• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Atasi Kutil Pada Kemaluan Pria Dan Wanita

Atasi Kutil Pada Kemaluan Pria Dan Wanita
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (2 orang penilai )



Tumbuh kutil pada kemaluan apakah berbahaya? Apabila Anda mengalami hal tersebut sebaiknya baca penjelasan ini tersebih dahulu.

Semua jenis kutil disebabkan oleh human papillomavirus (atau HPV). Penyakit ini disebabkan oleh sekitar 100 strain HPV yang berbeda. Beberapa tidak menyebabkan gejala dan mudah dikalahkan oleh sistem kekebalan tubuh Anda. Beberapa lainnya terus-menerus di sebarkan di permukaan kulit Anda dan ketika mereka masuk ke luka atau goresan di kulit Anda, mereka menyebabkan kutil umum, kutil plantar, atau jenis lain dari kutil non-genital.

Bagaimana Cara Penularan Kutil Pada Kemaluan?

Penularan penyakit kutil pada kemaluan menyebar melalui kontak fisik pada saat berhubungan intim, baik secara vaginal, anal dan oral. Pada beberapa kasus penyakit daya tahan tubuh yang baik atau sistem imunitas dapat membunuh virus penyebab kutil pada kemaluan. Penyebaran penyakit kutil kelamin umumnya ditularkan dari orang ke orang melalui kontak kulit.

Gejala Kutil Pada Kemaluan

Pada saat teinfeksi virus, gejala kutil kelamin mungkin tidak segera muncul meskipun kamu telah terinfeksi. Kutil pada kemaluan kadang memang sangat sulit terlihat dengan mata telanjang. Biasanya kutil yang tinggal pada bagian organ intim tidak menimbulkan rasa sakit, tapi tetap saja membuat penderitanya terganggu. Ukuran dan rasa gatal yang ditimbulkan kutil kelamin seringkali membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Kutil kelamin dapat tumbuh dengan ukuran sekitar 1 milimeter hingga beberapa sentimeter, jika kutil yang tumbuh tersebut berkumpul jadi satu dan terlihat seperti kembang kol. Meski bernama kutil kelamin tetapi gejala penyakit ini tidak hanya muncul pada area yang disebutkan di atas. Tetapi juga dapat tumbuh pada beberapa bagian tubuh yang terletak jauh dari bagian organ kelamin juga bisa terinfeksi.

Adapun gejala penyakit kutil pada kemaluan antara lain adalah :

• Muncul rasa gatal pada bagian daerah sekitar kemaluan yang ditumbuhi dengan kutil kelamin.
• Pada area yang diinfeksi kutil terasa seperti terbakar.
• Muncul perdarahan dari lesi kutil.
• Rasa sakit dan gatal akibat kutil yang membesar dan menyebar.
• Terjadi penyumbatan atau perdarahan pada saluran kemih bisa terjadi jika kutil tersebut muncul pada uretra (saluran keluarnya air kencing).
• Penderita wanita bisa mengalami keluarnya cairan yang tidak normal dari vagina.

Jika Anda merasakan gejala seperti diatas, atau memiliki gejala lainnya yang memiliki kekhawatiran sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter. Melalui pemeriksaan langsung oleh dokter, Anda akan mendapatkan diagnosis dan mendapatkan pengobatan yang akurat.

Baca Juga : Gejala Awal Kutil Kelamin Yang Jarang Diketahui

chat

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati kutil pada kemaluan antara lain adalah :

1. Menggunakan Salep Topikal

Dimana penanganan ini bisanya menggunakan salep atau krim yang langsung dioleskan pada kutil yang menginfeksi, metode ini biasanya memerlukan waktu bertahap untuk proses penyembuhannya.

2. Eksisi

Eksisi merupakan prosedur  yang dilakukan untuk melakukan pemotongan pada kutil setelah itu luka sisa pemotongan dijahit kembali (hecting). Sebelum dilakukan eksisi biasanya akan diberikan bius lokal.

3. Bedah Laser

Bedah laser merupakan cara untuk menghilangkan penyakit kutil kelamin, prosedur ini biasanya dipilih untuk kutil yang sulit dijangkau dan berukuran besar, seperti didalam anus dan serviks.

Mengalami Kutil Kelamin? Anda Dapat Berkonsultasi Dengan Klinik Utama Gracia

Apabila Anda mengalami gejala kutil kelamin jangan ragu untuk konsultasikan ke kami Klinik Utama Gracia. Jangan biarkan penyakit kelamin yang satu ini, karena dapat menyebabkan komplikasi seperti kanker serviks, bahkan dapat menyebabkan kematian pada penderita.

Klinik Utama Gracia mempunyai layanan konsultasi chat online gratis  dengan cara klik gambar konsultasi yang sudah tersedia dihalaman ini, atau Anda bisa menghubungi kami melalui telepon di 081336361555.

Baca Juga : Inilah Cara Mengobati Kutil Kelamin

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan