oleh adanya infeksi yang naik hingga keorgan reproduksi bagian dalam seorang wanita. Penyebab infeksi dapat berupa bakteri, jamur, dan juga parasit yang dengan mudah dapat berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Bakteri penyebab kencing nanah atau klamidia lebih sering ditemukan sebagai salah satu penyebab adanya keluhan radang panggul.

Terlepas dari infeksi menular seksual keluhan dan bahaya radang panggul juga bisa muncul akibat beberapa tindakan yang bisa meningkatkan risiko atau bahaya radang panggul seperti :

• Radang usus buntu.
• Penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim (IUD).
• Melahirkan (keguguran atau aborsi).
• Biopsi endometrium.

Penyakit radang panggul biasanya tidak banyak menghasilkan atau memperlihatkan gejalanya secara jelas. Hal inilah yang menyebabkan seorang wanita cenderung tidak menyadari dan mengetahui kondisi dirinya yang terinfeksi atau memiliki penyakit radang panggul. Berikut adalah beberapa gejala yang mungkin Anda alami yaitu :

• Keputihan abnormal yang meningkat hingga menimbulkan adanya bau, gatal, dan perubahan pada warna keputihan yang lebih pekat (kecoklatan atau seperti flek kemerahan).
• Nyeri atau sakit perut bagian bawah dan panggul yang sering terjadi.
• Hubungan seksual yang menyakitkan.
• Perdarahan yang tidak teratur (saat berhubungan seksual atau menstruasi yang tidak teratur).
• Buang air kecil (BAK) yang menyakitkan.
• Demam, mengigil, dan kelelahan.

Nyeri atau sakit dengan intensitas sedang hingga berat mungkin bisa dirasakan ketika Anda memiliki keluhan radang panggul tersebut. Dalam kondisi tertentu Anda juga bisa kehilangan kesadaran ketika kondisinya sudah mulai dalam tahap yang lebih serius. Bahaya radang panggul juga bisa muncul ketika Anda membiarkan keluhan tanpa ada pengobatan yang dilakukan.

Baca Juga : PID Adalah Penyakit Radang Panggul Pada Wanita

chat

Bahaya Radang Panggul Dalam Jangka Panjang

Bahaya radang panggul akan sangat mudah berkembang karena Anda mungkin tidak menyadari adanya infeksi, dan biasanya seseorang akan menyadari kondisinya ketika keluhan sudah dirasakan dalam jangka panjang atau dengan melakukan pemeriksaan lain secara tidak sengaja. Jika Anda tidak mengobati keluhan bahaya radang panggul Anda, gejala mungkin akan memburuk dan menyebabkan beberapa bahaya seperti :

• Infertilitas atau kemandulan.
• Kehamilan ektopik (kehamilan yang terjadi diluar rahim).
• Sakit atau nyeri panggul kronis.
• Abses tubo-ovarium (sekumpulan nanah yang terbentuk disekitar tuba uterus dan ovarium).
• Peradangan ginekologi lain (servisitis, radang tuba fallopi, dan lainnya).

Bahaya radang panggul yang tidak diobati dapat menyebabkan jaringan parut dalam organ reproduksi bagian dalam Anda. Namun Anda juga berpotensi untuk mendapatkan keluhan ketika Anda juga termasuk dalam :

• Menjadi aktif secara seksual dalam usis muda.
• Memiliki banyak pasangan seksual atau sering berganti pasangan.
• Praktik seksual yang tidak aman atau tidak bersih.
• Seringnya melakukan douching.
• Memiliki riwayat infeksi menular seksual atau peradangan ginekologi lainnya.
• Menggunakan alat kontrasepsi IUD.

Dalam hal ini Anda tentu akan membutuhkan perawatan medis secara intensif agar keluhannya dapat diatasi dengan benar. Setiap potensi risiko umumnya akan mulai memunculkan keluhannya ketika kondisi Anda mulai memasuki infeksi tahap awal, sehingga semakin cepat Anda melakukan pemeriksaan dan pengobatan maka akan semakin cepat pula kondisi Anda didiagnosis dan ditangani oleh dokter.

Penting bagi Anda bahwa keluhan penykit radang panggul adalah kondisi yang dapat diobati dan sebagian besar wanita mengalami pemulihan penuh. Selain itu pengobatan juga dapat mengurangi kemungkinan adanya bahaya atau komplikasi yang berkembang tanpa Anda sadari sebelumnya. Segera konsultasikan jika Anda mengalami keluhan keputihan abnormal yang belum pernah dialami sebelumnya dengan dokter atau klinik penyedia layanan kesehatan khusus.

Klinik Utama Gracia adalah klinik khusus layanan kesehatan untuk organ genital yang menangani keluhan mengenai penyakit menular seksual (PMS), andrologi, ginekologi, disfungsi seksual, serta rekonstruksi selaput dara. Klinik kami menggunakan metode pengobatan modern serta canggih pada setiap tindakannya. Sehingga setiap pengobatan diklinik kami tidak hanya menggobati keluhan secara fisik atau yang terlihat tetapi juga terfokus pada pengobatan untuk penyebabnya.

Keluhan yang sudah berlangsunng pada tahap serius tentu akan membutuhkan waktu pengobatan dan juga proses pemulihan yang lebih lama jika dibandingkan dengan keluhan yang diketahui dalam tahap awal. Segera lakukan pemeriksaan diklinik kami atau hubungi 081336361555 untuk berkonsultasi dengan dokter maupun tenaga medis ahli kami.

Baca Juga : Penyakit Radang Panggul Pada Wanita

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan