• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Apa Pengobatan Gonore Yang Dianjurkan?

Apa Pengobatan Gonore Yang Dianjurkan?
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (2 orang penilai )



Pengobatan Gonore penting untuk pria dan wanita, karena ketika Anda mendapat diagnosa penyakit gonore berarti Anda telah mendapatkan infeksi menular seksual. Gonore atau kencing nanah adalah jenis penyakit menular seksual (PMS) yang cukup umum diderita oleh setiap orang dengan riwayat seksual aktif. Bagaimana cara tahu Anda terinfeksi dan sejauh mana Anda mengetahui tentang infeksi penyakit gonore?

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang apa yang Anda ketahui tentang penyakit gonore dan juga bagaimana pengobatan gonore harus dilakukan. Hal ini perlu dilakukan karena masih banyak orang yang memiliki anggapan keliru pada jenis penyakit ini. Dan tentunya jika akan terus berlangsung dalam jangka panjang maka penyakit gonore dapat menyebabkan kondisi yang fatal baik pada pria maupun wanita.

Pada setiap kasus infeksi penyakit gonore ini disebabkan oleh jenis bakteri dengan nama neisseria gonorrhoeae. Yang mana jenis bakteri ini akan mudah ditemukan pada area saluran uretra sebagai jalan masuk menuju area organ reproduksi bagian dalam. Menjadi bagian dari penyakit menular seksual (PMS), maka bisa diartikan bahwa segala bentuk aktifitas seksual baik vaginal, oral, maupun anal menjadi sarana utama perpindahan bakteri tersebut.

Penyakit Gonore Menurut Anda

Seberapa tahu Anda mengenai penyakit gonore atau kencing nanah? Banyak orang indonesia yang menganggap bahwa penyakit gonore adalah sifilis. Yang pada kenyataannya adalah kedua penyakit tersebut sangat berbeda. Hal ini terjadi karena sifilis jauh lebih familiar atau lebih dikenal sejak dulu sebagai penyakit seksual, sedangkan kata gonore tidak banyak digunakan.

Secara gejala, kedua jenis penyakit tersebut juga memiliki perbedaan meskipun sama-sama menjadi bagian dari penyakit menular seksual (PMS) yang berbahaya. Gejala pada penyakit gonore biasanya akan seperti:

o Sakit atau nyeri dengan sensasi terbakar saat buang air kecil (BAK)

o Intensitas buang air kecil yang lebih sering terjadi atau seperti tidak tuntas saat berkemih

o Keluarnya kotoran atau sekresi pada kepala penis berwarna kuning kehijauan seperti nanah

o Pada wanita biasanya akan ada keluhan keputihan dengan warna kuning kehijauan (nanah) atau lebih pekat

o Demam atau gejala seperti flu

o Pembengkakan, kemerahan, atau iritasi pada area kepala penis maupun bibir vagina

selain kondisi gejala yang ada pada bagian alat kelamin, seseorang yang terinfeksi dengan bakteri gonore juga dapat memiliki gejala pada bagian tubuh lain misalnya pada:

o Tenggorokan atau oral

Gejala pada tenggorokan dapat terjadi ketika Anda juga mendapatkan infeksinya melalui kontak oral. Sakit tenggorokan, gatal, kesulitan menelan, hingga pembengkakan kelanjar getah bening dapat terjadi pada infeksi penyakit gonore pada tenggorokan atau mulut.

o Mata

Untuk infeksi bakteri penyebab gonore yang terjadi pada mata biasanya akan lebih sering ditemukan pada seorang bayi yang lahir dari ibu dengan infeksi gonore. Namun, terkadang kontak tidak langsung pada area infeksi yang berpindah dari tangan menuju mata juga bisa terjadi. dan biasanya akan mengakibatkan gejala seperti sakit mata, kemerahan, kepekaan terhadap cahaya, dan juga kotoran mata yang menyerupai nanah.

o Anus atau dubur

Kontak seksual yang dilakukan secara anal dengan seseorang yang terinfeksi bakteri gonore akan menyebabkan adanya gejala pada area anus atau dubur seperti rasa gatal, perdarahan saat buang air besar, rasa nyeri atau sakit yang tidak biasa, adanya pengeluaran feses yang bercampur dengan abses.

Gejala-gejala tersebut akan terjadi saat Anda terinfeksi dengan bakteri penyebab gonore atau kencing nanah. Dan akan berbeda gejalanya jika Anda mendapatkan infeksi penyakit sifilis, dimana secara umum gejala penyakit sifilis lebih didominasi dengan munculnya luka. Mulai saat ini Anda juga harus memperhatikan dan mengerti gejala apa yang Anda rasakan atau muncul pada area genital sejak awal serta segera lakukan pemeriksaan atau konsultasi untuk antisipasi.

Baca Juga: Efek Kencing Nanah Pada Organ Genital

chat

Perlunya Pemeriksaan Dan Pengobatan Gonore

Setiap pengobatan gonore akan dilakukan sesuai dengan kondisi dan juga tingkat keparahan dari infeksinya, sehingga Anda mungkin akan mendapatkan pengobatan gonore yang berbeda-beda untuk setiap orang meskipun memiliki gejala dan diagnosis keluhan yang sama. Lalu apa saja pemeriksaan yang akan dilakukan untuk mendiagnosis penyakit gonore?

o Pengambilan sampel dengan swab

Pengambilan sampel dengan swab uretra, ano-rectal swab, atau swab vagina adalah metode yang sering dilakukan untuk menentukan bakteri dari penyebab keluhan dengan mengambil beberapa sampel cairan atau sekresi pada area yang terinfeksi.

o Kultur bakteri

Kultur atau budidaya bakteri juga menjadi salah satu cara pemeriksaan mikroorganisme dengan akurasi budidaya yang tergantung pada kondisi inkubasi dari bakteri tersebut. ini juga berguna untuk menentukan jenis pengobatan gonore yang tepat untuk kondisi Anda nantinya.

o Tes molekuler atau tes PCR

tes molekuler atau PCR (polymerase chain reaction) biasanya akan disarankan untuk orang-orang yang mungkin sudah tidak memiliki gejala signifikan namun masih tetap terinfeksi bakteri tersebut. Sehingga dokter Anda mungkin akan lebih menyarankan untuk melakukan pemeriksaan mikroskopik ini.

Antibiotik Untuk Pengobatan Gonore

Tes dan uji yang telah Anda lakukan juga dapat menentukan pengobatan gonore apa yang tepat untuk kondisi Anda. Cara pengobatan yang paling umum atau sering dianjurkan oleh dokter tentunya adalah mengambil pengobatan gonore dengan antibiotik. Dimana antibiotik merupakan salah satu jenis obat yang dapat mengurangi perkembangan bakteri penyebab gonore serta dapat dengan mudah untuk mengurangi gejala dari penyakitnya.

Namun bakteri gonore saat ini telah semakin mengembangkan dirinya terhadap beberapa jenis obat antibiotik, dan akan semakin bertambah parah jika Anda mendapatkan obat antibiotik tersebut tanpa adanya resep atau anjuran dari dokter dengan melakukan pemeriksaan. Bahaya resistensi terhadap obat antibiotik dapat mudah terjadi dan akan mempersulit pengobatan gonore yang akan dilakukan oleh dokter Anda.

Saat kondisi resistensi tersebut terjadi pada Anda yang berarti bahwa bakteri sudah tidak dapat merespon jenis obat-obatan dengan baik, maka perkembangannya juga akan semakin cepat dan sulit untuk dikendalikan. Dengan kata lain Anda mungkin akan disarankan untuk melakukan metode pengobatan gonore lain yang lebih sesuai.

Pengobatan gonore yang paling baik untuk dilakukan adalah ketika Anda melakukan sebuah pemeriksaan beserta konsultasi secara langsung, dengan dokter atau tenaga medis yang memang telah berkompeten untuk mengatasi penyakit gonore atau kencing nanah. Karena pemeriksaan yang tepat akan menentukan tingkat keberhasilan dari pengobatan gonore yang Anda lakukan.

Klinik Utama Gracia akan memberikan pengobatan gonore secara lebih efektif dan tepat dengan melihat setiap kondisi Anda. Menggunakan sistem yang modern, serta peralatan medis canggih, dan ditunjang dengan para dokter yang profesional adalah beberapa keunggulan dari klinik kami. Jadi, Anda akan lebih leluasa untuk melakukan konsultasi dengan kami melalui layanan chat online atau kontak kami di nomor 081336361555 untuk kemudahan Anda.

Baca Juga: Ciri Ciri Gonore Yang Mudah Dikenali Pada Pria Dan Wanita

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan