• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Apakah Kulup pada Penis Harus Dibuang?

Apakah Kulup pada Penis Harus Dibuang?
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (4 orang penilai )


Jika wanita selalu identik dengan vagina dan selaput dara, bagaimana dengan pria? Pria selalu identic dengan penis dan kulup? Betulkah?. Sebenarnya apa itu kulup pada penis pria dan fungsi dari kulup tersebut apa. Apakah semua pria memilikinya? Pertanyaan tersebut pasti selalu muncul dibenak kalian para pria.
Kulup sendiri berada pada lapisan terdepan penis pria. Kulup seperti lapisan kulit yang menutup kepala penis. Kulup umumnya dapat ditarik kembali kebelakang ketika melakukan penetrasi, namun jika kulup tidak kembali maka dapat dipastikan anda mengalami masalah pada bagian depan penis ini.

Fungsi Kulup

Kulup sendiri memiliki beberapa fungsi pada penis, terutama ketika masa kanak-kanak. Karena jaringan kulit akan menutupi kepala penis dengan kulup.
Salah satu fungsi dari kulit kulup adalah untuk melindungi kepala penis dari gesekan, terutama sewaktu kecil. Dan fungsi dari kulup sendiri utnuk mempertahankan kepekaan dari penis. Penis dianggap sebagai ‘selaput dara pria’ dimana akan menjadi lokasi sensitifitas saat berhubungan seks.

Seiring bertambanya umur, maka kulup harus segera dibuang. Karena kulup dapat menjadi sarang bakteri dan tempat berkumpulnya kotoran dari penis. Pembuangan kulup disebut dengan sunat atau khitan.

Mengapa Kulup Harus Dibuang

Untuk menghindari penyakit pada penis, maka kulup wajib dibuang. Kulup yang dibuang harus dilakukan dengan cara sunat. Sunat sendiri di Indonesia lebih sering dianggap sebagai sebuah anjuran agama. Dibalik dari anjuran, sunat juga menjadi budaya yang cukup kental di Indonesia.

Tetapi dari kebudayaan dan peninggalan nenek moyang tersebut, ternyata membuang kulup sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan penis pria. Bahkan ada wanita yang mengatakan akan lebih nikmat melakukan hubungan seks dengan pria yang tidak memiliki kulup dibandingkan dengan pria yang memiliki kulup.

Jenis Penyakit yang Menyerang Kulup

chat

Kanker Penis

Kanker penis menjadi salah satu penyakit yang cukup ditakuti oleh para pria, kanker penis disebabkan oleh bakteri HPV (Human Pappilomavirus) tanda awalnya adalah munculnya kutil pada kelamin. Kutil yang muncul dapat bersifat ganas jika terus dibiarkan begitu saja. Kebanyakan laki-laki yang tidak di buang kulit bagian depan pada penisnya lebih rentan mengalami kanker penis.

Urethritis

Urethritis merupakan masalah kesehatan yang menyerang pada saluran kencing. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang saluran kencing, kondisi ini lazim dialami oleh wanita maupun pria. Kulup yang tidak di sunat akan menyebabkan seorang mengalami penumpukan bakteri, bakteri yang menumpuk dapat menginfeksi saluran kencing.

Phimosis

Masalah yang paling sering terjadi berkaitan dengan kulup adalah phimosis. Phimosis merupakan gejala pada kulup pria yang terlalu ketat. Sehingga menyulitkan kulup untuk dapat kembali kepada posisi normal dan pada posisi awal. Phimosis menjadi gejala umum jika dialami oleh bayi dan balita. Namun bagi pria dewasa ini merupakan kondisi yang tidak normal.

Infeksi Menular Seksual

Salah satu hal yang mengerikan apabila kulup tidak dibuang adalah terkena infeksi menular seksual. IMS lebih rentan menyerang laki-laki yang tidak di sunat yang diakibatkan dari penumpukan bakteri pada penis anda. Sehingga memudahkan bakteri hidup didalam tubuh anda.

Ada baiknya untuk menghindari berbagai penyakit pada kulup, anda melakukan sunat atau khitan untuk menjaga kebersihan pada penis anda. Anda bisa berkonsultasi mengenai penis dan kulup di Klinik Utama Gracia. Jika anda ingin melakukan sunat, anda bisa melakukannya di Klinik kami. Anda dapat mengklik banner dibawah ini untuk berkonsultasi dengan tim medis kami atau bisa menghubungi kami melalui telepon di 081336361555.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan