• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Apa Saja Ciri Ciri Herpes?

Apa Saja Ciri Ciri Herpes?
Nilai Rata-rata: 9.3 / 10 (3 orang penilai )

ciri ciri herpes

Ciri ciri herpes yang pertama adalah rasa sakit, seperti sensasi terbakar pada kulit atau rasa seperti ditusuk benda tajam. Pada bagian yang terkena juga kadang muncul ciri ciri herpes lainnya seperti rasa gatal dan mati rasa. Herpes merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus anggota famili hepertoviridae. Ada dua jenis penyakit herpes, yaitu herpes zoster dan herpes simplex.

Herpes zoster atau disebut juga cacar ular disebabkan oleh virus varicella zoster, herpes ini hanya menyerang pada satu sisi tubuh. Herpes zoster tidak menular, anda dapat terinfeksi virus varicella zoster jika anda belum pernah terkena penyakit cacar air, dan kontak langsung dengan penderita herpes zoster.

Sedangkan herpes simplex atau disebut juga herpes kelamin, karena menyerang pada daerah genital disebabkan oleh herpes simplex virus 1 (HSV-1) dan herpes simplex virus 2 (HSV-2). Herpes genital adalah salah satu dari penyakit menular seksual. Virus HSV-1 dan HSV-2 sangat cepat menular dan penularan umum nya ditularkan melalui kontak seksual (oral,vagina, dan anal).

Ciri ciri herpes yang umum adalah muncul nya ruam merah pada tubuh dan bintik bintik atau gelembung kecil yang berkelompok, namun beberapa kasus herpes, pengidap hanya merasakan nyeri tanpa disertai ruam.

Beberapa gejala umum yang dapat dikenal sebagai ciri ciri herpes diantaranya adalah demam, sakit kepala, sensitif terhadap cahaya, lelah dan tidak enak badan. Gejala herpes genital yang muncul pertama kali adalah luka melepuh kemerahan dan rasa sakit pada daerah sekitar genital, luka biasanya pecah dan menjadi luka terbuka.

chat

Beberapa gejala infeksi HSV genital dapat terjadi pada pria atau wanita:

  • Luka lecet, atau kemerahan di sekitar alat kelamin anda tanpa rasa sakit, gatal , atau kesemutan.
  • Gatal atau kesemutan di sekitar alat kelamin atau daerah anus anda.
  • Lepuh kecil yang pecah dan menyebabkan luka yang menyakitkan. Ini terjadi  pada atau sekitar alat kelamin atau pantat, paha, atau daerah dubur anda. Lecet dapat terjadi di dalam uretra, tapi jarang terjadi.
  • Nyeri saat buang air kecil - ini terutama masalah pada wanita.
  • Sakit kepala.
  • Sakit punggung.
  • Seperti gejala flu, termasuk demam, pembengkakan kelenjar getah bening , dan kelelahan.

Tidak ada obat untuk penyakit herpes genital, obat digunakan hanya untuk mengendalikan gejala yang muncul. Beberapa obat yang sering digunakan seperti valaksiklovir, famsiklovir, dan asiklovir. 

Gejala herpes bersifat kambuhan, infeksi HSV bisa kambuh 4-5 kali dalam waktu satu tahun. Biasanya gejala kambuh datang pada saat stres emosional atau saat sistem kekebalan tubuh sedang menurun. Gejala pemicu meliputi :

  • Kelelahan
  • Penyakit
  • Hubungan seksual
  • Haid
  • Stress
  • Operasi
  • Trauma

Jika anda mengalami gejala herpes seperti yang dijelaskan di atas, segera datang ke Klinik Utama Gracia, untuk berkonsultasi dengan dokter kami agar mendapat penanganan atau pengobatan yang tepat, dan juga untuk mencegah infeksi menular ke orang lain. Atau anda bisa berkonsultasi secara gratis dengan konsultan medis kami mengenai masalah herpes anda dengan mengklik tombol di bawah ini.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan