• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Apa Saja Ciri Radang Panggul? Dan Siapa Yang Berisiko

Apa Saja Ciri Radang Panggul? Dan Siapa Yang Berisiko
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (1 orang penilai )



Ciri radang panggul atau Pelvic inflammatory disease (PID) adalah dengan munculnya keluhan keputihan abnormal pada wanita. Yang mana terkadang kondisi ini sering diabaikan dan sering dianggap remeh bagi sebagian besar wanita. Tahukan Anda tentang penyakit radang panggul? Kebanyakan wanita tidak akan mengetahui kondisi penyakit ini dan mungkin termasuk juga Anda.

Radang panggul atau PID adalah infeksi atau peradangan pada organ reproduksi bagian dalam dari seorang wanita. Pada Panggul setiap wanita, mereka memiliki beberapa organ atau bagian penting dalam sistem reproduksinya. Yang diantaranya adalah:

o Rahim atau uterus

o Indung telur

o Saluran tuba atau tuba fallopi

Ketika seorang wanita memiliki sebuah infeksi maka secara alamiah dirinya akan memunculkan ciri atau gejala dari adanya infeksi tersebut. Dan secara umum biasanya ciri radang panggul pada seorang wanita akan lebih mengarah pada kondisi keluhan keputihan yang tidak normal. Namun juga akan disertai dengan beberapa gejala dan ciri radang panggul lainnya.

Gejala Dan Ciri Radang Panggul Wanita

o Keputihan abnormal atau perubahan pada bau, warna, dan jumlah yang tidak biasa

o Flek kemerahan atau kecoklatan diluar siklus menstruasi

o Sakit perut bagian bawah dan juga nyeri punggung bawah

o Masa atau periode menstruasi yang lebih menyakitkan, tidak teratur, lebih lama, dan lebih berat

o Demam atau gejala seperti flu dan kelelahan

o Nyeri saat berhubungan seksual atau perdarahan setelah berhubungan seksual

o Rasa sakit dan sensasi terbakar saat buang air kecil (BAK)

o Mual dan muntah

Dari ciri radang panggul seperti diatas adalah beberapa gejala yang juga akan dialami ketika Anda memiliki keluhan radang panggul. Sehingga dapat dipastikan bahwa Anda dapat didiagnosis dengan keluhan peradangan ginekologi tesebut jika Anda memiliki gejalanya. Meskipun tidak semua wanita juga dapat merasakan gejala seperti diatas tersebut secara berurutan atau secara kesehluruhan uuntuk bisa dikatakan memiliki diagnosis tersebut.

Dalam beberapa kondisi seseorang mungkin akan lebih disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan juga uji klinis untuk memastikan keluhannya guna menentukan penyebab keluhan serta metode pengobatan atau obat apa yang tepat untuk kondisi Anda. Hal ini perlu dilakukan karena adanya banyak kemungkinan yang bisa menjadi penyebab mendasar atas keluhan Anda tersebut.

Faktor Penyebab Peradangan Pada Panggul

Apa yang menyebabkan infeksi pada organ panggul wanita? Biasanya seorang wanita akan didiagnosis dengan penyakit radang panggul ketika penyebabnya adalah sebuah infeksi dari mikroorganisme dari keluhan lain. Dan akan lebih sering disebabkan oleh infeksi bakteri akibat penyakit menular seksual (PMS) seperti gonore atau klamidia.

Ketika bakteri masuk dari vagina dan bergerak hingga ke leher rahim atau serviks dan akan terus berjalan hingga ke rahim, saluran tuba, dan sampai pada indung telur dimana proses pembuahan akan terjadi. Seiring dengan bertambahnya waktu maka infeksi tersebut juga akan semakin berbahaya bagi kesehatan organ reproduksi Anda.

Seorang wanita yang didiagnosis dengan infeksi bakteri tersebut juga berisiko untuk mendapatkan penyakit radang panggul ketika dirinya melakukan beberapa prosedur medis seperti:

o Keguguran

o Bedah panggul

o Pengguguran kandungan atau abortus

o Persalinan

o Menggunakan IUD (alat kontrasepsi yang ditempatkan di dalam rahim)

o Biopsi endometrium (pengambilan sampel dari lapisan rahim)

Baca Juga: Faktor Risiko Dan Efek Radang Panggul Wanita

chat

Siapa Saja Yang Berisiko Untuk Mendapatkan Gejala Dan Ciri Radang Panggul?

Setiap wanita didunia akan berkesempatan untuk mendapatkan gejala dan ciri radang panggul, namun beberapa orang wanita akan diklasifikasikan menjadai yang paling berisiko untuk mendapatkan penyakit radang panggul (PID) tersebut. Siapa saja yang cenderung untuk mendapatkan penyakit radang panggul?

o Wanita yang melakukan kontak seksual diusia muda

o Memiliki pasangan seksual yang didiagnosis dengan gonore atau klamidia

o Riwayat sering berganti pasangan seksual

o Pernah didiagnosis dengan infeksi menular seksual sebelumnya

o Menggunakan IUD sebagai alat kontrasepsi

o Douching (pencucian vagina dengan menyemprotkan cairan khusus atau air kedalam saluran vagina)

Tanda dan ciri radang panggul akan mudah ditemukan pada orang-orang yang memiliki riwayat tersebut dan bahkan mungkin akan meningkatkan adanya risiko yang lebih berbahaya untuk setiap kondisi-kondisinya. Infeksi yang menyebabkan penyakit radang panggul (PID) pada wanita yang tidak diobati tentunya dapat menimbulkan bahaya dan komplikasi yang bisa bersifat permanen misalnya:

o Rasa sakit yang berkelanjutan dan dalam jangka panjang

o Infertilitas atau kemandulan yang menjadikan Anda sulit untuk hamil

o Kehamilan ektopik atau kehamilan yang terjadi pada saluran tuba fallopi

o Abses tubo-ovarium, yang mana infeksi tersebut dapat menyebabkan adanya penumpukan abses (nanah) pada ovarium dan tuba fallopi

o Jaringan parut didalam perut

Gejala dan bahaya radang panggul dapat berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, dan akan semakin besar kemungkinan Anda untuk mengalami masalah yang membahayakan tubuh. Pemeriksaan dan pengobatan memang menjadi pilihan utama bagi setiap wanita yang memiliki keluhan atau gejala radang panggul.

Periksakan Keluhan Keputihan Anda Untuk Menghindari Radang Panggul

Keputihan yang disertai dengan perubahan pada warna, bentuk atau tekstur, jumlah, dan juga waktu berlangsungnya keputihan tersebut memang harus menjadi perhatian lebih bagi seorang wanita. Jika disertai dengan bau, gatal, dan rasa nyeri atau sakit tentu Anda perlu mengkhawatirkan kondisinya sebagai salah satu ciri radang panggul.

Yang mana ciri radang panggul yang paling utama adalah ketika seorang wanita memiliki keputihan abnormal dengan warna yang lebih mengarah kecoklatan atau bercak darah meskipun tidak dalam masa menstruasi dan berlangsung hingga sebulan penuh atau mungkin lebih. Konsultasikan setiap keluhan organ reproduksi Anda, khususnya wanita dengan penyedia kesehatan atau dokter yang tepat agar Anda juga bisa mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai dengan keluhan.

Saat ini telah tersedia beberapa pilihan pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis sebuah keluhan secara pasti, sehingga Anda tidak perlu merasa takut atau khawatir untuk melakukan konsultasi mengenai keluhan keputihan Anda dengan penyedia kesehatan. Klinik Utama Gracia adalah penyedia layanan kesehatan terbaik yang menangani secara khusus setiap keluhan ginekologi dan andrologi.

Konsultasi dan reservasi mudah melalui chat online kami atau hubungi segera dokter kami di nomor 081336361555 untuk informasi secara langsung dari dokter kami.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh Pinggang Kanan Sakit Pada Wanita

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan