• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Apa Penyakit Sipilis? Seberapa Menular Dan Berbahaya

Apa Penyakit Sipilis? Seberapa Menular Dan Berbahaya
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (1 orang penilai )



Apa penyakit sipilis dapat terjadi jika seseorang melakukan hubungan seksual dengan siapa saja? Atau bagaimana jika penyakit sipilis tersebut tidak diobati? Secara penyebab keluhan sipilis muncul akibat infeksi dari bakteri treponema pallidum, jenis spirochete yang tidak bisa bertahan lama diluar tubuh manusia dan akan memasuki tubuh melalui selaput lendir atau kontak kulit ke kulit.

Transmisi Atau Penyebaran Bakteri Sipilis

Apa penyakit sipilis menyebar dengan mudah? Bakteri tersebut dapat dengan cepat mencapai kelenjar getah bening dalam beberapa waktu dan akan dengan cepat dapat menyebar keseluruh tubuh. Sehingga setiap jenis kontak seksual dapat menjadi media utama perpindahan bakteri dari satu orang ke orang lainnya. Selain itu Anda mungkin mendapatkan transmisi bakteri dari adanya kontak seperti:

o Kontak langsung dengan luka sifilis pada kulit (biasanya luka ditemukan di vagina, anus, rektum, di mulut, atau di bibir)

o Melakukan hubungan seksual (vaginal, anal, atau oral) dengan orang yang terinfeksi

o Seorang ibu yang terinfeksi menularkan sifilis ke anaknya yang belum lahir salama masa kehamilannya

o Transmisi darah yang terinfeksi sipilis (jarang ditemukan)

Apa penyakit sipilis tidak menyebar melalui kontak biasa seperti berbagi makanan, minuman, ataupun berpegangan tangan? Tentu tidak, namun ada kemungkinan sifilis menyebar dari ciuman yang berkepanjangan maupun kontak secara tidak langsung dengan area luka sipilis (chancre). Anda mungkin akan merasakan beberapa kemungkinan gejala ketika infeksi tersebut masuk kedalam tubuh dan mulai menyebar atau merusak sistem tubuh Anda secara perlahan.

Baca Juga: Inilah Tanda Tanda Terkena Sipilis, Coba Perhatikan!

chat

Siapa Yang Rentan Terhadap Infeksi Sipilis?

o Mereka yang melakukan hubungan seksual berganti pasangan atau memiliki lebih dari satu pasangan seksual

o Pria yang berhubungan seksual dengan pria (gay atau homo)

o Mereka yang menderita HIV atau penyakit sistem kekebalan yang ditekan atau lemah

o Bayi yang belum lahir dari ibu yang positif sipilis

o Memiliki riwayat penyakit menular seksual (PMS) sebelumnya

Periode Bahaya Dari Infeksi Sipilis

Masa inkubasi (waktu antara masuknya infeksi awal hingga pengembangan gejalanya) biasanya kondisi ini dapat berlangsung antara 10 sampai 90 hari dari kontak hingga munculnya sebuah luka sipilis atau chancre. Dimana periode pada tahap primer dan sekunder adalah periode yang paling berbahaya dan dapat dengan mudah menular dari satu orang ke orang lainnya.

Tanpa pengobatan, infeksi penyakit sipilis dapat menyebabkan:

o Penyakit jantung

o Gangguan saraf

o Kerusakan otak

o Cacat mental

o Kebutaan dan tuli

o Aneurisma aorta

Komplikasi ini berkembang selama bertahun-tahun dan tidak jarang jika terlambat diobati, maka penyakit ini juga dapat menyebabkan kematian sebagai efek terburuk dari adanya infeksi bakteri tersebut. Apa penyakit sipilis dapat diobati? Tentu Anda dapat mengobati dan menyembuhkannya secara tuntas ditahap awal, tahap dimana penyakit sipilis juga berbahaya dan mudah menular.

Tanyakan Kondisi Anda Dengan Skrining

Skrining adalah jenis pemeriksaan yang dapat Anda lakukan untuk mendeteksi sebuah penyakit atau infeksi. Apa penyakit sipilis dapat dideteksi? Untuk penyakit seperti sipilis atau penyakit menular seksual (PMS) lain skrining sangat dianjurkan, selain itu skrining juga bisa dilakukan bagi Anda yang memiliki:

o Riwayat kontak seksual secara aktif

o Melakukan praktik seksual yang berisiko

o Ibu hamil

Skrining juga bisa dilakukan bahkan ketika Anda tidak memiliki gejala apapun yang terlihat, karena terkadang Anda mungkin tidak akan mengetahui jika adanya sebuah infeksi. Segera kunjungi dokter atau klinik khusus genital untuk tahu tentang kondisi kesehatan organ reproduksi Anda atau pasangan, guna menghindari adanya infeksi atau apa penyakit sipilis menginfeksi tanpa Anda sadari.

Klinik Utama Gracia membantu Anda mengatasi setiap keluhan genital secara medis. Klik layanan chat dokter kami dibawah ini atau telepon di nomor 081336361555 untuk informasi kesehatan yang Anda butuhkan dan coba konsultasi online atau konsultasi langsung sekarang!

Baca Juga: Jika Menggunakan Kondom Apakah Sipilis Menular?

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan