• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Bahaya, Penyakit HPV Dapat Menyebabkan Kematian

Bahaya, Penyakit HPV Dapat Menyebabkan Kematian
Nilai Rata-rata: 7.2 / 10 (5 orang penilai )



Tahukah Anda bahwa penyakit hpv merupakan masalah yang sangat besar dan harus diwaspadai keberadaannya. Ada lebih dari 100 jenis virus HPV yang dapat menular hingga mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya yang dapat menganggu kesehatan Anda.

Apa Sebenarnya HPV Itu?

Human papillomavirus (HPV) adalah jenis virus dan sangat menular yang menyebabkan banyak penyakit berbahaya salah satunya adalah penyakit menular seksual. Virus ini sangat mudah untuk menular melalui aktivitas seksual terlebih hubungan seks yang bebas. Anda akan meningkatkan risiko untuk memiliki penyakit hpv jika, memiliki pasangan seksual lebih dari satu dan sering berganti-ganti pasangan seks.

Risiko juga akan semakin meningkat jika Anda melakukan hubungan seks tanpa menggunakan pengaman (kondom) karena, virus ini sangat mudah untuk menular dan berkembang melalui area lembab yang ada di dalam tubuh seperti pada kelamin, dubur, mulut, dan sel-sel yang ada di dalam tubuh.

Virus ini memiliki lebih dari 100 jenis virus dan beberapa diantaranya menular melalui kontak seksual. Yang harus Anda ketahui adalah bahwa virus jenis ini tidak mampu bertahan lama di luar tubuh dan sebaliknya bahwa virus ini mampu bertahan sangat lama di dalam tubuh penderitanya tanpa menunjukkan gejala apapun, sehingga tidak sedikit dari mereka yang terinfeksi tidak menyadari sedang memiliki penyakit hpv yang sangat berbahaya ini.

Waspada, Inilah Jenis Penyakit HPV Yang Mungkin Menyerang Anda

Ada dua jenis penyakit yang sangat umum disebabkan oleh virus hpv diantaranya:

1. Kutil Kelamin

Human papillomavirus tipe 6 dan 11 adalah penyebab utama dari penyakit kutil kelamin. Kutil kelamin adalah jenis penyakit menular seksual dan jenis penyakit hpv yang umum terjadi. Jika Anda aktif melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan seks maka, secara tidak langsung Anda memiliki risiko untuk menderita penyakit ini.

Penyakit ini ditandai dengan tumbuhnya daging berukuran kecil di area kelamin, dubur dan area genital lainnya. Selain itu, kutil kelamin juga ditandai dengan rasa gatal dan gejala lainnya yang menyebabkan ketidaknyamanan di area kelamin. Tetapi, meskipun penyakit ini memiliki tanda dan gejala yang dapat diketahui namun, tidak sedikit dari mereka yang menyadari bahwa sedang menderita penyakit kutil kelamin.

Hal ini dapat terjadi karena, pertumbuhan kutil pada seorang wanita sulit untuk diketahui. Pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh pada organ reproduksi bagian dalam seperti leher rahim sehingga membutuhkan pemeriksaan tertentu untuk mengetahui bahwa Anda sedang terinfeksi penyakit berbahaya ini. Pada beberapa kasus pertumbuhan kutil terdapat pada saluran kencing sehingga menyebabkan kesulitan dan rasa sakit saat buang air kecil dan hal ini di alami oleh pria dan wanita.

Maka itu, sangat penting untuk Anda untuk mengetahui lebih jelas mengenai penyakit kutil kelamin dan mendapatkan penanganan dari dokter sedini mungkin untuk mencegah terjadinya berbagai komplikasi yang membahayakan kesehatan Anda.

2. Kanker Serviks

Selain kutil kelamin infeksi hpv dapat menyebabkan penyakit berbahaya dan mematikan seperti kanker serviks. Hpv tipe 16 dan 18 adalah tipe yang menjadi penyebab kanker serviks. Wanita yang menderita kutil kelamin pada leher rahim bisa saja meningkatkan risiko untuk mengalami penyakit mematikan ini.

Sebaiknya, Anda segera melakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mencegah terjadinya penyakit hpv yang sangat berbahaya ini. Selain itu, hindari melakukan hubungan seksual bebas untuk mencegah Anda terinfeksi oleh virus berbahaya ini.

Tanda Dan Infeksi Penyakit HPV Pada Pria Dan Wanita

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa virus hpv terlebih pada penyakit kutil kelamin tidak menyebabkan munculnya gejala. Namun, gejala atau pertumbuhan kutil pada pria dapat ditemukan pada batang dan ujung Mr P, skrotum, dan disekitar dubur. Yang harus Anda ketahui bahwa infeksi ini dapat menyebabkan kanker penis, kanker anus dan penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian.

Pada wanita, gejala atau tanda akan lebih sulit untuk diketahui karena kutil dapat muncul pada area yang tidak dapat diketahui tanpa pemeriksaan khusus. Pertumbuhan kutil pada wanita dapat terjadi pada vulva, anus, leher rahim yang akan meningkat risiko menjadi penyebab kanker serviks yang menjadi penyakit mematikan nomor satu pada wanita.

Bahaya Dan Pencegahan HPV

Hal yang sangat berbahaya dari penyakit ini adalah dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya. Maka itu, sangat penting untuk melakukan pencegahan sedini mungkin agar penyakit ini tidak menimbulkan komplikasi yang sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Untuk mencegah terjadinya infeksi hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari berbagai aktivitas hubungan seksual bebas dan mendapatkan vaksinasi hpv. Vaksin ini berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit kutil kelamin dan kanker serviks.

Lakukan pemeriksaan dengan dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat dalam mencegah terjadinya infeksi dan penyakit hpv. Apabila Anda membutuhkan penanganan dari dokter atau ingin melakukan konsultasi mengenai masalah ini silahkan lakukan konsultasi dengan tim medis Klinik Utama Gracia.

Baca Juga : Bahaya Kutil Kelamin Bagi Kesehatan

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan