• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Apa Saja Penyebab Haid Tidak Teratur?

Apa Saja Penyebab Haid Tidak Teratur?
Nilai Rata-rata: 8.7 / 10 (3 orang penilai )

penyebab haid tidak teratur

Kebanyakan wanita mempunyai periode menstruasi antara 11 dan 13 setiap tahun. Periode menstruasi sering tidak teratur selama beberapa tahun pertama setelah menstruasi dimulai. Hal ini mungkin membutuhkan beberapa tahun untuk hormon yang berfungsi mengontrol menstruasi untuk mencapai keseimbangan.  Menstruasi adalah perubahan fisiologi dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesterone.

Siklus menstruasi wanita normalnya adalah 21-35 hari, lama menstruasi sekitar 3-7 hari, dan volume darah yang keluar setiap hari normalnya 30-50 ml. Kehamilan adalah salah satu penyebab menstruasi tidak teratur. Jika anda mungkin hamil, pastikan sampai anda benar-benar hamil. Gunakan tes kehamilan di rumah sebagai langkah pertama untuk mencari tahu apakah anda hamil. 

Periode menstruasi juga mungkin sangat tidak teratur di ujung tahun menstruasi. Banyak wanita menyadari bahwa mereka sedang mendekati perimenopause dan menopause ketika periode dinyatakan rutin mereka menjadi tidak teratur. Menopause terjadi ketika sudah 12 bulan sejak mereka memiliki periode menstruasi.

Memiliki siklus menstruasi yang teratur artinya interval antara periode konsisten. Seperti di sebutkan sebelumnya, biasanya siklus mens selama 28 hari, namun tergantung pada individunya itu sendiri, dapat berkisar 20 sampai 35 hari. Sedangkan siklus menstruasi yang tidak teratur berarti bahwa interval antara periode bervariasi setiap bulan. Artinya kadang-kadang mereka datang setiap 28 hari, 20 atau 30 hari.

Klik chat

Penyebab Haid Tidak Teratur

Tingkat Stres Tinggi

Salah satu penyebab haid tidak teratur adalah karena stres yang tinggi. Ketika anda dilanda stres untuk jangka waktu yang berkelanjutan, tubuh anda dapat mulai menghemat energi dengan mencegah ovulasi. Mengalami peristiwa traumatis tiba-tiba dapat menyebabkan adrenal untuk bekerja lembur, yang dapat mengganggu produksi estrogen dan hormon reproduksi lainnya (suatu kondisi yang disebut hypothalamus amenorea). Bila anda tidak memiliki banyak estrogen, anda tidak dapat membangun dinding rahim, dan sebagai akibatnya anda tidak mengalami menstruasi.

Diet yang buruk

Diet buruk yang kurang nutrisi, antioksidan dan makanan prebiotic belum tinggi stimulan dapat merusak kelenjar adrenal dan tiroid. Misalnya, asupan tinggi gula, lemak terhidrogenasi dan aditif buatan, atau pestisida terkait dengan masalah tiroid dan kelelahan adrenal yang dapat meningkatkan kortisol.

Kelebihan kortisol menghambat fungsi optimal dari banyak hormon penting lainnya, seperti hormon seks. Hal ini juga dapat mempromosikan kerusakan tulang, kulit, otot dan jaringan otak ketika tinggi selama jangka waktu yang panjang. Siklus ini kelebihan kortisol dapat menyebabkan kerusakan protein, yang menghasilkan otot-buang dan berpotensi osteoporosis.

Penyebab Lainnya

  • Masalah dengan organ panggul (seperti sindrom ovarium polikistik).
  • Berat badan berlebihan atau penurunan berat badan.
  • Olahraga Berlebihan: Apabila anda seorang atlet dan melakukan latihan dengan berlebihan maka anda dapat berhenti menstruasi karena tubuh anda ingin bertahan hidup dan menghemat energy dan menstruasi membutuhkan energy.
  • Ketipisan ekstrim dan obesitas baik menyebabkan siklus menstruasi anda menjadi tidak teratur atau bahkan menghilangkan stress atau masalah emosional, masalah hormonal.
  • Obat-obatan seperti pil KB juga salah satu penyebab haid tidak teratur, karena dapat mempengaruhi frekuensi dan intensitas menstruasi.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan