• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Bagaimana Operasi Keperawanan Dilakukan?

Bagaimana Operasi Keperawanan Dilakukan?
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (2 orang penilai )

Operasi keperawanan merupakan salah satu bentuk kemajuan dalam bidang medis. Prosedur ini dilakukan karena tingginya keinginan para wanita untuk ‘kembali perawan’. Keberadaan prosedur operasi ini sampai kini masih menjadi perdebatan dan juga pertanyaan, apakah memang benar keperawanan bisa dikembalikan melalui operasi keperawanan?

Di negara kita, keperawanan wanita merupakan suatu hal yang harus dijaga sampai menikah. Sebagian besar orang juga menganggap bahwa selaput dara merupakan lambang keperawanan. Bila selaput dara belum robek, maka wanita dianggap masih perawan, karena selaput dara belum rusak karena melakukan hubungan seksual.
Anggapan ini berdasarkan pemikiran bahwa selaput dara merupakan lapisan tebal yang menutupi lubang vagina. Padahal hal tersebut keliru. Bentuk selaput dara akan berbeda-beda pada tiap wanita, namun umumnya berbentuk seperti cincin yang memiliki lubang di tengahnya guna tempat darah menstruasi mengalir. Jarak selaput ke bibir vagina sekitar satu hingga 2 cm meter, dan merupakan selaput yang tipis sekali.

Tanda wanita masih perawan juga seringkali dikaitkan dengan terjadi pendarahan saat melakukan hubungan seksual pertama kalinya, karena selaput dara yang robek. Namun tidak semua wanita akan mengalami hal tersebut.

Operasi Keperawanan

Selaput dara bisa saja robek bukan hanya karena melakukan hubungan seksual, namun juga bisa karena hal lain. Hal lain yang bisa menyebabkan selaput dara robek misalnya seperti menggunakan tampon, kecelakaan, berkuda atau bersepeda. Itulah mengapa anggapan selaput dara sebagai patokan sebuah keperawanan adalah sebuah kekeliruan.

chat

Namun, masih banyaknya orang yang beranggapan selaput dara adalah lambang keperawanan, membuat banyak wanita ingin kembali perawan dengan membuat selaput dara utuh seperti sedia kala melalui prosedur operasi. Prosedur operasi yang akan dilakukan disebut Hymenoplasty. Operasi ini akan dilakukan untuk mengembalikan keutuhan selaput dara yang sudah robek.

Prosedur operasi Hymenoplasty ini terbilang jenis operasi kecil, yang akan dilakukan kurang dari satu jam. Pasien operasi Hymenoplasty juga akan diperbolehkan pulang atau beraktivitas seperti biasa setelah menjalani operasi ini. Namun ada beberapa hal yang akan dilarang untuk dilakukan seperti berolahraga berat, lari, senam, renang dan melakukan hubungan seksual. Masa pemulihan biasanya akan dilakukan selama 6 hingga 8 minggu.

Operasi Hymenoplasty

Hymenoplasty terdiri dari dua metode, yaitu simple hymenoplasty dan alloplant. Prosedur simple hymenoplasty akan dilakukan jika kondisi selaput dara masih memiliki sisa lapisan karena hanya mengalami robekan yang sederhana. Prosedur ini akan menjahit bagian sisa robekan menggunakan benang yang dapat diserap tubuh.

Sedangkan metode alloplant dilakukan jika selaput dara sudah mengalami rusak berat dan tidak ada sisa lapisan, sehingga tidak akan mungkin bisa dijahit untuk disatukan kembali. Maka dalam metode ini, pasien akan dipasangkan sebuah selaput dara buatan.

Walaupun terbilang banyak yang meminati prosedur operasi keperawanan ini, namun keberadaannya masih menimbulkan pro dan kontra. Bagi masyarakat yang menganggap keperawanan tidak bisa dikembalikan, maka prosedur ini akan menjadi kontra. Namun bagi mereka yang meyakini bahwa keperawanan dapat ditentukan oleh utuhnya selaput dara, prosedur ini merupakan jalan yang akan membantu mereka untuk ‘kembali perawan’ seperti sedia kala.

Bila Anda ingin melakukan prosedur operasi ini, sebaiknya berkonsultasi lah terlebih dahulu. Selain itu pilih lah tempat ataupun dokter yang profesional dan ahli dalam hal tersebut. Anda bisa menghubungi staf medis Klinik Utama Gracia untuk bertanya atau berkonsultasi mengenai prosedur operasi mengembalikan keperawanan ini dengan mengklik tombol konsultasi.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan