• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Ayo Coba, 10 Cara Mengobati Keputihan

Ayo Coba, 10 Cara Mengobati Keputihan
Nilai Rata-rata: 7.6 / 10 (5 orang penilai )

Keputihan adalah masalah bagi wanita. Banyak wanita yang merasa cemas ketika ia mengalami keputihan. Keputihan wajib diwaspadai apabila menunjukan tanda-tanda keputihan yang tidak normal, sehingga harus dicari cara mengobati keputihan, baik itu mengobati dengan cara medis maupun dengan cara alami.

Keputihan memiliki dua jenis, yakni keputihan normal dan tidak normal. Pada keputihan normal, kondisi tersebut tidak perlu terlalu di khawatirkan oleh wanita. Namun yang perlu dikhawatirkan ketika keputihan yang dialami adalah keputihan yang tidak normal.

Keputihan normal umumnya tidak akan menimbulkan gejala apapun pada tubuh anda. Ia hanya akan datang saat anda akan memasuki periode haid, dan setelah anda mengalami periode haid tersebut. Selain itu, saat kehamilan, keputihan pun akan terjadi dan jumlah cairan keputihan yang keluar umumnya cukup banyak, dan sering disebut keputihan berlebihan.

Keputihan yang harus diobati adalah jenis keputihan yang tidak normal. Keputihan jenis ini sangat berbahaya bagi kondisi organ reproduksi anda. Untuk itu anda harus segera mencari cara mengobati keputihan yang tidak normal ini.

Cara Mengobati Keputihan Pada Wanita

Cuka Apel

Cuka apel memiliki cukup banyak manfaat bagi tubuh anda. Salahnya satu dapat digunakan untuk mengobati keputihan. Cuka apel akan berfungsi untuk mengatur keseimbangan pH pada vagina. Caranya cukup dengan mengoleskan cuka apel pada vagina maupun meminum cuka apel yang dicampurkan dengan air hangat.

Daun Sirih

Bahan alami yang sudah cukup terkenal khasiatnya dalam mengobati keputihan adalah daun sirih. Daun sirih sudah dikenal sangat baik untuk berbagai masalah pada organ reproduksi anda. Caranya dengan membersihkan organ vagina anda menggunakan daun sirih. Sehingga dapat membantu membunuh bakteri penyebab keputihan. Jangan terlalu sering mencuci vagina menggunakan daun sirih.

Bawang Putih

Bahan yang mudah ditemukan di dapur ini pun cukup mudah anda gunakan untuk menyembuhkan keputihan. Jadikan dua siung bawang putih dengan menempelkannya pada vagina selama satu malam. Cucilah vagina anda pada pagi hari, setelah bangun tidur.

Buah Delima

Anda pasti mengetahui buah delima bukan? Buah berwarna merah dan memiliki daging seperti batu-batu nan mengkilap ternyata sangat ampuh sebagai cara mengobatai keputihan. Anda cukup dengan memakan langsung buah delima atau menjadikan buah delima sebagai jus.

Biji Ketumbar

Rempah lain yang sangat dianjurkan dalam mengobati keputihan adalah biji ketumbar. Biji ketumbar sangat baik dalam mengatasi keputihan. Anda cukup merendam biji ketumbar selama satu malam, setelah itu anda bisa meminum air rendaman biji ketumbar tersebut.

chat

Buah Pisang

Buah berwarna kulit kuning ini ternyata bisa dijadikan sebagai obat alami untuk keputihan guys. Caranya cukup mudah, anda bisa menjadikan buah pisang sebagai jus atau dengan memakan langsung buah pisang. Makanlah buah pisang minimal satu hari sekali.

Jahe

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengobati keputihan adalah menggunakan jahe. Anda cukup meminum jahe hangata atau wedang jahe setiap malam untuk mendapatkan manfaat dari jahe untuk mengatasi keputihan yang sedang anda alami.

Yoghurt

Cara mengobati keputihan berikutnya yang cukup ampuh adalah dengan mengkonsumsi yoghurt. Kandungan probiotik dalam yoghurt bisa melawan bakteri dan kuman penyebab keputihan. Sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin menyembuhkan keputihan.

Olahraga

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengobati keputihan yang menyerang adalah dengan berolahraga. Lakukanlah beberapa gerakan senam dapat membantu menyeimbangkan hormon dalma tubuh, dan juga dapat menyehatkan organ reproduksi anda.

Selalu Menjaga Kebersihan Vagina

Cara mengobati keputihan yang terakhir ini wajib dilakukan oleh hampir semua wanita. Keputihan terjadi karena kondisi kelembapan pada vagina, sehingga pertumbuhan bakteri jahat pada vagina lebih banyak dan menyebabkan mengalami keputihan. Maka itu selalu bersihkan vagina seusai buang air.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan