• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Bahaya Herpes Genital Untuk Kesehatan

Bahaya Herpes Genital Untuk Kesehatan
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )



Bahaya herpes genital bagi kesehatan tentu akan terlihat dan mudah untuk dirasakan karena penyebab dari keluhan herpes genital tersebut adalah virus yang mana virus dari herpes ada 2 macam yaitu:

o Herpes simplex virus tipe 1 (HSV-1)

HSV-1 adalah penyebab dari adanya keluhan herpes, namun biasanya akan lebih dominan pada area badan selain alat kelamin. Namun Anda juga harus mewaspadai kondisi herpes jenis ini, karena HSV-1 juga dapat menyebabkan keluhan herpes genital bagi Anda.

o Herpes simplex virus tipe 2 (HSV-2)

Bahaya herpes genital dapat muncul ketika Anda mendapatkan infeksi dari HSV-2, karena jenis virus inilah yang menjadi penyebab utama adanya keluhan herpes genital pada seseorang. Virus herpes genital akan lebih mudah untuk diidentifikasi dengan adanya gejala pada area kelamin yang muncul.

Kedua jenis virus tersebut akan lebih mudah untuk ditemukan pada area-area misalnya seperti pada air liur, air mani, atau sperma dan juga cairan vagina pada seorang wanita. Ketika seseorang memiliki infeksi virus didalam tubuhnya maka virus akan tinggal dan berkembang biak dengan mudah pada area lingkungannya untuk dapat menghasilkan bahaya yang lebih serius.

Gejala Dari Munculnya Herpes Genital

Apa yang menjadi sebuah kondisi dalam munculnya gejala keluhan herpes genital pada area organ reproduksi Anda? gejala akan muncul setelah adanya infeksi yang masuk dan dalam setelahnya akan ada masa inkubasi hingga akhirnya gejalanya akan dimulai hingga gejalanya juga akan berakhir. Hal tersebut tentu akan menjadi sebuah kondisi yang lebih serius dan bisa berakibat fatal jika terus dibiarkan tanpa adanya pemeriksaan atau perawatan yang tepat.

Anda mungkin akan memiliki beberapa tanda dan gejala pada bagian tubuh yang mendapatkan infeksi dan diantaranya adalah:

o Munculnya benjolan atau gelembung yang berisi cairan pada area organ genital dan sekitarnya

o Biasanya ditemukan pada alat kelamin, dubur, monspubis, paha bagian atas, dan juga skrotum atau bokong

o Pada awalnya mungkin akan muncul secara satuan, namun biasanya keluhan herpes genital akan lebih identik dengan keluhan yang muncul secara bergerombol atau dalam jumlah banyak

o Rasa gatal, perih, seperti terbakar, hingga kemerahan pada area yang terinfeksi tentu akan Anda rasakan

o Dalam beberapa hari gelembung akan mulai pecah dan menyebabkan luka terbuka yang menyakitkan bagi Anda

o Luka akan mulai kering dan menjadi keropeng yang pada akhirnya dalam waktu tertentu gejala herpes akan menghilang

Gejala dari keluhan herpes Anda tentu akan muncul secara fisik dan dengan beberapa tanda-tanda seperti diatas. Seseorang dengan infeksi virus dari keluhan herpes genital memiliki sistems kekebalan tubuh dan kondisi yang berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya, yang berarti bahwa Anda mungkin akan merasakan gejala tersebut atau bahkan juga gejala yang lebih asimtomatik.

Secara umum, keluhan herpes genital ditransmisikan atau berpindah dari adanya kontak seksual yang sering dilakukan. Bahaya herpes genital juga akan lebih mudah untuk muncul ketika seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh atau sistem imun yang buruk, sehingga virus ini akan sangat bergantung untuk perkembangannya dari seberapa baik sistem kekebalan tubuh yang Anda miliki?

Baca Juga: 4 Hal Penting Tentang Herpes Kelamin

 

chat

Apa Saja Bahaya Herpes Genital Pada Anda?

Bahaya yang muncul akan menunjukan bahwa keluhan herpes genital atau infeksi yang Anda miliki tentu termasuk dalam kondisi yang serius dan akan membutuhkan beberapa tindakan perawatan. Meskipun tidak ada obat untuk herpes genital saat ini, akan tetapi bahaya dapat berkurang dan dicegah dengan adanya pengobatan yang dilakukan. Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat digolongkan dalam bahaya herpes kelamin jika terlambat untuk ditangani:

o Menular pada pasangan

Termasuk dalam infeksi menular seksual (IMS) maka tentu bahaya herpes genital ayng utama adalah menular pada pasangan seksual Anda. Selain itu virus yang ada didalam tubuh Anda juga tidak akan mudah dihilangkan sehingga sistem kekebalan tubuh Anda akan terus ditekan dan berisiko untuk mendapatkan infeksi menular lain seperti AIDS.

o Meningitis atau peradangan pada selaput otak

Meningitis terjadi ketika vvirus terus berkembang dalam jumlah yang tidak dapat dikendali hingga akhirnya sampai pada sistem saraf pusat Anda atau otak. Meskipun jarang ditemukan, namun bebrapa kasus juga memiliki kesempatan lebih untuk memiliki kondisi keluhan ini akibat infeksi HSV.

o Gangguan kehamilan dan kelahiran

Gangguan kehamilan adalah ketika Anda didiagnosis dengan infeksi HSV dan menjadi hamil ataupun sebaliknya, yang berarti Anda juga akan mewariskan infeksi kepada bayinya. Beberapa kondisi kronis juga bisa didapat jika kondisinya tidak mendapatkan penanganan dengan baik untuk ibu dan juga bayinya.

o Kondisi medis kronis

Infeksi sistem saluran kemih dan radang rektum juga bisa menjadi salah satu bahaya herpes genital yang diakibatkan oleh infeksi HSV-2. Dalam beberapa kondisi seorang pria yang berhubungan seksual dengan pria mungkin akan lebih berisiko untuk mendapatkan radang rektum atau proktitis.

Seberapa Penting Pengobatan Untuk Herpes Genital Anda?

Seberapa seriusnya masalah kesehatan yang diperoleh akibat infeksi tersebut dan seberapa tingkat bahaya herpes genital yang dihasilkan adalah penting bagi Anda untuk melakukan pengobatan. Setiap tindakan yang dilakukan berdasarkan anjuran dokter tentu juga bisa mengurangi risiko adanya infeksi yang menular atau berpindah pada orang lain.

Dengan melakukan pemeriksaan dan pengobatan herpes kelamin maka Anda juga sudah melakukan tindakan yang tepat untuk mencegah bahaya herpes yang berkembang dan semakin meluas pada bagian tubuh lainnya. Dokter Anda juga diharuskan untuk memiliki beberapa pertimbangan yang bisa dijadikan alasan mendasar dalam pengobatan yang dibutuhkan.

Klinik Utama Gracia, solusi kesehatan area organ reproduksi Anda yang terpercaya, terjamin, dan aman bagi setiap keluhan penyakit menular seksual (PMS), ginekologi, andrologi, disfungsi seksual, dan juga keluhan genital lainnya. Jika Anda memiliki tanda-tanda infeksi virus yang aktif, maka secepat mungkin Anda diharuskan untuk melakukan pengecekan secara medis.

Butuh bantuan lebih lanjut silahkan klik link konsultasi kami atau hubungi nomor 081336361555 dengan dokter kami.

Baca Juga: Cara Penting Untuk Pengobatan Herpes Kelamin

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan