• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Bagaimana Bakteri Penyebab Penyakit Sipilis Menginfeksi?

Bagaimana Bakteri Penyebab Penyakit Sipilis Menginfeksi?
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (3 orang penilai )



Penyebab penyakit sipilis adalah organisme mikroskopik dari jenis bakteri yang sering disebut dengan Treponema pallidum. Penyakit sipilis menjadi salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang umum atau cukup sering ditemukan pada orang-orang dengan riwayat kontak seksual yang aktif. Namun penting untuk Anda ketahui jika penyakit sipilis juga bisa disembuhkan hingga tuntas, tetapi akan sangat berbahaya ketika Anda tidak mendapatkan perawatan.

Dan Anda juga harus bisa mengetahui setiap tahapan atau fase penyakit tersebut, gejalanya, serta penyebab penyakit sipilis tersebut agar Anda juga bisa tahu cara mengatasi atau mengobati keluhannya dengan baik. Dalam artikel kali ini Anda tentu akan mendapatkan informasi kesehatan mengenai penyebab penyakit sipilis beserta penjelasannya.

Masuknya Bakteri Sipilis Kedalam Tubuh

Bakteri ini berpindah melalui aktifitas seksual (vaginal, anal, dan oral) yang dilakukan akibat kontak kulit ke kulit yang dilakukan dengan orang yang terinfeksi oleh bakteri tersebut. Bakteri penyebab penyakit sipilis akan mudah menginfeksi dan masuk kedalam tubuh ketika muncul luka atau lecet pada kulit atau selaput lendir tubuh.

Treponema pallidum termasuk dalam strain atau jenis bakteri yang memiliki bentuk spiral (spirochete), ketika bakteri berpindah pada kulit seseorang mereka akan lebih cenderung masuk kedalam tubuh dengan menggali lapisan kulit sehingga menghasilkan sebuah luka atau lecet yang disebut juga dengan chancre. Luka ini muncul sebagai tanda atau ciri utama dari adanya infeksi bakteri penyebab penyakit sipilis yang telah masuk kedalam tubuh Anda.

Baca Juga: Gejala Berasarkan Fase Penyakit Sipilis

chat

Faktor Yang Meningkatkan Risiko Infeksi Sipilis Seseorang

o Memiliki banyak pasangan seksual atau sering bergonta-ganti pasangan seksual

o Terinfeksi HIV atau riwayat infeksi menular seksual (IMS) lainnya

o Melakukan kontak seksual sesama jenis

o Berbagi atau menggunakan mainan seks secara bersama

o Melakukan tindakan berisiko seperti pengguna narkoba, atau melakukan kontak langsung dengan orang-orang yang terinfeksi sipilis

Dalam beberapa kondisi memang seseorang akan lebih sulit untuk mengetahui jika dirinya sudah terinfeksi oleh bakteri penyebab penyakit sipilis, karena gejala utama pada sipilis tahap awal tidak akan dirasa menyakitkan sehingga banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya juga bisa menginfeksi atau terinfeksi bakteri tersebut.

Ketika sebuah infeksi dari bakteri sudah masuk kedalam tubuh seseorang dan menimbulkan gejala, penyakit sipilis biasanya akan sangat menular selama tahap primer dan tahap sekunder. Dimana pada tahap tersebut sipilis masih menimbulkan gejala fisik yang terlihat, selain itu pada tahap tersebut juga sipilis akan masih bisa menerima pengobatan atau perawatan dengan baik sehingga kemungkinan untuk disembuhkan secara total masih bisa dilakukan.

Dibutuhkan Perawatan Untuk Mencegah Infeksi Berlanjut

Jika tidak segera diobati atau terlambat untuk ditangani maka infeksi akibat bakteri penyebab penyakit sipilis dapat terus berkembang dan menyebar hingga keseluruh bagian organ dan sistem tubuh seseorang. Anda akan sangat membutuhkan perawatan dan pengobatan ketika sebuah infeksi telah masuk kedalam tubuh sebelum mengakibatkan adanya gejala dan bahaya yang lebih serius.

Bagaimana jika bakteri penyebab sipilis tidak diobati?

o Masalah neurologis

o Masalah kardiovaskular

o Masalah optik

o Komplikasi kehamilan dan persalinan

o Tumbuhnya benjolan yang disebut gumma atau gummas

o Meningkatnya potensi infeksi HIV

Bahaya atau komplikasi tersebut biasanya akan mudah berkembang ketika sipilis sudah masuk kedalam tahap laten atau tahap tersier. Kerusakan atau masalah yang ditimbulkan dapat bersifat permanen bahkan dalam kondisi fatal infeksi dari bakteri ini juga bisa mengancam jiwa. Segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan untuk mencegah kerusakan dan menyembuhkan infeksi dari gejala awalnya.

Klinik Utama Gracia akan memberikan perawatan dan pengobatan untuk infeksi penyakit sipilis dengan menyesuaikan kondisi disetiap tahapan dan fase infeksinya. Sehingga pengobatan dan perawatan yang Anda lakukan akan jauh lebih efektif dan dapat bekerja secara maksimal. Didukung dengan layanan konsultasi dan reservasi mudah bersama dokter dan tenaga medis profesional langsung. Tunggu apalagi? Klik chatdokter atau teledokter di nomor . Tunggu apalagi? Klik chatdokter atau teledokter kami di nomor 081336361555 gratis!

Baca Juga: Pahami Gejala Dan Tahapan Sipilis Pada Wanita

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan