• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Apa Saja Makanan Penyebab Keputihan Pada Wanita

Apa Saja Makanan Penyebab Keputihan Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 8.3 / 10 (8 orang penilai )

makanan penyebab keputihan

Beberapa makanan menyebabkan keputihan pada wanita. Keputihan adalah hal wajar dan normal. Tapi berbahayakah keputihan jika sering terjadi pada wanita? Ada kalanya keputihan pada wanita bisa sangat menjengkelkan. Keputihan bisa berbau tidak sedap dan menyebabkan gatal gatal.

Keputihan datang bukan tanpa sebab, bahwasannya banyak orang tidak tahu tentang hal itu. Banyak faktor yang menyebabkan keputihan menjadi tidak normal, mulai dari parasit, jamur, virus, dan bakteri. Dari beberapa jenis bakteri yang menyebabkan keputihan tidak normal, bahkan bisa menjadi tanda munculnya penyakit kelamin yang berbahaya seperti sifilis dan gonore.

Faktor lain adalah makanan yang dikonsumsi. Apa saja makanan penyebab keputihan? Mari kita baca lebih lanjut di bawah ini:

Timun

Timun menjadi makanan penyebab keputihan karena memiliki sifat meningkatkan produksi hormon estrogen. Hal ini akan memungkinkan wanita yang mengkonsumsi mentimun berlebihan akan mengalami keputihan. Konsumsi dalam jumlah yang wajar dianjurkan.

Pasta Tomat

Bagi pecinta spaghety atau pasta pasti sudah tidak asing dengan pasta tomat. Demikian pula, para pecinta pizza. Berbeda dengan tomat segar yang baik untuk kesehatan, pasta tomat telah diproses dengan fermentasi. Proses fermentasi menggunakan ragi itu tidak baik untuk Anda dan dapat menyebabkan keputihan.

Telur

Telur adalah makanan yang banyak mengandung protein dan kalori, tingginya dua zat ini dapat merangsang tubuh untuk mengeluarkan keputihan pada wanita.

Udang

Mengkonsumsi udang tidak boleh berlebihan karena protein pada udang juga bisa membuat wanita mengalami keputihan. Bagi pecinta seafood kuliner mungkin perlu mempehitungkan hal ini sebelum makan udang.

Manisan

Manisan pada dasarnya terbuat dari buah segar. Tapi manisan biasanya juga dicampur dengan bahan pengawet yang bila dikonsumsi oleh wanita maka bisa mengakibatkan keputihan.

Keju

Keju dapat menjadi makanan penyebab keputihan, walaupun keju mengandung banyak kalsium yang sangat baik untuk tulang. Tetapi jika seorang wanita berlebihan mengkonsumsi keju setiap hari maka dapat menyebabkan keputihan. Keju yang dapat menyebabkan keputihan adalah keju yang tidak mengalami proses pasteurisasi.

chat

Tape Singkong

Tape adalah makanan yang dibuat menggunakan proses fermentasi dengan menggunakan ragi untuk membuatnya. Makanan menggunakan ragi pada umumnya dapat mengganggu hormon tertentu yang menyebabkan keputihan.

Nanas

Nanas adalah buah yang termasuk dalam daftar makanan yang dilarang bagi wanita hamil. Selain itu, ternyata nanas juga dilarang dikonsumsi berlebihan karena bisa menyebabkan keputihan pada wanita.

Gorengan

Makan makanan yang digoreng selama musim hujan atau sambal disertai dengan banyak digemari oleh masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Dalam minyak goreng mengandung banyak yang tidak baik untuk kesehatan kulit Anda, terutama wajah. Efek lain yang disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang digoreng adalah keputihan pada wanita.

Makanan Pedas

Ketika berbicara tentang makanan pedas, pastilah menngandung cabai sebagai bahan utama. Di dalamnya ada zat capsicum cabai dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri dan dapat menjadi pemicu keputihan.

Gula

Konsumsi gula berlebih dapat memicu perkembangan jamur dalam tubuh. Jamur keputihan Candida albicans yang tumbuh di daerah vagina, salah satu faktor pemicu adalah makanan yang memiliki kadar gula tinggi seperti permen, kue-kue manis, donat, minuman ringan, dan buah-buahan seperti pisang, durian dan anggur mengandung glikemik atau kadar gula yang +tinggi.

Ada istilah "makanan jamur adalah gula", karena lebih banyak gula dalam tubuh, semakin mudah tumbuh jamur. Jika Anda ingin menghindari keputihan, hindari mengkonsumsi jumlah gula yang berlebihan. Demikian telah di jelaskan, beberapa makanan penyebab keputihan pada wanita. Jika Anda masih ingin mengkonsumsi makanan yang disebutkan di atas, maka konsumsi dengan cukup dan tidak berlebihan.

Jika anda mengalami masalah keputihan, anda dapat berkonsultasi pada dokter klinik utama gracia. Keputihan tidak nomal dapat menjadi salah satu tanda masalah kesehatan anda, semakin cepat mendapat penaangan pada masalah anda, semakin baik. Atau anda bisa berkonsultasi pada konsultan medis kami untuk menanyakan seputar masalah keputihan dengan mengklik tombol di bawah ini.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan