• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Apa Obat Kutil Kelamin Wanita?

Apa Obat Kutil Kelamin Wanita?
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (1 orang penilai )

Para wanita seringkali mengalami penyakit menular seksual kutil kelamin. Walaupun penyakit ini juga bisa dialami pria, namun para wanita adalah yang paling rentan mengalaminya. Timbulnya rasa tidak nyaman karena kemunculan kutil, mengharuskan Anda untuk mengetahui obat kutil kelamin wanita yang akan dibahas di dalam artikel ini.

Penyakit yang juga dikenal dengan nama kondiloma akuminata ini akan memiliki ciri-ciri seperti munculnya kutil pada bagian alat kelamin, dan area sekitarnya, seperti vulva, anus, bagian antara kelamin dan anus, serviks ataupun di paha atas, kutil akan berisi daging, kemunculannya akan menyebabkan bengkak dan juga gatal, dan bisa terjadi pendarahan saat melakukan hubungan seksual.

Kutil yang muncul pada alat kelamin akan terlihat seperti jengger ayam, dan permukaan kutil menyerupai kembang kol. Kemunculan penyakit ini dikarenakan adanya infeksi human papillomavirus. Virus ini bukan hanya bisa membuat terjadinya kutil kelamin, namun juga menyebabkan terjadinya kanker.

Hal inilah yang membedakan cara mendiagnosis pada penderita pria dan wanita akan berbeda. Karena ada kemungkinan jenis human papillomavirus yang menyebabkan kanker juga menginfeksi tubuh. Walaupun begitu, obat kutil kelamin wanita memang tidak berbeda dengan obat yang diberikan pada penderita pria. Berikut penjelasannya.

Mendiagnosis Kutil Kelamin

Pengobatan yang diberikan untuk menghilangkan kutil kelamin, harus didahului dengan dilakukannya pemeriksaan oleh dokter. Pemeriksaan ini dilakukan agar didapatkan diagnosis yang tepat, sehingga pengobatan yang dilakukan bisa tepat sasaran.

chat

Pemeriksaan oleh dokter akan dilakukan dengan pemeriksaan biasa terlebih dulu. Kutil yang tumbuh di permukaan kelamin akan dapat dengan mudah terlihat saat pemeriksaan biasa. Namun jika kutil tumbuh pada bagian dalam kelamin, maka pemeriksaan lain akan dilakukan. Pemeriksaan lain bisa meliputi pemeriksaan panggul, ataupun pemeriksaan yang menggunakan proktoskop dan juga spekulum.

Berbeda halnya bila kutil belum terlihat atau belum muncul, namun dicurigai adanya kemungkinan Anda mengalami penyakit ini, maka dokter akan menggunakan cairan asam yang diterapkan pada area kelamin dan sekitarnya. Bagian kulit yang diterapkan cairan tersebut akan berubah menjadi putih sehingga kutil bisa terdeteksi.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa diagnosis yang dilakukan pada penderita wanita akan berbeda dari pria. Pemeriksaan lain yang akan dilakukan pada penderita kutil kelamin wanita adalah pemeriksaan pap smear. Pemeriksaan ini dilakukan agar mendeteksi kemungkinan infeksi human papillomavirus yang menyebabkan kanker, khususnya kanker serviks.

Pap smear akan membantu Anda mendeteksi kanker serviks lebih dini. Karena kebanyakan wanita baru mengetahui dirinya mengalami penyakit ganas ini ketika sudah memasuki stadium yang semakin parah dan sulit untuk ditangani lagi. Dengan pemeriksaan ini, penyakit pembunuh wanita nomor 1 ini bisa segera diatasi.

Obat Kutil Kelamin Wanita

Setelah diagnosis ditegakkan, maka dokter akan memberikan obat kutil kelamin wanita dengan obat topikal ataupun dengan dilakukan prosedur ablasi.

Obat topikal umumnya diberikan pada saat awal ditemukannya kutil, dan juga pada kondisi kutil yang belum terlalu menyebar. Obat ini dapat berbentuk krim, salep atau cairan. Kandungan asam kuat pada obat ini akan merusak jaringan kutil pada kelamin, kandungan lainnya juga akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh agar dapat melawan infeksi virus. Penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk pemakaian, karena obat topikal cenderung merupakan cairan keras yang dapat merusak jaringan kulit normal bila salah menggunakannya.

Bila penanganan dengan obat tidak membuat perubahan, ataupun kondisi kutil yang Anda alami sudah menyebar, umumnya dokter akan melakukan prosedur ablasi seperti eksisi, kriyotherapi, bedah listrik ataupun bedah laser, tergantung keperluan perawatan.

Ada baiknya konsultasikan permasalahan Anda pada dokter atau staf medis Klinik Utama Gracia agar Anda bisa segera mendapatkan penanganan.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan