• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Awas, Inilah 4 Tahapan Gejala Sifilis Pada Pria dan Wanita

Awas, Inilah 4 Tahapan Gejala Sifilis Pada Pria dan Wanita
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (6 orang penilai )



Masih belum memadainya informasi mengenai gejala sifilis pada pria dan wanita menjadi faktor kurangnya kesadaran bagi setiap orang untuk memahami apa penyakit sifilis itu dan bagaimana penyakit menular seksual tersebut bisa menginfeksi seseorang.

Perlu Anda ketahui bahwa sifilis atau lebih sering dikenal sebagai penyakit raja singa oleh sebagian besar orang adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang paling sering diderita oleh pria, namun wanita yang aktif secara seksual juga dapat menderita sifilis di suatu waktu.

Selain itu penyakit sifilis disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama (Treponema Pallidum) yang bisa menular melalui kontak fisik saat seseorang berhubungan seks dengan pasangan yang telah terinfeksi sifilis atau penyakit menular seksual lainnya.

Bagaimanakah Sifilis Menginfeksi Pria dan Wanita?

- Sering melakukan hubungan seks tanpa menggunakan alat pengaman seks.

- Sering berganti-ganti pasangan hanya untuk melakukan hubungan seks.

- Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.

- Sistem kekebalan tubuh yang lemah.

-  kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan daerah kemaluan.

Awas, Inilah 4 Tahapan Gejala Sifilis Pada Pria dan Wanita

Tahukah Anda bahwa sifilis memiliki beberapa fase infeksi yang terbagi dalam 4 tahapan, dan dimana masing-masing tahapan sifilis bisa berbeda-beda dan berikut di bawah ini adalah 4 tahapan gejala sifilis pada pria dan wanita, diantaranya:

1. Gejala Sifilis Tahap Pertama

Tahapan pertama gejala sifilis disebut sebagai tahapan primer, yang dimana dalam kondisi ini seseorang akan memiliki gejala seperti: muncul luka yang tidak membuat sakit penderitanya di sekitar daerah kemaluan.

Selain itu biasanya luka akan melakukan perkembangbiakan di permukaan kulit di mana bakteri pertama kali melekat dan kondisi ini akan berlangsung selama 1-2 bulan sebelum akhirnya masuk ke fase berikutnya atau infeksi dapat menghilang dengan sendirinya.

Pada saat tahapan pertama bakteri penyebab sifilis dapat dengan mudah berkembang dan sangat menular, sehingga sangat dianjurkan bagi mereka yang mengalami gejala di atas untuk segera melakukan pemeriksaan klinis ke dokter spesialis penyakit kelamin di Klinik Utama Gracia, karena jika dibiarkan maka sifilis bisa memasuki tahap selanjutnya yaitu tahap primer.

Baca Juga: Inilah Ciri Ciri Penyakit Raja Singa

2. Gejala Sifilis Tahap Sekunder

Jika luka infeksi tidak menghilang dengan sendirinya, maka infeksi sifilis masuk ke fase berikutnya yang disebut sebagai tahapan sekunder.

Dalam fase ini, penderita sifilis akan mengalami ruam kecil di sekitar tubuh disertai dengan gejala lain seperti demam, muncul kutil kelamin, dan mengalami penurunan nafsu makan. Kehilangan nafsu makan bagi penderitanya juga dapat terjadi dalam fase ini sehingga mengalami penurunan berat badan yang drastis.

Gejala yang ditimbulkan dalam fase ini akan datang dan hilang berkali-kali sampai akhirnya naik ke tahapan selanjutnya dan pada fase ini dapat berlangsung sekitar 1-3 bulan.

3. Gejala Sifilis Tahap Laten

Setelah melewati tahapan sekunder, gejala yang dialami oleh penderita sifilis akan hilang dengan sendirinya dan fase ini disebut sebagai tahapan laten ataupun tahap sifilis tertidur akan tetapi pada tahap ini virus masih tetap aktif dan tentunya sangat menular.

4. Gejala Sifilis Tahap Laten

Jika tidak segera diberikan penanganan khusus, maka sifilis pada tahap laten akan memasuki tahap akhir yang menyeramkan yaitu sifilis tahap tersier dan tentunya pada tahap ini merupakan tahap yang paling berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan yang tidak dapat dikembalikan walaupun sudah melakukan pengobatan.

Dalam tahapan ini, pasien sifilis akan mengalami gangguan kesehatan fisik seperti impotensi, kelumpuhan, kebutaan dan bahkan kematian jika tidak segara di atasi.

Saya Terinfeksi Sifilis Bagaimanakah Cara Mengatasinya?

Jika Anda dan pasangan seksual Anda merasakan salah satu gejala sifilis seperti di atas maka ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia, karena jika dibiarkan terlalu lama maka berpotensi bisa menyebabkan kerusakan yang semakin parah pada penderita.

Baca Juga: Cara Mudah Mengobati Penyakit Sifilis

Selain itu dengan pemeriksaan klinis sangat dibutuhkan untuk dapat menentukan tindakan penanganan yang sesuai dengan infeksi dan penyakit sifilis hanya dapat ditangani oleh dokter spesialis yang profesional yang berada di Klinik Utama Gracia.

Bagi pria dan wanita yang aktif secara seksual, disarankan juga untuk melakukan langkah-langkah pencegahan seperti menjaga kebersihan daerah kemaluan, melakukan hubungan seks yang aman.

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai 4 tahapan gejala sifilis pada pria dan wanita dan jika misalkan Anda merasa memiliki salah satu gejalanya maka sudah saatnya untuk mengkonsultasikan permasalahan tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia sekarang juga.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan