• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Bahaya Kutil Kelamin Bagi Kesehatan

Bahaya Kutil Kelamin Bagi Kesehatan
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (2 orang penilai )

Kutil kelamin adalah penyakit menular seksual (PMS), dan apa bahaya kutil kelamin?, gejala awalnya biasanya tubuh daging berukuran kecil (kutil), kutil juga disebabkan oleh virus HPV atau Human Papilloma Virus. Pertumbuhan kutil kelamin juga sangat mengganggu bagi penderitanya, karena dapat mengganngu kenyaman dan berisiko pada komplikasi penyakit lain dan bahaya kutil kelamin yang belum kita ketahui.

Penularan kutil kelamin tidak hanya disebabkan oleh hubungan seksual dengan penderitanya, tetapi penyebarannya dari orang ke orang lain melalui kulit atau bersentuhan secara langsung dengan para penderitanya, cara meminimalisir penularan kutil kelamin biasanya penggunaan kondom, namun kutil kelamin juga dapat mengenai sekitar kelamin, Anda juga perlu waspada mengenai bahaya kutil kelamin.

Bahaya Kutil Kelamin Bagi Kesehatan

Seberapa bahaya kutil kelamin?, kutil kelamin seringkali tumbuh pada permukaan yang hangat dan lembab, pada pria area yang sering terkena adalah ujung dan batang penis, dan dibawah batang penis, bahkan dikulup (bagi yang tidak disunat). Pertumbuhannya juga pada uretra sehingga menggangu pada saat buang air kecil dan terkandang menyumbat saluran kencing.

Sedangkan pada wanita, kutil tumbuh divulva, dinding vagina, leher rahim dan kulit sekitar vagina. Kutil genitalis juga dapat tumbuh disekitar anus, dan rectum, terutama pada mereka yang melakukan hubungan homoseksual pada dubur atau anus mereka. Bisa saja pertumbuhan kutil kelamin mengganggu saluran kencing bahkan anus.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Jengger Ayam yang Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan


Yang paling diwaspadai dan perlu Anda ketahui bahwa virus ini bisa sangat lama berada didalam tubuh penderitanya, penyakit ini juga dapat ditularkan pada orang yang belum terkena penyakit ini sekalipun, yang di khawatirkan adalah penderita tidak mempunyai gejala, sehingga sulit dideteksi apakah terserang penyakit kutil kelamin atau bukan.

Bahaya kutil kelamin tidak hanya membahayakan pada pria dan wanita, namun pada ibu hamil juga memiliki resiko komplikasi dari bahaya kutil kelamin.

Bahaya Kutil Kelamin Pada Ibu Hamil:

Apakah Anda memiliki masalah kutil kelamin semasa kehamilan? jika iya, Anda harus waspada terhadap bahaya kutil kelamin. Kutil kelamin pada ibu hamil dapat menyebabkan masalah, kutil yang membesar dapat menggangu proses buang air kecil karena menghalangi urtra atau lubang kencing.

Kutil yang tumbuh pada vagina dapat menggangu peregangan vagina pada proses persalinan, sehingga dapat terjadi kompilasi perdarahan atau bahkan komplikasi yang  lebih serius, pada bayi yang dilahirkan dengan ibu yang menderita kutil kelamin bisa saja muncul kutil kelami pada tenggorokan sehingga akan mengganggu proses pernafasan.

Kanker

Kanker serviks berkaitan erat dengan infeksi HPV, beberapa penyakit HPV juga berkaitan dengan kanker vulva, kanker penis, kanker anus, kanker mulut dan tenggorokan. Tidak semua kasus HPV mengarah ke penyakit kanker, namun Anda harus mewaspadai jika terinfeksi HPV, dan bagi wanita harus menjalani tes teratur, terutama jika terinfeksi HPV yang berisiko tinggi.

Ciri-ciri Kutil Kelamin

Kutil kelamin jika dibiarkan tumbuh akan menyerupai kembang kol yang sangat besar, karena kemiripannya kutil kelamin sering disebut jengger ayam, meskipun kutil kelamin tumbuh dikelamin, tetapi sangat mengganggu kutil yang tumbuh dianggota tubuh yang lain, dan jika tidak segera diobati akan menimbulkan beban psikologi. Ciri-cirinya meliputi:

• Benjolan kecil, daging tumbuh diarea genital berwarna abu-abu, atau pembengkakan diarea genital Anda.

• Beberpa kutil yang tumbuh menyerupai kembang kol.

• Gatal atau rasa tidak nyaman diarea genital Anda.

• Perdarahan saat atau setelah hubungan intim.

Seringkali kutil kelamin tumbuh sangat kecil, dan datar sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang dan harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Terkadang kutil kelamin tumbuh lebih banyak.

Tes dan Diagnosis Untuk Penyakit Kutil Kelamin

1. Tes HPV (Human Papilloma Virus)
Beberapa HPV biasanya dikaitkan dengan kanker serviks, namun itu hanya sebagian kecilnya saja. Sempel sel-sel kanker yang diambil dari pap-smear dapat diuji pada strain HPV yang menyebabkan kanker ini. Tes ini biasanya dilakukan pada wanita yang berusia 30 tahun atau lebih.  Hal ini tidak berguna bagi mereka yang masih muda, karena mereka masih mempunyai kekebalan tubuh yang sangat baik sehingga virus HPV akan mati dengan sendirinya atau tanpa pengobatan.

2. Tes Pap-Smear
Bagi wanita penting untuk melakukan pemeriksaan panggul rutin dan pap-smear, yang dapat membantu mengetahui perubahan-perubahan vagina. Dan leher rahim yang disebabkan oleh kutil kelamin atau tanda-tanda kanker seviks,  atau kemungkinan terinfeksi HPV. Selama tes pap-smear biasanya dokter akan menggunakan speculum untuk membuka vagina, lalu dokter akan menggunakan alat panjang utuk mengambil sempel atau sel-sel yang berada didalam vagina

Pada perderita kutil kelamin yang ingin melakukan hubungan seksual baiknya menjelaskan kepada pasanganya apakah sudah terkena penyakit kutil kelamin atau belum, penggunaan kodom dapat meminimalisir penularan, dan jika ingin tetap melakukan hubungan seksual untuk menurunkan risiko penyebaran.

 chat

Artikel diatas merupakan penjelasan singkat mengenai bahaya kutil kelamin, jika Anda mengalami kutil kelamin segera lakukan pemeriksaan atau konsultasi dengan dokter untuk penanganan yang lebih tepat. Jika Anda ingin berkonsultasi secara online Anda dapat mengklik tombol chat online atau Anda dapat datang langsung di Klinik Utama Gracia.

 

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan