• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Anyang Anyangan Adalah Gejala ISK

Anyang Anyangan Adalah Gejala ISK
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )



Anyang anyangan adalah salah satu bagian dari gejala infeksi saluran kemih (ISK). Hal ini karena sebagian besar kondisi anyang anyangan yang muncul pada seseorang akan lebih mengarah pada adanya infeksi atau iritasi pada area saluran uretranya. Secara tidak langsung beberapa orang mungkin juga akan lebih merasakan beberapa kondisi-kondisi yang secara bersamaan akan dialaminya.

Apa yang Anda perlukan dalam setiap kondisi ketika mengalami keluhan anyang anyangan adalah dengan menyesuaikan penyebab dan juga kondisi persis dari keluhan yang Anda alami tersebut. karena dalam sistem saluran kemih manusia memiliki beberapa bagian dan organnya yang masing-masing memiliki kegunaannya.

Sistem Saluran Kemih Pada Manusia

Dalam sistem saluran kemih seseorang akan terdiri dari beberapa bagian yang pada setiap bagiannya tentu memiliki fungsi dan kegunaaanya tersediri. Inilah beberapa bagian-bagian dalam sistem saluran kemih yang terdapat pada pria dan wanita:

o Sistem saluran kemih bagian bawah

Pada saluran kemih bawah inilah yang sering berpotensi untuk mengembangkan sebuah infeksi. Karena dalam sistem saluran kemih bagian bawah ini terdapat 2 organ yang berperan yaitu saluran uretra dan juga kandung kemih. Keduanya adalah organ dalam sistem saluran kemih yang paling mudah untuk dijangkau oleh berbagai jenis mikroorganisme sehingga menimbulkan gejala sakit kencing atau anyang anyangan.

Saluran uretra adalah saluran yang mana berguna untuk mengeluarkan urin dari dalam tubuh menuju ke area luar tubuh seseorang. Perlu Anda ketahui bahwa saluran uretra wanita lebih pendek jika dibandingkan dengan saluran uretra yang terdapat pada pria, sehingga keluhan anyang anyangan adalah gejala yang mudah terjadi pada seorng wanita.

Kandung kemih merupakan tempat dimana air urin ditampung sebelum akhirnya dialirkan menuju uretra untuk dikeluarkan. Sehingga terkadang berbagai penyebab infeksi dapat muncul dan mengakibatkan adanya keluhan saat Anda berkemih. Kandung kemih juga menjadi sebuah jalan masuk bagi berbagai penyebab infeksi jika tidak segera ditangani.

o Sistem saluran kemih bagian atas

Ureter dan ginjal menjadi organ yang berperan dalam sistem saluran kemih bagian atas seseorang. Infeksi pada saluran ureter (saluran yang mengalirkan sisa cairan tubuh dari ginjal menuju kandung kemih) memang sangat jarang ditemukan, sedangkan untuk infeksi ginjal akibat adanya maslaah dalam sistem saluran kemih sering disebuit dengan pielonefritis.

Jika infeksi pada sistem saluran kemih ini bisa mencapai ginjal maka kondisi kronis tentu dapat muncul bagi kesehatan Anda. Meski jarang terjadi karena lebih sering diatasi ketika infeksinya masih terdapat pada sistem saluran kemih bagian atas, namun kondisi pielonefritis tetap berpotensi untuk Anda dapatkan.

Penyebab Sakit Kencing Atau Anyang Anyangan Adalah

Secara Umum anyang anyangan adalah kondisi yang mungkin sering Anda alami baik pria maupun wanita disegala usia. Tetapi seberapa sering gejala atau kondisi tersebut Anda alami? Dengan kata lain jika gejala atau kondisi tersebut sering Anda rasakan pastilah ada hal yang menajdi pemicu atau penyebab yang mendasari kondisi tersebut.

Ada banyak kemungkinan yang menjadi penyebab mendasar dari adanya infeksi sistem saluran kemih seseorang, dan lebih sering disebabkan oleh adanya infeksi dari jenis bakteri. Beberapa jenis bakteri Escherichia Coli (E. Coli) dimana biasanya bakteri ini sering ditemukan pada saluran gastrointestinal (usus besar) atau saluran pencernaan.

Akan tetapi kondisi infeksi dari bakteri lain juga sering ditemukan dalam diagnosis, nisalnya seperti bakteri penyebab penyakit gonore atau kencing nanah (neisseria gonorrhoeae) atau penyebab klamidia (clamydia trachomatis). Dan kedua jenis bakteri tersebut tergolong dalam bakteri penyebab penyakit menular seksual (PMS).

Baca Juga: Cara Mengobati ISK Dengan Tepat Dan Aman

chat

Apa Anyang Anyangan Temasuk Gejala ISK?

Anyang anyang adalah ketika sakit saat berkemih, aliran urin yang lemah atau sedikit, warna urin yang keruh, tidak tuntas saat berkemih, intensitas berkemih meningkat, sensasi terbakar, dan juga tidak jarang disertai dengan rasa sakit diperut bagian bawah. Apakah Anda pernah mengalami gejala-gejala tersebut?

Untuk menyebut sebagai infeksi saluran kemih dalam keseharian mungkin akan lebih terasa asing, tetapi bangaimana dengan anyang anyangan? Tentulah sebagian besar orang akan lebih mengenal istilah tersebut. Dan tahukah Anda jika anyang anyangan adalah bagian dari adanya sebuah keluhan atau indikasi dari sebuah penyakit?

Tidak banyak orang tahu dan menyadari kondisi ini, kebanyakan keluhan anyang anyangan akan lebih dirasakan oleh seorang wanita dibandingkan pria. Kenapa? Karena secara anatomi tubuh seorang wanita memiliki kondisi dengan potensi infeksi yang meningkat akibat saluran uretra yang lebih pendek, serta jarak antara anus dan vagina yang berdekatan akan memudahkan adanya perpindahan bakteri penyebab keluhan tersebut.

Namun bukan berarti bahwa pria akan jarang mendapatkan infeksi pada saluran kemihnya. Ketika seorang pria mendapatkan infeksi saluran kemih maka hal inilah yang justru akan memberikan potensi risiko atau bahaya besar bagi area organ reproduksi bagian dalamnya. Seorang pria dengan infeksi saluran kemih (ISK) mungkin akan memiliki gejala yang lebih menyakitkan.

Menyembuhkan Keluhan Anyang Anyangan Anda

Cara menyembuhkan anyang anyangan adalah dengan memberikan perawatan dan pemeriksaan yang tepat dan cepat. Tidak semua orang dapat menyadari keluhannya ketika gejala awal terjadi, dan hal inilah yang menyebabkan pemeriksaan atau perawatannya bukan dilakukan pada waktu yang tepat. Pemeriksaan yang tepat adalah ketika Anda mendatangi dokter secara langsung untuk berkonsultasi dan mendapatkan diagnosis atas keluhan yang Anda rasakan tersebut.

Berikut adalah pemeriksaan dan perawatan yang dapat meliputi gejala anyang anyangan adalah:

o Pemeriksaan fisik

Melihat kondisi fisik dari pasien adalah langkah awal yang dilakukan oleh setiap dokter ketika melakukan pemeriksaan, guna mengetahui keluhan apakah menimbulkan gejala fisik yang terlihat atau mungkin jika disertai dengan efek secara fisik yang signifikan akibat infeksi yang dialaminya

o Pengambilan sampel untuk pemeriksaan lanjutan

Pengambilan sampel berupa darah, cairan urin, atau lainnya mungkin akan dilakukan guna memastikan penyebab keluhan dengan pemeriksaan mikroskopik atau laboratorium yang juga berguna dalam menentukan perawatan yang sesuai untuk kondisi Anda.

o Pemberian antibiotik

Anyang anyangan adalah termasuk dalam gejala infeksi saluran kemih (ISK) yang berarti pengobatan dengan antibiotik sering dilakukan untuk menyembuhkan infeksinya. Namun Anda juga tidak boleh secara sembarangan mengkonsumsi jenis obat antibiotik, karena dapat berisiko resisten terhadap tubuh.

o Mengambil terapi medis

Jika keluhan anyang anyangan adalah gejala kondisi kronis dari dalam tubuh atau dapat mempengaruhi sistem organ reproduksi Anda serta dapat memberikan kondisi fatal bagi kesehatan Anda. Maka bisa dipastikan Anda juga akan disarankan untuk melakukan tindakan terapi medis oelh dokter Anda.

Anyang anyangan adalah kondisi yang serius jika terus dibiarkan dalam  jangka panjang, sehingga Anda memerlukan penanganan untuk mengatasinya. Jangan tunggu kondisi tersebut menjadi serius dan semakin parah dengan membiarkan keluhan Anda tanpa pengobatan. Klinik Utama Gracia menyediakan layanan kesehatan untuk setiap keluhan Anda.

Tunggu apalagi? Segera lakukan pemeriksaan dan konsultasi diklinik kami melalui kontak di nomor 081336361555 untuk tau informasi lebih lanjut.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Anyang-Anyangan, No 8 Sangat Penting

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan