• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Apa Saja Penyebab Keputihan Abnormal Pada Wanita?

Apa Saja Penyebab Keputihan Abnormal Pada Wanita?
Nilai Rata-rata: 8.7 / 10 (3 orang penilai )



Penyebab keputihan abnormal biasanya beragam, dimana keputihan abnormal atau keputihan tidak normal biasa juga dikenal dengan keputihan patologis, keputihan ini dapat memiliki bahaya jika tidak segera diatasi, dampak ini dapat berpengaruh besar bagi kesehatan reproduksi kita sebagai wanita. Ciri keputihan abnormal  antara lain adalah teksturnya yang kental, warnanya putih seperti putih susu atau kalau sudah parah kadang warnanya kuning kehijauan, muncul rasa gatal pada bagian alat kelamin, baunya pun tidak sedap dan volume cairan yang keluar banyak.

Beberapa Penyebab Keputihan Abnormal, Antara Lain Adalah

• Trikomoniasis

Beberapa penyebab keputihan abnormal adalah infeksi trikomoniasis, dimana infeksi ini adalah jenis infeksi protozoa yang merupakan penyebab utama dari penyakit ini. Infeksi trikomoniasis biasanya menyebar melalui kontak seksual. Infeksi penyakit ini menyebabkan gejala pengeluaran cairan berwarna kuning atau hijau yang berbau tidak sedap, biasanya muncul rasa sakit, radang, dan gatal juga merupakan gejala yang umum, meski beberapa orang tidak mengalami gejala apapun.

• Infeksi Jamur

Penyebab keputihan abnormal juga dapat disebabkan oleh infeksi jamur yang merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya keputihan tidak normal. Infeksi jamur biasanya memiliki gejala terjadinya pengeluaran cairan kotoran putih seperti keju selain sensasi rasa panas dan gatal.

Baca Juga : Penyebab Keputihan Berbau Amis Dan Mencegahnya

chat

• Gonore dan Chlamydia

Faktor penyebab keputihan abnormal juga dapat disebabkan oleh penyakit menular seksual yakni gonore dan klamidia. Kedua infeksi penyakit kelamin ini juga merupakan infeksi menular seksual yang dapat menghasilkan cairan keputihan abnormal, yang seringkali berwarna kuning, atau kehijauan.

• Bakteri Vaginosis

Bakteri vaginosis merupakan infeksi bakteri yang umum terjadi. Infeksi vaginosis menyebabkan peningkatan cairan keputihan yang memiliki bau yang kuat, busuk, dan terkadang mencurigakan, tetapi pada beberapa kasus infeksi bakteri vaginosis tidak menimbulkan gejala. Wanita yang melakukan oral seks atau sering berganti banyak pasangan seksual memiliki peningkatan risiko tertular infeksi ini.

• Keganasan

Keputihan abnormal dapat disebabkan oleh berbagai faktor penyebab, keputihan abnormal dapat mengindikasikan bahwa tubuh Anda mengalami sesuatu yang harus segera diatasi. Sebaiknya untuk mengetahui penyebab pasti konsultasikan diri Anda segera pada dokter. Jangan mencoba menunda pengobatan karena mungkin kondisi yang Anda alami membutuhkan penanganan segera dan mencegah berbagai komplikasi.

Penyebab keputihan abnormal dapat juga disebabkan oleh penyakit menular seksual lainnya.  Keputihan yang keluar karena disebabkan oleh penyakit menular seksual ini juga mengalami perubahan warna, bau, dan jumlah. Jika keputihan yang Anda alami mengalami berubah dari keputihan yang menimbulkan kekhawatiran dan gejala abnormal, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab keputihan tidak normal.

Kenali gejala keputihan Abnormal

Keputihan abnormal memiliki gejala, antara lain adalah :

• Penderita yang mengalami keputihan abnormal akan mengalami rasa gatal
• Keputihan yang keluar berwarna putih kekuningan atau kuning kehijauan
• Muncul keputihan yang berbau amis ataupun berbau busuk
• Terkadang nyeri pada saat kencing
• Rasa panas terbakar pada daerah organ vital
• Dalam jumlah yang banyak

Klinik Utama Gracia Dapat Membantu Anda Menangani Keputihan Tidak Normal

Klinik Utama Gracia merupakan Klinik terbaik spesialis penyakit kulit dan kelamin yang terletak di Jakarta. Memiliki banyak keunggulan dan mampu bersaing dengan klinik lainnya, yang memberikan hasil penanganan keputihan tidak normal dengan efek sangat baik. Klinik Utama Gracia sudah banyak berpengalaman dalam bidangnya, memiliki peralatan medis yang modern dan dokter ahli yang professional dalam bidangnya.

Anda dapat berkonsultasi secara online dengan kami, untuk mendapatkan bantuan medis dengan cara klik konsultasi online atau hubungi hotline kami di nomor 081336361555.

Baca Juga : Keputihan Berwarna Coklat Pada Wanita

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan