• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Apakah Vaginitis Itu? Bagaimana Cara Menyembuhkannya?

Apakah Vaginitis Itu? Bagaimana Cara Menyembuhkannya?
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (4 orang penilai )

Apakah Vaginitis Itu?


Vaginitis merupakan sejenis infeksi atau peradangan di daerah Miss V yang biasanya disertai dengan indikasi seperti adanya cairan keputihan yang tidak normal, iritasi di permukaan kulit Miss V dan pendarahan yang masih terbilang ringan.

Bahkan menurut data dari Kementerian Kesehatan RI tahun 2016, vaginitis menjadi infeksi yang paling sering diderita oleh wanita.

Perlu Anda ketahui bahwa Penyebab utama yang membuat wanita mengalami infeksi ini adalah kurangnya keseimbangan kadar pH pada permukaan kulit di daerah Miss V yang memicu bakteri atau parasit untuk terus berkembang biak menjadi penyebab infeksi.

Apa Sajakah Gejala-Gejala Vaginitis?

Dalam beberapa kasus yang sering terjadi, wanita penderita vaginitis sama sekali tidak menyadari atau merasakan gejala-gejala dari penyakit tersebut. Namun ada juga beberapa gejala umum yang sering dialami oleh wanita yang menderita hal tersebut, diantaranya:

- Muncul cairan dari Miss V dalam jumlah yang banyak atau sering disebut sebagai keputihan tidak normal.

- Perubahan warna dan bau yang tidak sedap dari keputihan yang muncul.

- Merasakan nyeri saat buang air kecil dan terasa nyeri saat melakukan hubungan seksual.

- Pendarahan pada Miss V yang tidak wajar.

- Iritasi pada permukaan kulit daerah Miss V.

Sehingga bagi para wanita yang sangat aktif secara seksual sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan medis ke dokter spesialis ginekologi di Klinik Utama Gracia jika mengalami gejala-gejala yang sudah disebutkan di atas.

Apakah yang Menjadi Penyebab Vaginitis?

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa penyakit menular seksual (PMS) yang bisa menyebabkan wanita menderita vaginitis.

Selain itu pola hidup yang tidak bersih juga dapat memicu bakteri atau jamur penyebab vaginitis yang menyerang daerah kemaluan wanita.

Sehingga sangat dianjurkan untuk para wanita mencari tahu informasi medis yang akurat mengenai penularan vaginitis dan teknik penanganannya, dan berikut di bawah ini adalah beberapa hal lain yang menyebabkan hal tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

- Karena adanya infeksi jamur yang berlebihan

- Bacterial vaginosis (BV), biasanya infeksi ini terjadi ketika keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat terganggu. BV biasanya sering disebabkan oleh perilaku seksual yang tidak wajar seperti sering berganti-ganti pasangan seks.

- Trikomoniasis, adalah infeksi yang merupakan salah satu dari jenis penyakit menular seksual yang dapat menyebabkan peradangan pada Miss V wanita dan bisa menyebabkan hal tersebut.

Baca Juga: Inilah Pengobatan Vaginitis Paling Tepat
 

- Perubahan hormon di dalam tubuh, karena mungkin saja dengan mengkonsumsi pil kontrasepsi dapat menyebabkan hal tersebut

- Penggunaan produk pembersih daerah kewanitaan yang berkualitas buruk.

- Mengenakan celana dalam yang ketat juga berisiko bagi wanita untuk terinfeksi hal tersebut.

Bagaimanakah Caranya Untuk Mencegah Vaginitis?

- Tentunya dengan menjalani kebersihan yang baik dapat mencegah hal tersebut serta dapat meringankan gejalanya.

- Ada baiknya untuk menghindari mandi busa dan berendam di bak air panas dalam jangka waktu yang lama

- Hindari menggunakan tampon terlalu lama, pembalut terlalu lama, selain itu ada baiknya untuk membilas daerah kelamin luar setelah mandi, dan keringkan area dengan baik untuk mencegah iritasi.

- Lap Miss V dari arah depan ke belakang setelah menggunakan toilet hal tersebut bertujuan untuk menghindari menyebarkan bakteri yang menuju ke Miss V

- Jangan menggunakan douche, karena mungkin douche hanya akan mengganggu organisme normal yang berada di Miss V dan benar-benar dapat meningkatkan risiko infeksi pada Miss V karena douching tidak akan membersihkan infeksi pada Miss V.

- Gunakan kondom lateks ketika melakukan hubungan seksual karena dapat membantu untuk menghindari infeksi yang menyebar melalui kontak seksual akan tetapi penggunaan kondom tidak sepenuhnya 100% untuk mencegah PMS

- Gunakanlah celana dalam longgar dari bahan katun dan hindari menggunakan celana dalam yang ketat

Saya Terinfeksi Vaginitis, Bagaimanakah Cara Menyembuhkannya?



Langkah awal untuk para wanita yang ingin mendapatkan penanganan medis dari infeksi vaginitis adalah segera melakukan kunjungan ke dokter spesialis ginekologi di Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan pemeriksaan klinis.

Hasil diagnosa nantinya akan memberikan informasi mengenai gejala dan tingkatan infeksi yang diderita. Dokter spesialis ginekologi kemudian akan memberikan rekomendasi pengobatan yang sesuai dengan tingkatan infeksi.

Bagi para wanita, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan penanganan terapi untuk infeksi tersebut yang dilakukan oleh diri sendiri hal tersebut dikarenakan, infeksi ini membutuhkan pengobatan khusus untuk mencegah pertumbuhan sel bakteri yang berpotensi memberikan risiko kanker pada penderitanya.

Selain itu pengobatan dengan antibiotik yang tidak berdasarkan resep dari dokter spesialis ginekologi juga dapat memberikan risiko yang berbahaya bagi penanganan infeksi.

Sehingga jika Anda merasa memiliki salah satu gejala vaginitis seperti di atas maka sudah saatnya untuk memeriksakan kondisi tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia, atau Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi dengan mengklik tombol chat online di bawah atau menghubungi kami melalui telepon di 081336361555.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan