• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Apakah Sipilis Menular Melalui Hubungan Intim Saja?

Apakah Sipilis Menular Melalui Hubungan Intim Saja?
Nilai Rata-rata: 8.7 / 10 (3 orang penilai )



Apakah sipilis menular? Apa itu sipilis? Tahukan Anda tentang penyakit sipilis? Beberapa pertanyaan tersbeut tentu akan terus didengar dan dan sering ditanyakan oleh beberapa orang. Tidak semua orang bisa mengetahui apa itu penyakit sipilis dengan benar dan bagaimana menyembuhkan keluhan sipilis tersebut jika Anda mungkin tidak mengetahui infeksinya.

Termasuk dalam bagian penyakit menular seksual (PMS) apakah sipilis menular? tentunya sipilis dapat menularkan dan ditularkan melalui kontak seksual yang dilakukan. Bentuk kontak seksual vaginal, anal, dan oral menjadi kontak secara langsung yang menjadi media penularan utama adanya infeksi sipilis. Namun dalam beberapa kasus, apakah sipilis menular dengan seseorang yang mendapatkan infeksinya dari adanya kontak secara tidak langsung yang dilakukan.

Penyebab utama adanya infeksi sipilis adalah jenis bakteri treponema pallidum, yang berpindah saat kontak kulit ke kulit terjadi pada aktifitas seksual. Dan biasanya dimulai dengan muncul sebuah luka yang disebut dengan chancre. Apa saja gejala-gejala pada penyakit sipilis yang terjadi? Berikut adalah gejala yang mungkin akan Anda rasakan :

• Luka (chancre) yang muncul didaerah alat kelamin, atau dalam kondisi yang jarang juga bisa muncul pada area mulut.
• Bentuk luka bulat yang keras dan tidak menyakitkan.
• Adanya ruam yang seperti bintik-bintik kasar dengan warna kemerahan atau kecoklatan.
• Ruam tidak terasa gatal dan muncul ditelapak tangan atau kaki hingga bahkan seluruh bagian tubuh.
• Demam, pembengkakan pada kelanjar, dan hingga kerontokan rambut.
• Kerusakan pada organ vital seperti otak, jantung, pembuluh darah, hati, dan juga bagian tubuh lainnya akibat infeksi pada tahap akhir.

Baca Juga : Terinfeksi Penyakit Sipilis? Inilah Tanda Awal Sipilis

chat

Apakah Sipilis Menular Dan Dapat Disembuhkan?

Apakah sipilis menular? Infeksi penyakit sipilis tentunya bisa menular atau berpindah dari satu orang ke orang lainnya, secara umum penyakit sipilis yang menginfeksi seseorang dapat diklasifikasikan menjadi beberapa tahapan. Dalam setiap tahapan yang dialami juga memiliki ciri gejalanya tersendiri, dan bisa berlangsung dalam jangka waktu lama saat gejala atau tahapannya mulai berkembang. Dan tahapan atau fase dalam penyakit diantaranya seperti :

• Sipilis tahap I, atau primer
• Sipilis tahap II, atau sekunder
• Sipilis tahap III, laten atau tersier

Tahap yang paling menular pada infeksi sipilis adalah ketika munculnya luka atau chancre pada alat kelamin seseorang yang berarti pada infeksi sipilis tahap I atau primer. Risiko menginfeksi dan terinfeksi juga akan lebih mudah didapat ketika seseorang memiliki riwayat penyakit menular seksual (PMS), memiliki lebih dari satu pasangan seksual, praktik seksual yang tidak bersih, serta tindakan berisiko lainnya.

Selain berbahaya pada tahap awal, sipilis juga akan mudah untuk ditangani pada tahap tersebut. Yang mana pada tahap tersebut gejalanya lebih jelas sehingga lebih mudah untuk menagatasi infeksi awalnya. Saat bakteri masuk kedalam tubuh Anda dan mulai menginfeksi area organ reproduksi untuk gejala awalnya tentu kesempatan atau kemungkinan sembuhnya akan lebih besar, karena belum menginfeksi dan berkembang kebagian lainnya.

Selain menular melalui kontak seksual langsung, apakah sipilis menular melalui media lain yang memungkinkan untuk terjadinya sebuah infeksi? Kontak tidak langsung atau mungkin dilakukan secara tidak sengaja dengan seseorang yang terinfeksi bakteri sipilis. Bahkan wanita hamil juga dapat menularkan infeksi sipilis kepada bayi dalam kandungannya.

Pengobatan Yang Dibutuhkan Untuk Penyakit Sipilis

Dari penjelasan diatas Anda sudah mengetahui apakah sipilis menular? tentu saja penyakit ini sangat mudah menular. Pemeriksaan yang dilakukan saat Anda menyadari kondisi gejala sipilis muncul tentu akan lebih tepat saat Anda juga masih merasakan adanya gejala yang ditimbulkan. Selain berguna bagi dokter Anda dalam mendiagnosis keluhan, pemeriksaan juga akan sangat berguna bagi Anda untuk mencegah infeksi semakin meluas dan semakin merusak sistem saraf pusat Anda.

Apa bahayanya penyakit sipilis jika tidak dilakukan pengobatan? Bahaya dari penyakit sipilis bisa berjalan dari fase ringan hingga berat yang diantaranya adalah :

• Menular pada pasangan atau orang lain.
• Masalah pada sistem kardiovaskular.
• Gangguan penglihatan dan pendengaran.
• Kerusakan sistem saraf pusat (otak).
• Masalah medis kronis.
• Meningkatkan risiko infeksi HIV lebih besar.
• Masalah selama kehamilan dan persalinan.
• Meningkatnya risiko yang mengancam jiwa.

Pengobatan dan perawatan apa yang harus Anda lakukan untuk menghindari bahaya kesehatan akibat infeksi sipilis? Setiap perawatan yang diberikan oleh dokter Anda tentu akan disesuaikan dengan kondisi yang sedang dialami baik dari tingkat keparahan, dampak yang ditimbulkan, serta kondisi secara keseluruhan dari tubuh Anda sendiri.

Selama Anda dapat memperlakukan keluhan sipilis dengan baik dan benar maka keluhannya masih bisa diatasi dan ditangani hingga tuntas. Konsultasikan segala keluhan atau gejala pada organ genital Anda dengan klinik atau dokter yang memang menangani secara khusus keluhan tersebut dengan tepat.

Segera konsultasikan keluhan organ reproduksi Anda dengan Klinik Utama Gracia, klinik khusus yang menangani setiap keluhan genital Anda baik pria maupun wanita. Dengan segala keunggulan dari klinik kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk kesehatan fungsi seksual Anda dan pasangan. Silahkan temukan kami melalui link konsultasi chat online atau hubungi 081336361555 untuk langsung dengan tenaga medis profesional dan ahli kami.

Baca Juga : Apa Itu Sipilis? Apakah Penyakit Yang Berbahaya?

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan