• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Apa Itu Sipilis? Apakah Penyakit Yang Berbahaya?

Apa Itu Sipilis? Apakah Penyakit Yang Berbahaya?
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (2 orang penilai )



Apa itu sipilis dan apa yang Anda ketahui tentang penyakit sipilis? Penyakit sipilis adalah penyakit yang ditandai dengan munculnya sebuah luka atau yang disebut dengan chancre pada area genital. Sipilis termasuk dalam penyakit menular seksual (PMS) yang bisa didapatkan oleh setiap pria dan wanita dengan riwayat seksual aktif.

Apa yang menyebabkan Anda bisa berpotensi untuk mendapatkan keluhan penyakit sipilis, berikut adalah beberapa kemungkinan potensi atau risiko :

• Kontak kulit ke kulit dengan seseeorang yang memiliki infeksi.
• Sering berganti pasangan seksual.
• Praktik seksual yang berisiko baik vaginal, anal, maupun oral.
• Menyentuh bahkan berada terlalu dekat dengan luka sipilis seseorang.
• Seorang bayi yang dilahirkan dari ibu dengan infeksi.

Beberapa diantaranya mungkin tidak akan menyadari secara langsung jika dirinya mendapatkan infeksi ketika keluhan penyakit sipilis muncul. Perlu Anda ketahui jika penyakit sipilis sangat mudah diberikan kepada orang lain pada tahap awak, yaitu dimana terdapat luka yang muncul pada area sekitar alat kelamin Anda.

Apa Itu Sipilis Dan Yang Menyebabkan Penyakit Tersebut

Infeksi dari bakteri treponema pallidum adalah yang menjadi dasar untuk infeksi penyakit sipilis tersebut. Dalam kondisi tertentu penyakit sipilis akan jauh lebih menantang untuk didiagnosis dan diobati, hal ini disebabkan oleh kondisi yang mungkin lebih kompleks secara fisik dimana seseorang bisa saja tidak mendapatkan tanda dan gejala yang apapun sehingga tidak mudah untuk ditemukannya tanda adanya penyakit sipilis.

Jangan biarkan kondisi ini terus berlanjut hingga menimbulkan adanya keluhan lain didalam organ reproduksi Anda. Sipilis juga termasuk dalam penyakit yang memiliki tahapan disetiap gejala yang ditimbulkannya, hal ini karena kondisi yang terjadi dalam sebuah tahapan tentu akan memiliki gejalanya yang berbeda. Beberapa tahapan beserta gejalanya bisa termasuk seperti :

Baca Juga : Hati-Hati Bahaya Penyakit Sipilis Mengintai Anda

chat

• Sipilis primer atau sipilis tahap I

Gejala awal dengan munculnya luka pada area genital (chancre), namun luka bulat yang telihat tersebut akan memiliki batang garis tegas dengan area lain. Selain itu Anda juga tidak merasakan sakit atau nyeri pada area luka bahkan ketika Anda menyentuhnya juga akan terasa tulang yang lunak.

• Sipilis sekunder atau sipilis tahap II

Setelah luka ditahap awal hilang dengan atau tanpa pengobatan yang Anda lakukan, dalam beberapa waktu Anda juga bisa mengembangkan gejala lebih lanjut dengan munculnya ruam kemerahan pada seluruh area tubuh namun tidak disertai dengan rasa gatal ataupun juga rasa sakit.

• Sipilis tersier atau sipilis tahap akhir

Tahap dimana gejalanya tersembunyi dan bisa dianggap terlambat untuk ditangani karena infeksi bakteri yang sudah merusak sistem organ-organ vital didalam tubuh Anda. Dalam tahap ini seseorang mungkin akan mengembangkan kondisinya dalam jangka waktu yang lebih lama dan bisa menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa.

Menyembuhkan Penyakit Sipilis Dengan Tepat

Bagaimana menyembuhkan penyakti sipilis dan apa itu sipilis menurut Anda? Terkadang banyak orang yang salah beranggapan bahwa penyakit sipilis dicirikan dengan keluarnya cairan kuning kehijauan pada area alat kelaminnya. Akan tetapi kondisi tersebut merupakan gejala dari adanya infeksi bakteri gonore atau kencing nanah, dan tentu keduanya adalah penyakit yang berbeda meskipun sama-sama termasuk dalam infeksi menular seksual (PMS).

Dalam tahap awal infeksi penyakit sipilis, seseorang akan mudah untuk menularkan infeksinya namun sebaliknya pada tahap ini juga Anda masih mudah untuk disembuhkan. Anda akan dituntut untuk melakukan pemeriksaan dan juga pengobatan untuk menghindari gejala dan bahaya yang terus berlanjut dan meluas dalam tubuh.

Lakukan beberapa hal berikut untuk menghindari bahaya dan risiko penyebaran infeksi bakteri penyebab keluhan penyakit sipilis seperti :

• Tidak melakukan kontak seksual yang berisiko dan tidak aman
• Bersifat monogami (hanya memiliki satu pasangan seksual)
• Lakukan skrining atau tes untuk penyakit menular seksual (PMS) lainnya
• Diskusikan atau beritahu pasangan Anda jika memiliki riwayat penyakit menular seksual (PMS) atau kondisi medis lainnya.

Tes dan pengujian akan sangat membantu Anda dan juga dokter dalam jalannya proses pengobatan yang dilakukan. Dengan melakukan tes atau skrining kesehatan selain Anda bisa mengetahui apa itu sipilis, Anda juga bisa mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh dan Anda juga bisa mempraktikan tindakan dan langkah yang tepat.

Klinik Utama Gracia, pelayanan kesehatan khusus untuk area organ reproduksi baik pria maupun wanita yang membutuhkan penanganan khusus secara medis untuk keluhan penyakit menular seksual (PMS), andrologi, ginekologi, disfungsi seksual dan juga keluhan pada organ reproduksi lainnya. pelayanan terbaik untuk setiap keluhan demi kesembuhan Anda.

Konsultasikan keluhan Anda sesegera mungkin untuk menghindari adanya bahaya yang lebih serius bagi kondisi kesehatan dan juga bahaya adanya gangguan fungsi seksual akibat adanya infeksi. Jangan biarkan keluhan dengan membeiarkannya tanpa ada pengobatan yang dilakukan. Segera hubungi 081336361555 untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis ahli dan berkompeten dari klinik.

Baca Juga : Waspada, Ciri Ciri Penyakit Raja Singa Yang Mungkin Anda Alami

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan