• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Apakah Kondiloma Akuminata Itu? Apa Sajakah Gejalanya?

Apakah Kondiloma Akuminata Itu? Apa Sajakah Gejalanya?
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (4 orang penilai )

Pastinya kebanyakan orang masih terasa asing jika mendengar kondiloma akuminata, lalu apakah kondiloma akuminata itu? dan seperti apakah gejalanya? Nah jika Anda merasa penasaran maka ada baiknya baca terus artikel ini sampai tuntas.

Perlu Anda ketahui bahwa kondiloma akuminata adalah nama lain dari penyakit menular seksual “Kutil Kelamin” dan biasanya ditularkan melalui kontak seksual langsung dengan seseorang yang sudah terinfeksi kutil kelamin yang ditandai dengan adanya kutil yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) jenis tertentu.

Kutil kelamin ini bisa ditemukan di beberapa tempat, seperti pada alat kelamin pria maupun wanita, di selaput lendir, di mulut rahim, di dekat anus, atau di rektum atau bahkan bisa ditemukan di tenggorokan yang disebabkan oleh adanya aktifitas oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi kutil kelamin.

Apa Sajakah Gejala Kondiloma Akuminata Itu?


Perlu Anda ketahui bahwa gejala umum seseorang memiliki Kondiloma Akuminata adalah akan timbul kutil yang akan menyerupai bentuk kembang kol yang sangat besar dan biasanya kutil kelamin tidak selalu terlihat dengan mata manusia, karena mungkin kutil kelamin bisa memiliki ukuran sangat kecil dengan warna kulit atau sedikit lebih gelap, atau bisa saja berukuran besar.

Selain itu seseorang yang memiliki kutil kelamin akan merasa gatal pada area yang terinfeksi, mengalami perdarahan setelah melakukan hubungan seksual.
Jika kutil kelamin dipegang maka akan terasa licin atau sedikit bergelombang dan seseorang yang terinfeksi mungkin memiliki sekelompok kutil, atau hanya satu kutil dan perlu Anda ketahui bahwa pada pria kutil kelamin akan muncul di area berikut:

- Pada Mr P.
- Pada Kantung kemaluan.
- Pada paha.
- Di dalam atau di sekitar anus.

Sedangkan Kondiloma Akuminata pada wanita dapat muncul di area berikut:

- Di dalam Miss V atau anus
- Di luar Miss V atau anus
- Di Mulut Rahim
- Kutil ini juga bisa muncul di area bibir, mulut, lidah, atau tenggorokan dari orang yang telah terinfeksi.

Apakah yang Menyebabkan Seseorang Terinfeksi Kondiloma Akuminata?


Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa penyebab utama seseorang terinfeksi Kondiloma Akuminata adalah karena adanya human papilloma virus (HPV) jenis tertentu.

Human papillomaviruses adalah anggota keluarga dari Papovaviridae dari virus DNA double-stranded epitheliotropic dan dianggap sebagai virus tumor karena kemampuan mereka untuk mengabadikan sel normal.

Saat ini lebih dari 130 jenis HPV telah diidentifikasi dengan lebih dari 40 jenis menular untuk saluran kelamin bagian bawah di mana  15 jenis bersifat onkogenik.

Perlu Anda ketahui bahwa umumnya HPV yang ditandai sebagai "berisiko rendah" yaitu tipe (6, 11, 42, 43, 44), yang terutama terkait dengan kutil kelamin dan papillomatosis pernapasan, atau tipe HPV yang "berisiko tinggi" adalah (16, 18, 31, 33, 35, 39, 45, 51, 52) yang terkait dengan lesi intraepitel skuamosa kelas rendah dan bermutu tinggi (LSIL dan HSIL) karena bisa menyebabkan kanker invasif.

Bahaya Kondiloma Akuminata Pada Pria dan Wanita

- Menyebabkan Kanker
Bahaya Kondiloma Akuminata yang pertama adalah bisa menyebabkan kanker serviks yang berkaitan erat dengan infeksi HPV, beberapa penyakit HPV juga berkaitan dengan kanker vulva, kanker penis, kanker anus, kanker mulut dan tenggorokan

Akan tetapi tidak semua kasus HPV mengarah ke penyakit kanker, tetapi jika Anda seseorang yang aktif secara seksual maka harus mewaspadai jika terinfeksi HPV, dan bagi wanita harus menjalani tes HPV secara teratur terutama jika terinfeksi HPV yang berisiko tinggi.

Baca Juga: Bahaya Kutil Kelamin Bagi Kesehatan Pria dan Wanita

Dalam beberapa kasus infeksi HPV sangat umum terjadi pada pria dan wanita, sehingga HPV bisa menyerang serviks wanita dan mempengaruhi antara 2% dan 43% populasi wanita di seluruh dunia.

Di Amerika Serikat saja prevalensinya mencapai 22,5% wanita secara keseluruhan dan secara signifikan lebih tinggi di kalangan wanita kaum muda yang aktif secara seksual.

- Bisa Menyerang Dubur Pria
Selain itu ternyata infeksi HPV juga bisa menyerang dubur yang sebenarnya pada populasi umum saat ini tidak diketahui, namun terdapat pada hampir semua laki-laki yang sering melakukan hubungan seks anal dengan sesama laki-laki berisiko besar akan menyebabkan hal tersebut dan presentasinya mencapai 85% sampai 93%.

- Kutil Kelamin Bisa Menginfeksi Ibu Hamil
Perlu Anda ketahui juga bahwa kutil kelamin bisa menginfeksi pada ibu hamil yang tentunya jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan masalah serius, karena kutil yang membesar dapat menggangu proses buang air kecil karena menghalangi uretra atau lubang kencing.

Selain itu kutil kelamin yang tumbuh pada Miss V dapat menggangu peregangan Miss V saat proses persalinan, sehingga dapat terjadi kompilasi perdarahan atau bahkan komplikasi yang lebih serius pada bayi yang dilahirkan dengan ibu yang menderita kutil kelamin.

Saya Terinfeksi Kutil Kelamin Bagaimanakah Cara Menyembuhkannya?

Jika Anda seseorang yang aktif secara seksual dan memiliki banyak pasangan seks maka dan memiliki salah satu gejala kutil kelamin maka ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia.

Kemudian dokter biasanya dapat mendiagnosis kutil kelamin yang terlihat menggunakan riwayat kesehatan dan melakukan berbagai macam pemeriksaan dan berikut di bawah ini adalah beberapa tes untuk mendiagnosa kutil kelamin, diantaranya:

- Melakukan Tes HPV
Tes HPV (Human Papilloma Virus) adalah salah satu pemeriksaan pertama yang biasanya digunakan untuk mendeteksi kutil kelamin, karena beberapa HPV biasanya dikaitkan dengan kanker serviks, namun itu hanya sebagian kecilnya saja.

Kemungkinan besar dokter akan mengambil sample sel-sel kanker yang diambil tes pap-smear yang nantinya dapat diuji jenis tertentu HPV dan tes ini biasanya dilakukan pada wanita yang aktif secara seksual yang berusia 30 tahun atau lebih.

- Melakukan Tes Pap Smear
Tes selanjutnya yang biasanya dilakukan oleh dokter untuk memastikan kutil kelamin adalah dengan melakukan pemeriksaan tes Pap Smear tes ini bertujuan untuk membantu mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi pada Miss V maupun perubahan di leher rahim yang disebabkan oleh kutil kelamin atau tanda-tanda kanker serviks, atau kemungkinan terinfeksi HPV.

Selama tes pap-smear biasanya dokter akan menggunakan speculum untuk membuka Miss V kemudian dokter akan menggunakan alat panjang utuk mengambil sampel atau sel-sel yang berada didalam Miss V untuk melihat dan memeriksa keberadaan sel-sel abnormal yang bisa menyebabkan HPV.

Nah, itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai Kondiloma Akuminata dan jika misalkan Anda merasa memiliki kutil kelamin maka ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia karena Klinik Kami merupakan Klinik Spesialis penyakit kelamin yang tentu dapat mengatasi hal tersebut. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 atau bisa konsultasi melalui chat online dengan cara klik gambar konsultasi dibawah ini..

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan