• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Baca! Bagian Dari Penyebab Uretritis Pria Dan Wanita

Baca! Bagian Dari Penyebab Uretritis Pria Dan Wanita
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (2 orang penilai )



Uretritis adalah peradangan pada saluran uretra yang dapat terjadi pada pria dan wanita, lalu apa penyebab uretritis? Uretritis menjadi salah satu bagian dari sistem saluran kemih seorang pria ataupun wanita. Yang menjadi penyebab uretritis memang dapat berasal dari berbagai faktor yang berlangsung baik secara sadar maupun tidak sadar dan lebih dikarenakan oleh adanya masalah kesehatan tertentu.

Dibawah ini adalah beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab uretritis pada sebagian besar orang, diantaranya yaitu:

Penyebab Utama Keluhan Uretritis

Penyebab utama dari adanya keluhan sakit kencing untuk infeksi uretra adalah infeksi dari beberapa jenis organisme mikroskopik yang cukup sering menjadikannya sebagai penyebab masalah kesehatan pada tubuh seseorang. Anda mungkin memiliki kebiasaan atau perilaku yang dapat menjadikannya sebagai penyebab infeksi untuk saluran urethra.

Infeksi yang dapat disertai dengan keluhan atau gejala sakit berkemih diantaranya mungkin dapat berupa seperti:

o Infeksi menular seksual (gonore atau kencing nanah, klamidia, trikomoniasis)

o Perpindahan bakteri escherichia coli dari area anus

o Infeksi virus seperti virus herpes atau pun infeksi HPV (dalam kasus yang jarang)

Jenis infeksi-infeksi tersebut adalah beberapa yang memang sering ditemukan sebagai penyebab utama dalam keluhan uretritis yang dialami oleh seorang pria maupun wanita. Selain itu Anda mungkin juga akan lebih merasakan beberapa keluhan tambahan lainnya selain rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil (BAK).

Baca Juga: Mengenal Uretritis Dan Uretra Pada Pria Dan Wanita

chat

Penyebab Lain Infeksi Uretra Anda

Penyebab lain dalam infeksi uretra yang terjadi pada seseorang biasanya akan lebih disebabkan oleh kondisi yang juga saling berkaitan. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab lain yang mengakibatkan adanya keluhan sakit saat berkemih untuk pria maupun wanita adalah:

o Sindrom reiter

o Ureaplasma urealyticum

o Iritasi bahan kimia (sabun, lotion, kondom, dan lainnya)

o Aktifitas seksual yang berisiko

o Riwayat infeksi saluran kemih (ISK) sebelumnya

o Masalah disfungsi seksual yang dialami

o Konsumsi jenis obat-obatan tertentu

Jika dalam suatu masalah kesehatan seperti uretritis, Anda mungkin akan memiliki kemungkinan penyebab uretritis yang berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya. Jenis uretritis yang dialami oleh seseorang biasanya akan mengikuti pada apa penyebab uretritis yang dialaminya. Sehingga Anda mungkin akan merasakan beberapa gejala yang bersamaan.

Kebutuhan Pengobatan Yang Berbeda

Setiap orang tentu akan memiliki kondisi tubuh yang berbeda antara satu dan lainnya, begitu pula kondisinya pada pria dan wanita. Seorang pria yang memiliki keluhan uretritis biasanya akan lebih didasari oleh adanya infeksi menular seksual (IMS), Dan sedangkan pada wanita sebagian besar kemungkinan berasal pada kondisi anatomi tubuhnya sendiri, dimana letak lubang saluran kemihnya berdekatan dengan area anus atau duburnya.

Kondisi ini juga yang menyebabkan keluhan uretritis atau infeksi saluran kemih lainnya akan lebih mudah dirasakan pada seorang wanita dibandingkan pada pria. Namun bukan berarti pria juga memiliki kemungkinan kecil untuk mendapatkan gejala uretritis, sehingga Anda juga harus tetap mewaspadai adanya kemungkinan infeksi dari penyebab uretritis lainnya.

Layanan Kesehatan Dari Klinik Utama Gracia

Kunjungi penyedia layanan kesehatan terbaik untuk keluhan disekitar organ reproduksi khususnya jika keluhan terdapat pada bagian dalam, pemeriksaan dan konsultasi langsung dilakukan guna memastikan kondisi secara pasti serta penentuan terhadap jenis pengobatan yang lebih sesuai. Selain pengobatan secara medis yang dilakukand engan dokter, Anda mungkin juga akan membutuhkan beberapa modifikasi pada gaya hidup maupun praktik kesehatan yang lebih baik.

Klinik Utama Gracia adalah salah satu bagian dari layanan kesehatan yang Anda butuhkan dalam mengatasi keluhan sakit kencing maupun gejala lain sistem saluran kemih Anda. Jangan tunggu besok untuk konsultasi, Klik layanan chat sekarang unttuk konsulatsi secara online atau telepon dokter Anda di nomor 081336361555 secara lebih jelas.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan