• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Apa Itu Keputihan

Apa Itu Keputihan
Nilai Rata-rata: 9.8 / 10 (4 orang penilai )

 

apa itu keputihan

 

Apa Itu Keputihan

Keputihan adalah suatu permasalahan yang terjadi pada kebanyakan kaum perempuan / wanita di seluruh Dunia. Kebanyakan wanita awam malah banyak sekali yang tidak mengetahui apa itu keputihan. Seperti pengertian tentang keputihan dan gejala, penyebab dan cara mengatasi penyakit keputihan tersebut. Malah banyak juga di anatara kalangan wanita yang menjadikan keputihan adalah sebagai hal yang biasa atau enteng. Ingat jika keputihan tidak ditangani dengan baik dan benar penyakit keputihan bisa saja berakibat lebih dari itu nanti. Jadi jangan pernah menganggap enteng penyakit keputihan tersebut.

Keputihan pada wanita bisa saja sering terjadi saat wanita mengalami masa hamil, Hal tersebut di akibatkan adanya suatu perubahan hormone / hormonal yang terjadi. Salah satu efek yang terjadi dari adanya peningkatan hormonal tersebut yaitu adanya peningkatan produksi cairan yang meningkat serta diakibatkan juga oleh bagian intim wanita hamil yang sedang mengalami suatu penurunan keasamannya atau juga akibat dari kondisi pada pencernaan yang mengalami perubahan.  Pada hal tersebut bisa jadi meningkatnya resiko sering terjadinya keputihan yang bisa terjadi pada wanita ketika massa hamil. Apa lagi terutama keputihan yang disebabkan  adanya infeksi jamur.

Tipe – Tipe  Keputihan

keputihan adalah

Keputihan pada dasarnya dapat terbagi menjadi 2 tipe. Yaitu keputihan Patologis dan Fisiologis.

Tipe Keputihan Patologis

Tipe Keputihan patologis ini dapat disebut juga sebagai keputihan yang non atau tidak normal. Tipe keputihan patologis ini sudah bisa di katakana atau termasuk ke dalam jenis penyakit. Tipe Keputihan patologis dapat menyebabkan terjadinya efek dan hal-hal lain yang dapat  mengganggu kesehatan di area kewanitaan Anda. Keputihan patologis adalah akibat dari adanya infeksi yang mungkin akan mengakibatkan meningkatnya resiko pada bayi yaitu bayi mungkin dapat lahir secara prematur dan mungkin juga bayi yang lahir akan dapat terkena infeksi. Pada bayi yang mungkin terkena infeksi dapat beresiko atau mengalami gangngguan pada bagian pencernaan.

Tipe Keputihan Patologis memiliki tanda atau ciri sebagai berikut:

  • Jumlah cairan yang mungkin keluar bisa keluar lebih banyak.
  • Tipe Keputihan patologis ini dapat menyebabkan timbulnya rasa gatal
  • Cairannya memiliki sifat kental
  • Umumnya menyisakan seperti bercak-bercak yang dapat telihat pada pakaian dalam wanita
  • Cairan yang keluar dari dalam Vagina memiliki bau tidak sedap
  • Warna cairan yang keluar berwarna putih, atau kuning atau juga bisa berwarna hijau

Tipe Keputihan Fisiologis

Tipe Keputihan ini umumnya dapat terjadi pada saat masa subur wanita. Seperti saat sesudah atau juga sebelum menstruasi / Haid. Biasanya saat kondisi seperti ini sering terdapat cairan berlendir yang berlebih, sebenarnya itu adalah hal yang normal. Biasanya juga hal tersebut tidak menyebabkan timbulnya rasa gatal dan tidak berbau. Tipe Keputihan Fisiologis pada wanita yang sedang mengalami massa hamil tidak berpengaruh terhadap janin sang bayi secara langsung. Hal tersebut adalah karena adanya selaput ketuban yang bisa melindungi janin sang bayi.

Keputihan Fisiologis atau Keputihan Normal memiliki tanda dan ciri seperti di bawah ini:

  • Warna cairan yang keluar bisa berwarna kuning atau krem
  • Cairan yang keluar pada keputihan bersifat encer
  • Tidak menimbulkan rasa gatal
  • Cairan tidak berbau
  • Volume atau jumlah cairan yang keluar tersebut dapat terbilang sedikit

Itulah Artikel menarik kami yang berjudul “ Apa Itu Keputihan “. Jika Anda masih ingin tahu  tentang penyakit keputihan yang terjadi pada wanita. Anda dapat membaca artikel kami yang lainnya mengenai keputihan. Terima kasih sudah mengunjungi website Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan