• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Apakah Keputihan Berwarna Hitam Termasuk Keputihan Normal?

Apakah Keputihan Berwarna Hitam Termasuk Keputihan Normal?
Nilai Rata-rata: 8.3 / 10 (3 orang penilai )



Jika keputihan yang Anda alami termasuk keputihan abnormal, sebaiknya untuk segera diatasi. Apakah keputihan berwarna hitam termasuk keputihan normal?  Oleh sebab itu Anda harus mengetahui ciri keputihan normal dan tidak normal. Keputihan yang tidak normal dapat menyebabkan penyebaran infeksi pada bagian organ dalam dan sebaiknya untuk menghindari penyebaran, hindari hubungan seksual terlebih dahulu.

Dalam kondisi tertentu keputihan akan berubah menjadi sebuah penyakit ginekologi yang kompleks dan bisa hingga mengakibatkan kondisi yang lebih parah. Leukorrhea merupakan nama medis untuk keluhan keputihan abnormal pada wanita. terkadang sulit bagi seseorang untuk membedakan antara keputihan abnormal dengan keputihan yang disebabkan oleh infeksi menular seksual atau infeksi jamur.

Apakah Keputihan Berwarna Hitam Normal?

Cairan normal pada alat kelamin wanita memiliki ciri-ciri berwarna putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Pada saat cairan yang keluar dari bagian alat kelamin sudah mengalami perubahan seperti warna keabuan, hingga kehijauan, putih susu,  berbau, volume yang keluar banyak dan disertai dengan keluhan lain seperti gatal serta panas. Hal ini biasanya menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang pada umumnya disebabkan oleh infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Keputihan dapat dialami oleh semua wanita dan sebagian besar bersifat normal (tidak berbau, berwarna jernih sampai putih susu). Namun jumlah, bau dan warna dapat bervariasi tergantung pada waktu pada siklus menstruasi, misalnya saat wanita berada pada siklus ovulasi atau menyusui biasanya dapat terjadi keputihan yang lebih banyak. Baunya juga akan berbeda saat wanita sedang hamil atau pada wanita dengan kebersihan diri yang buruk.

Baca Juga : Penyebab Keputihan Berbau Amis Dan Mencegahnya

chat

Apa Saja Penyebab Keputihan?

Keputihan dapat disebabkan oleh berbagai hal misalnya bila terjadi perubahan dalam bakteri normal di vagina, hal ini akan mempengaruhi bau, warna dan konsistensi cairan vagina. Perubahan ini dapat disebabkan karena penggunaan obat (antibiotik atau steroid), vaginosis bakterialis, penggunaan pil kb, kanker serviks, penyakit menular seksual seperti gonore, kencing manis, infeksi panggul pasca operasi, trikomoniasis, douche, penyakit radang panggul, vaginitis, atrofi vagina atau infeksi jamur.

Apakah Keputihan Berwarna Hitam Berbahaya?

Keputihan berwarna hitam adalah tanda vagina tidak sehat yang harus diperhatikan. Ciri-ciri keputihan tidak normal adalah keputihan berwarna pekat, berlendir, berbau, berwarna kuning, kehijauan, kecoklatan hingga kehitaman.

Keputihan berwarna hitam adalah tingkat terakhir keputihan yang bisa dibilang berbahaya. Jadi jika ditanyakan kembali apakah ini berbahaya? Jawabannya tentu ya. Karena masuk dalam katergori keputihan tidak wajar. Banyak faktor risiko yang menjadi bahaya dari keputihan aneh tersebut, seperti penyakit menular seksual dan penyakit polip uterine.

Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan?

Keputihan abnormal dapat membahayakan atau menjadi suatu tanda dari penyakit tertentu. Oleh sebab itu perlu pemeriksaan langsung oleh dokter untuk mengetahui penyebab, serta pemeriksaan penunjang untuk menegakan diagnosa pasti. Keputihan berwarna hitam mungkin memerlukan penanganan sedini mungkin sangat diperlukan serta pemeriksaan secara langsung oleh dokter dapat memberikan solusi penanganan yang terbaik untuk Anda.

Klinik Utama Gracia merupakan salah satu klinik terbaik spesialis penyakit Ginekologi, Andrologi dan penyakit kelamin. Memiliki banyak keunggulan serta mampu bersaing dengan klinik lainnya. Klinik Utama Gracia menawarkan layanan medis yang ideal demi kesembuhan dan kenyamanan setiap pasien yang datang berobat di Klinik Utama Gracia, serta dalam pelayanan menjunjung tinggi kode etik kedokteran.

Anda dapat berkonsultasi secara online dengan kami, untuk mendapatkan bantuan medis, klik konsultasi online atau hubungi hotline kami di nomor 081336361555.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan