• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Apa Itu Keputihan Normal Dan Abnormal?

Apa Itu Keputihan Normal Dan Abnormal?
Nilai Rata-rata: 7.6 / 10 (5 orang penilai )

apa itu keputihan

Cairan yang keluar dari vagina wanita yang biasa disebut keputihan memang terbilang wajar terjadi. Cairan ini paling sering terjadi sebelum menstruasi ataupun di saat wanita hamil. Namun bukan berarti keputihan itu semua normal, karena adapula keputihan yang sifatnya patologis atau abnormal. Lalu apa itu keputihan normal dan apa itu keputihan abnormal? Hal ini tentunya penting untuk diketahui oleh setiap wanita.

Apa Itu Keputihan Normal?

Keputihan akan dianggap wajar jika wanita mengalami keluarnya cairan yang jernih, tidak mengeluarkan bau dan juga tidak menyebabkan gatal. Biasanya keputihan normal akan sering terjadi saat wanita hamil, melakukan aktivitas seksual, akan menstruasi, dan juga ketika stres.

Apa Itu Keputihan Abnormal?

Keputihan abnormal atau disebut juga keputihan patologis merupakan keputihan yang disebabkan oleh infeksi dan juga non-infeksi. Penyebab non-infeksi ini berkaitan dengan benda asing yang berada di tubuh seperti alat kontrasepsi spiral ataupun adanya penyakit lain seperti kanker serviks. Sedangkan penyebab infeksi terdiri dari infeksi jamur, bakteri ataupun parasit.

Membedakan keputihan normal dan abnormal bisa dilakukan dengan merujuk pada warna, konsistensi, volume dan juga bau yang dikeluarkannya. Bisa juga dilihat dari adanya gejala yang akan terjadi sebelum, bersamaan, atau setelah keputihan keluar.

chat

Cara Membedakan Keputihan

1. Kondisi Keputihan

Membedakan penyebab dari keputihan bisa dilakukan dengan memperhatikan kondisi cairan dari vagina. Ketika infeksi bakteri terjadi, maka cairan yang keluar biasanya akan berwarna putih keabu-abuan dan homogen. Jumlahnya juga akan sangat banyak dan lengket sehingga akan mudah menempel di pakaian dalam Anda. Pada dinding vagina juga akan dipenuhi lapisan keputihan.

Jika yang terjadi adalah infeksi jamur, maka cairan akan lebih kental seperti keju atau seperti gumpalan susu. Warna akan cenderung putih kekuningan, walau yang keluar hanya sedikit dan jika sudah bertambah parah akan keluar sangat banyak. Sedangkan infeksi parasit akan menyebabkan keputihan berwarna kuning kehijauan, lengket, dan akan terus bertambah jumlahnya sedikit-sedikit setiap harinya. Seringkali juga terdapat buih di cairan tersebut.

2. Bau Keputihan

Keputihan yang normal umumnya tidak akan mengeluarkan bau, sedangkan keputihan abnormal atau patologis akan mengeluarkan bau yang khas. Keputihan akan berbau amis ketika terjadi karena adanya infeksi bakteri, sedangkan karena infeksi jamur keputihan seringkali tidak berbau. Keputihan karena infeksi parasit adalah keputihan yang akan mengeluarkan bau yang paling khas yaitu akan berbau busuk dan akan semakin parah saat wanita melakukan hubungan seksual.

3. Gejala Lain Yang Menyertai Keputihan

Penyebab keputihan juga bisa dilihat dari gejala yang akan menyertai keputihan. Gejala yang menyertai keputihan karena infeksi bakteri biasanya adalah munculnya rasa gatal, sehingga penderita akan menggaruk dan menyebabkan vagina memerah bahkan lecet. Ketika infeksi jamur terjadi, maka biasanya gejala penyertanya adalah muncul rasa panas di area vagina dan akan lebih parah jika terjadi pada wanita hamil karena pertumbuhan jamur akan semakin banyak akibat dari kondisi organ kewanitaan yang semakin lembab. Sedangkan keputihan karena infeksi parasit tidak akan menunjukkan gejala yang menyertai ketika masih dalam tahap awal. Namun memasuki tahap lanjut, biasanya gejala yang menyertai akan lebih kompleks seperti gatal, nyeri ketika buang air, dan juga nyeri ketika melakukan hubungan seksual.

Ketahui cara di atas untuk membedakan apakah yang Anda alami adalah keputihan normal atau abnormal. Jika merasakan keputihan abnormal, sebaiknya periksakan kondisi Anda pada dokter agar segera mendapat penanganan. Anda juga bisa berkonsultasi melalui layanan chatting Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan