• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Apakah Penyakit Kutil Kelamin Berbahaya Bagi Wanita

Apakah Penyakit Kutil Kelamin Berbahaya Bagi Wanita
Nilai Rata-rata: 8.7 / 10 (3 orang penilai )



Apakah penyakit kutil kelamin berbahaya bagi kesehatan tubuh dan juga organ reproduksi baik pria maupun wanita? Karena kondisi tersebut terjadi akibat adanya infeksi dari virus, sehingga memang akan lebih sulit dan membutuhkan perawatan khusus guna menanganinya. Sejumlah orang yang memiliki riwayat kontak seksual aktif biasanya akan lebih cenderung berisiko untuk mendapatkannya dan menyebabkan infeksi ini termasuk dalam penyakit menular seksual (PMS).

Dalam beberapa kondisi apakah penyakit kutil kelamin berbahaya ketika seseorang lebih cenderung memiliki kondisi kontak secara tidak langsung biasanya juga dapat mengembangkan infeksi virus penyebab keluhan kutil kelamin ini. Jenis human papilloma virus (HPV) adalah virus yang menyebabkan adanya infeksi kutil kelamin tersebut, baik pada pria maupun wanita.

Namun khusus untuk wanita biasanya ada juga jenis HPV yang dapat menyebabkan adanya kanker serviks. Hal ini bisa terjadi karena human papilloma virus memiliki jenis atau strain yang beragam atau banyak, dan bentuk yang bisa dikatakan paling ringan dari infeksi HPV adalah kutil kelamin. Dapat disimpulkan apakah penyakit kutil kelamin berbahaya, tentunya akan sangat berbahaya dan berisiko jika terus dibiarkan tanpa ada pemeriksaan ataupun tindakan yang dilakukan.

Gejala-Gejala Untuk Kutil Kelamin

o Munculnya benjolan berwarna kulit atau lebih kemerahan pada area permukaannya

o Memiliki permukaaan yang datar atau bergelombang seperti jengger ayam, kembang kol, atau puting susu

o Kutil lebih sering ditemukan dalam bentuk satuan

o Tidak menimbulkan rasa sakit

Gejala-gejala tersebut adalah yang biasanya memang terjadi secara umum ketika seseorang mendapatkan infeksi penyakit kutil kelamin. Tentunya apakah penyakit kutil kelamin berbahaya bagi wanita jika tidak ditangani, karena gejala penyakit kutil kelamin pada wantia mungkin akan lebih bersifat asimtomatik (saat sebuah penyakit tidak dapat disadari gejalanya).

Dalam beberapa kasus dimana seorang wanita akan lebih cenderung untuk mendapatkan kondisi yang lebih serius dan berbahaya bagi kesehatan organ genitalnya jika infeksi HPV yang dialaminya terus dibiarkan tanpa ada pengobatan maupun perawatan. Apakah penyakit kutil kelamin berbahaya saat Infeksi HPV pada wanita dari saluran genitalnya juga dapat berubah menjadi kondisi keluhan lain yang lebih serius seperti kanker serviks.

Selain gejala yang umunya terjadi, dalam kondisi tertentu juga Anda dapat memiliki gejala tambahan lain, seperti:

o Meningkatnya keputihan

o Daerah genital yang lebih lembab

o Rasa gatal atau sakit dengan sensasi terbakar

o Peradangan vagina selama atau setelah berhubungan seksual

o Menyebabkan perdarahan jika terjadi gesekan atau tekanan

o Kesulitan buang air kecil (BAK) jika ditemukan adanya kutil di saluran uretra Anda

Apakah Penyakit Kutil Kelamin Berbahaya Pada Wanita?

Apakah penyakit kutil kelamin berbahaya jika terjadi pada wanita saja? Tentu anggapan tersebut tidak dapat dibenarkan seutuhnya. Karena infeksi kutil kelamin juga bisa berbahaya bagi pria dan wanita, namun mungkin akan cenderung lebih berisiko pada seorang wanita. Karena pada wanita biasanya HPV juga menyebabkan kondisi lain yaitu kanker serviks yang dapat berbahaya.

Selain itu, Anda juga akan memiliki masalah kesehatan yang lebih serius dan berbahaya jika memiliki beberapa faktor yang memicu pertumbuhan kutil atau infeksinya lebih cepat seperti selama kehamilan atau kondisi-kondisi yang membuat sistem kekebalan tubuh Anda ditekan misalnya:

o Kemoterapi

o HIV/AIDS

o Diabetes atau gula darah

o Penyakit hodgkin

o Konsumsi jenis obat-obatan tertentu setelah melakukan transplantasi

Kebanyakan orang dengan infeksi virus yang menyebabkan penyakit kutil kelamin tidak dapat menyadari kutil yang terlihat, karena terkadang kutil kelamin pada wanita akan tumbuh kecil pada area permukaan vagina, anus, vulva, bahkan leher rahim atau serviks. Jika Anda tidak memperhatikan secara jelas gejalanya maka Anda mungkin dapat mengembangkan kutil tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama atau hingga tahunan setelah kontak pertama dengan virus terjadi.

Baca Juga: Gejala Awal Kutil Kelamin Yang Jarang Diketahui

chat

Mengurangi Bahaya Kutil Kelamin Dengan Pengobatan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika HPV sendiri memiliki beberapa jenisnya, dan kondisi kutil kelamin yang dibiarkan tanpa adanya pengobatan tentu dapat menyebabkan adanya perubahan pada kondisi Anda. Dan apakah penyakit kutil kelamin berbahaya bagi Anda? Karena dalam perkembangannya HPV juga termasuk dalam penyebab adanya kanker serviks, meskipun kutil kelamin bukanlah kanker.

Selain kanker serviks, HPV juga dapat menyebabkan adanya kondisi kanker lain seperti kanker vulva, kanker vagina, kanker anus, dan juga kanker penis pada pria. Yang berarti jika Apakah penyakit kutil kelamin berbahaya? Maka jawabanya adalah sangat berbahaya. Perawatan atau pengobatan adalah kunci dalam mengurangi bahaya kutil kelamin yang Anda alami.

Jenis HPV yang menyebabkan kutil kelamin memang berbeda dengan jenis HPV yang menyebabkan kondisi kanker, namun kondisi kutil kelamin dapat memicu adanya pertumbuhan kanker jika tidak ditangani dengan pengobatan yang tepat. Apakah penyakit kutil kelamin berbahaya Meskipun tidak ada cara untuk mengetahui bahwa orang-orang yang memiliki HPV dapat mengembangkan kondisi kanker.

Tetapi orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah akan lebih sulit untuk mengatasi infeksi HPV. Sehingga Anda akan membutuhkan perawatan atau pengobatan guna menghindari adanya bahaya komplikasi dari infeksi tersebut. Virus akan ditekan perkembangannya, menghindari kondisi medis kronis, mencegah kerusakan fisik dari organ secara permanen, serta meringankan efek gejala adalah fungsi dari adanya pengobatan untuk kutil kelamin dilakukan.

Bagaimana Kutil Kelamin Diobati?

Saat pemeriksaan fisik, dokter Anda mungkin juga sudah dapat mendiagnosis keluhan yang Anda alami tersebut jika gejalanya terlihat secara fisik. Namun jika gejala yang Anda alami mungkin tidak dapat dilihat dengan kasat mata maka berapa pemeriksaan medis dapat disarankan oleh dokter Anda. misalnya adalah pemeriksaan khusus untuk wanita seperti:

o Pap smear, untuk indikasi adanya kanker serviks bagi wanita dengan infeksi HPV yang memiliki riwayat seksual secara aktif

o Tes atau uji sampel dengan mengambil jaringan dari kutil untuk dilakukan uji mikroskopik di laboratorium guna memastikan penyebab keluhan serta pengobatan yang sesuai

o Kolposkopi, pemeriksaan dengan menggunakan alat medis untuk mendeteksi adanya sel-sel abnormal pada area serviks seorang wanita.

Setelah pemeriksaan fisik dan pemeriksaan medis dilakukan dan hasilnya telah didapat, selanjutnya dokter Anda akan memberikan beberapa pilihan terapi atau tindakan yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan gejala fisik dari kutil tersebut. Beberapa tindakan medis berikut memang digunakan dalam mengatasi keluhan kutil kelamin yaitu:

o Elektrokauter

o Tindakan laser

o Cryotheraphy

o Eksisi atau bedah

o Pemberian larutan asam

Diantara pilihan tindakan diatas tersebut dokter Anda akan memberikan pilihan yang memang sesuai dan tepat untuk dilakukan dengan kondisi yang Anda miliki. Sehingga dokter Anda juga dapat meminimalisir adanya risiko lain jika tindakannya tidak dilakukan dengan tepat untuk mengobati kutil kelamin Anda.

Jangan biarkan kutil yang Anda diarea kelamin Anda berubah bentuk, lebih banyak, atau bertambah besar meskipun tidak menimbulkan rasa sakit. Anda harus tetap melakukan pemeriksaan dan pengobatan untuk menghindari bahaya fatal dari infeksinya. Segera konsultasikan di Klinik Utama Gracia yang terpercaya dan aman untuk setiap keluhan genital Anda.

Butuh informasi lebih lanjut? silahkan klik layanan chat online kami atau hubungi kami di nomor 081336361555 untuk tahu lebih banyak apakah penyakit kutil kelamin berbahaya.

Baca Juga: Waspada Komplikasi Kutil Kemaluan Wanita

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan