• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Apa Itu Vaginitis ?

Vaginitis | Terlengkap Tentang Apa Itu Vaginitis
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (6 orang penilai )

Vaginitis

Vaginitis

Vaginitis adalah suatu peradangan yang terjadi pada vagina. Beberapa kelompok heterogen atau mikroflora yang mengganggu di vagina, kelompok heterogen tersebut adalah bakteri. Ketika kelompok heterogen atau mikroflora menyerang vagina, maka akan muncul adanya infeksi serta peradangan. Gejala yang terjadi jika terdiagnosa vaginitis adalah muncul adanya keputihan dengan volume keputihan lebih banyak dari biasanya, muncul adanya bau yang menyengat dari daerah vagina, gatal-gatal yang mengakibatkan anda merasa kurang nyaman saat beraktivitas. Yang umum terjadidi ginekologi adalah vaginitis. 
Proses terjadinya peradangan pada vagina.

Peradangan akan terjadi apabila, kelompok heterogen atau mikroflora lebih jelasnya yaitu bakteri bertemu dengan pertahanan yang tinggi, serta pH vagina yang tinggi. Ketika terjadi keputihan, anda tidak perlu khawatir karean, keputihan yang muncul tidak semuanya menimbulkan peradangan pada vagina. Disebut keputihan yang menimbulkan peradangan, yaitu keputihan dengan volume lebih dari biasanya, memiliki karakteristik berwarna kekuningan, kehijauan, serta bau. Teatpi jika genitalia anda tidak terjadi peradangan, maka yang terjadi keputihan tidak akan keluar dari rongga mulut vagina, dia hanya sedikit menempel dan tidak berbau ataupun berwarna.
Menurut spesialis ginekologi klinik utama gracia, bahwa apabila vagina dalam keadaan normal, maka pH vagina berkisar antar 3,8 dan 4,2. pH yang normal akan membantu vagina, terhindar peradangan ataupun infeksi. Ketika pathogen banyak yang muncul divagina, maka bisa dilawan dengan pH tinggi pada vagina. Adapun penyebab peradangan yang paling umum dikemukakan oleh ahli ginkologi klinik utama gracia adalah jamur candida albicans, parasite trichomonas, serta bakteri gardnerella vaginalis.

Jika bakteri dalam vagina sudah berkembang, maka yang akan terjadi apabila tidak diobati akan terjadi komplikasi. Segeralah untuk menjaga bagian genitalia nda, sedini mungkin atau silahkan kunjungi web kami dan konsultasikan masalah anda.

 

apa itu vaginitis

Klinik Utama Gracia Indonesia

Pengobatan Vaginitis

Ada beberapa obat yang bisa dikonsumsi untuk menghilangkan bakteri pada vagina anda, agar tidak terjadi peradangan. Akan tetapi yang perlu anda ingat, anda harus melakukan konsultasi ke speialis ginekologi terlebih dahulu sebelum anda menkonsumsi obat. Bakteri akan mati atau hilang apabila anda mengkonsumsi salah satu agen kandungan obat yaitu berupa metronidazole. Jika terjadi komplikasi bakteri pada daerah vagina anda, maka penggunaan antibiotic seperti kandungan mitrodinazole tidak akan sembuh, bahkan akan berulang. Sebaiknya melakukan konsultasi dengan spesialis ginekologi agar dilakukan terapi yang lebih baik lagi. Yang perlu anda ingat bahwa penyakit vaginitis adalah karena iritasi dan alergi, tidak akan menular. Untuk menghilangkan infeksi tersebut seperti yang dijelaskan tadi, bahwa menggunakan antibiotic serta obat dengan kandungan kortikosteroid topical ( salep) jika dibutuhkan.

Tips menjaga kebersihan daerah Vagina anda, menurut spesialis ginekologi klinik utama gracia:

1. Gunakan celana dalam berbahan katun, serta hindari penggunaan celana ketat.

2. Cuci dengan air bersih serta keringkan vagina anda sesering mungkin, jangan gunakan sabun yang kasar atau memakai produk pembersih yang tidak disarankan oleh dokter spesialis anda. Vaginal doutch tidak dianjurkan untuk digunakan, karena dapat mengubah Ph vagina

3. Jangan memakai kain lap yang kasar atau tissue kassar yang dapat menyebabkan iritasi di bagian vagina anda.

4. Saat melakukan hubungan suami istri, pastikan pasangan anda dalam keadaan bersih bagian genitalianya, karena jika tidak dalam keadaan bersih maka yang dirasakan ketika berhubungan muncul adanya gesekan yang memicu adanya peradanagn atau luka

5. Gunakanlah pelican atau jelly  pada saat berhubungan, itu sangat membantu pada saat gesekan tidak terasa kering.

Sekilas yang bisa kami berikan info untuk anda tentang vaginitis, semoga bermanfaat. Jaga daerah vagina anda, agar jauh dari infeksi atau peradangan.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan