• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Apa Itu Impoten? Ini Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Impoten? Ini Penjelasan Lengkapnya
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (2 orang penilai )

Para pria pasti sudah sering mendengar istilah impoten atau impotensi bukan? Tapi apa itu impoten? Sebelum mengetahui apa itu impoten, ada beberapa hal penting lain yang harus diketahui para pria terkait dengan permasalahan seksual ini. Umumnya impoten atau impotensi akan dialami di usia pria yang berada di atas 60 tahun. Namun bukan tidak mungkin pria yang memiliki usia di bawah usia tersebut bisa mengalami impoten.

Apa Itu Impoten?

Impoten atau impotensi ataupun juga disfungsi ereksi adalah permasalahan seksual yang membuat penderitanya tidak bisa optimal dalam melakukan ereksi, misalnya kesulitan memulai ereksi ataupun tidak bisa menahan ereksi dalam jangka waktu yang lama. Hal ini tentunya akan menimbulkan ketidaknyamanan dan menurunnya rasa percaya diri ketika melakukan hubungan seksual dengan pasangan.

Penyebab

Impoten ini bisa terjadi ketika adanya gangguan pada aliran darah sehingga aliran darah menuju penis yang berguna untuk ereksi akan terhambat. Selain itu, adanya kerusakan saraf yang berkaitan dengan fungsi seksual juga bisa menyebabkan permasalahan ini. Dan penyebab lainnya bisa karena adanya gangguan hormon, faktor psikologis seperti cemas, depresi, takut, dan lainnya, gaya hidup yang tidak sehat, pengaruh obat, ataupun karena penyakit tertentu.

Jenis

Impotensi organik. Dibagi menjadi dua yaitu vaskuler dan neurogenik.
Impotensi psikogenik. Biasanya disebabkan karena kondisi psikologis seseorang, dan terjadi mendadak tergantung dari keadaan, dan tidak permanen.
Impotensi hormonal. Disebabkan oleh faktor hormonal.
Impotensi traumatik. Disebabkan karena adanya trauma atau cidera karena pernah melakukan operasi sebelumnya.
Impotensi farmakologis. Disebabkan karena penggunaan obat, seperti obat hipertensi. Obat tersebut dapat mempengaruhi sistem saraf pusat dan menyebabkan impoten bila digunakan dalam jangka panjang.

chat

Diagnosis

Pemeriksaan akan dilakukan untuk menemukan penyebab dari impoten yang dialami oleh pria. Pertama-tama dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Lalu akan dilakukan pemeriksaan lanjutan, seperti tes darah dan tes urin untuk melihat kondisi kesehatan pasien terkait penyakit tertentu, USG, dan juga pemeriksaan psikologis. Setelah mengetahui diagnosis yang tepat, dokter bisa memberikan pengobatan sesuai dengan diagnosis tersebut.

Mengatasi Impoten

Sebenarnya mengatasi permasalahan seksual ini tidak perlu repot, karena Anda hanya perlu menghindari penyebabnya, ataupun mengobati penyebab dari permasalahan tersebut. Bila diperlukan, dokter akan memberikan obat yang dapat membantu Anda agar bisa mencapai dan juga mempertahankan ereksi saat melakukan hubungan seksual.

Penanganan lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan terapi testosteron untuk meningkatkan hormon seksual pria tersebut. Ada pula penanganan yang dilakukan dengan menggunakan metode seperti vakum untuk memompa darah menuju penis agar dapat berereksi.

Bila penyebab impoten yang Anda alami adalah karena segi psikologis, maka dokter akan menyarankan Anda menjalani terapi psikologis agar memperbaiki kondisi mental dan juga perasaan Anda, agar impotensi bisa teratasi. Yang terpenting adalah jangan ragu untuk memeriksakan permasalahan seksual yang Anda alami pada dokter, untuk mendapatkan penanganan.

Setelah mengetahui apa itu impoten beserta penjelasan penting lain terkait dengan kondisi permasalahan seksual pria tersebut, maka diharapkan Anda tidak lagi ragu untuk memeriksakan kondisi Anda ke dokter. Pemeriksaan tersebut dapat membantu Anda mengatasi permasalahan Anda, dan menyelamatkan keharmonisan rumah tangga Anda.

Staf medis Klinik Utama Gracia juga dapat membantu permasalahan seksual Anda seperti impotensi, dengan cara menghubungi staf medis kami melalui layanan chatting yang sudah disediakan pada halaman ini. Semoga bermanfaat.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan