• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita? Ini Jawabannya

Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita? Ini Jawabannya
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )

Apa penyebab keputihan pada wanita? Keluarnya cairan yang dihasilkan kelenjar vagina ini disebut juga sebagai keputihan, walaupun sebenarnya warna cairan yang keluar pun bukan berwarna putih. Meskipun keputihan yang terjadi pada wanita ini dikatakan wajar, namun seringkali para wanita merasa khawatir dan juga panik. Padahal tidak ada yang perlu dikhawatirkan bila keputihan yang terjadi tidak berwarna atau bening, tidak berbau dan juga tidak membuat gatal area kewanitaan.

Yang harus dikhawatirkan sebenarnya adalah jika keputihan yang terjadi bukanlah keputihan normal, melainkan keputihan abnormal atau biasa disebut penyakit keputihan. Keputihan ini akan terjadi dengan ciri memiliki warna tertentu seperti hijau, kuning, abu-abu, coklat, ataupun putih, berbau tidak sedap, dan akan membuat gatal atau nyeri pada area di sekitar vagina. Tapi apa penyebab keputihan pada wanita tersebut sehingga dapat terjadi keputihan abnormal?

1. Infeksi Bakteri

Adanya infeksi bakteri yang terjadi, dapat membuat keseimbangan mikroorganisme pada area kewanitaan menjadi rusak, yang akhirnya membuat produksi cairan menjadi berlebihan dan abnormal. Bukan hanya terjadi secara berlebihan, namun keputihan karena infeksi bakteri ini akan menyebabkan munculnya gejala seperti berwarna keputihan atau keabuan, berbau amis, encer, dan juga menyebabkan gatal.

2. Infeksi Jamur

Kelembaban area kewanitaan yang kurang terjaga, akan menyebabkan mudahnya jamur untuk tumbuh. Bila hal ini terjadi, maka area kewanitaan dapat terinfeksi jamur, dan mengalami keputihan abnormal. Gejala yang akan terjadi adalah keputihan berwarna putih susu, kental, berbau menyengat, dan juga gatal.

chat

3. Infeksi Parasit

Salah satu penyakit menular seksual yang dapat terjadi pada pria dan wanita, yang disebabkan karena adanya infeksi parasit pada area kelamin adalah trikomoniasis. Karena merupakan penyakit menular seksual, sehingga penularan parasit dapat terjadi ketika melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang memiliki parasit ini. Pada wanita, gejala yang akan terjadi yaitu keputihan abnormal yang berwarna kekuningan kehijauan, berlebihan, berbusa, gatal, terasa panas atau nyeri pada area vagina, dan juga sering buang air kecil.

4. Infeksi Virus

Untuk menjawab pertanyaan apa penyebab keputihan pada wanita berikutnya adalah keputihan yang disebabkan oleh infeksi virus. Seperti yang terjadi ketika seseorang terinfeksi virus HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks pada wanita. Umumnya wanita akan mengalami keputihan secara terus menerus dengan warna keputihan yang kecoklatan.

Beberapa penjelasan di atas pastinya sudah dapat menjawab pertanyaan apa penyebab keputihan pada wanita. Walaupun begitu, Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab keputihan yang Anda alami. Dengan begitu penanganan dapat dilakukan secara tepat.

Anda dapat memeriksakan diri ke Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan solusi yang tepat terkait permasalahan keputihan yang Anda alami. Atau konsultasikan terlebih dulu gejala yang Anda alami pada staf medis Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting online.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan