• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Analisa sperma Atau Tes Sperma

Analisa sperma Atau Tes Sperma
Nilai Rata-rata: 8.3 / 10 (4 orang penilai )

analisa sperma

 

Tes Sperma Pria

Untuk mengetahui sperma yang baik bagi seorang pria, tentunya harus dilakukan Analisa Sperma atau disebut dengan tes sperma. Kenapa demikian? Karena kesuburan seorang pria bisa diketahui dengan hasil dan jumlah sperma yang baik. Beberapa rumah sakit serta klinik spesialis sudah melayani pemeriksaan tes sperma. Sperma yang baik akan mendapatkan hasil atau keturunan tanpa ada masalah dalam kesuburan. Apa yang dilihat dari analisa sperma atau test sperma? Tiga hal yang diperiksa dalam sperma yaitu jumlah sperma, bentuk sperma, pergerakan sperma atau yang sering disebut dengan mortilitas sperma. Menurut tim medis Klinik Utama Gracia, untuk menentukan kualitas sperma atau menentukan jenis penyakit yang dialami oleh seorang pria mengambil sperma yang dimiliki, laboratorium Klinik Utama Gracia akan mengambil 2-3 sperma sebagai sample untuk menentukan hal tersebut. Berarti dalam hal ini seorang pria untuk melakukan test sperma harus dilakukan lebih dari sekali, dalam jedah waktu sebulan 2-3 kali pemeriksaan. Tidak perlu khawatir jika hasil test sperma Anda kurang baik, karena akan ada tindakan selanjutnya oleh dokter spesialis.

Analisi Hasil Sperma

Berikut adalah beberapa hasil yang bisa dipastikan bahwa hasil sperma yang Anda milik adalah normal atau baik, yaitu :

  1. Volume, volume sperma yang baik adalah ketika hasil sperma yang didapatkan dari hasil test sperma atau analisa sperma adalah lebih besar dari 2 milimeter. Kenapa harus demikian? karena jika volume sperma menunjukkan hasilnya lebih kecil, maka sulit untuk pembuahan atau membuahi sel telur
  2. pH, jumlah pH yang baik yang dihasilkan dari sperma yang baik setelah dilakukan test sperma adalah 72,-7,8 disebut normal. Jika kurang dari hasil tersebut maka seorang pria tersebut berarti salurna ejakulasi pria dalam bermasalah
  3. Jumlah sperma, untuk hasil analisa sperma yang baik jika hasil analaisa jumlah sperma antara 20 juta sampai dengan 200 juta. Kenapa demikian? Karen jika kurang dari angka tersebut maka akan sulit wanita akan hamil
  4. Gerakan, bagaimana gerakan sperma yang baik. Hasil analisa sperma untuk gerakan dengan hasil yang baik adalah jika lebih dari 50 persen sperma yang dapat bergerak normal
  5. Penampilan, untuk penampilan warna sperma yang baik adalah harus putih ke abu-abu dan terbuat dari batu baduri. Biasanya tim laboratorium yang dapt melihat dan membaca hasil tes sperma yang baik.

Dari gambaran beberapa hasil penunjang diatas, yang dapat membantu untuk melihat apakah sperma yang dimliki adalah sperma yang baik, sesuai dengan bebeberapa hasil di atas. Adapun jika hasil test sperma Anda kurang baik, maka bisa jadi Anda menderita beberapa penyakit sebagai berikut, yaitu :

  • Infertilitas
  • Infeksi
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Penyakit, seperti diabetes
  • Cacat gen
  • Paparan radiasi

Anda tidak perlu khawatir jika mengalami masalah di atas. Tim medis kami akan membantu Anda untuk mendapatkan penyembuhan serta terapi yang maksimal. Semoga sebagian informasi dia atas bisa bermanfaat, silahkan hubungi website kami untuk mendapatkan info lebih lanjut.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan