• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Alat Reproduksi Manusia Dan Penyakit Pada Alat Reproduksi

Alat Reproduksi Manusia | Penyakit Pada Alat Reproduksi
Nilai Rata-rata: 9.1 / 10 (11 orang penilai )

Alat reproduksi pada manusia adalah suatu organ dari tubuh yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan keturunan dari pasangan dengan tujuan yaitu untuk dapat menghasilkan dan mempertahankan jenisnya. Jika manusia ingin memiliki keturunan yang baik dan sehat maka Untuk dapat melakukan proses reproduksi tersebut manusia perlu memerlukan alat reproduksi dan juga kelenjar reproduksi yang baik dan sehat. Tentu saja hal tersebut adalah hal yang sangat penting yang harus diketahui dan diperhatikan oleh setiap individu atau pasangan. Tentang kesehatan reproduksi manusia adalah memahami organ reproduksi dan anatomi. Apabila kondisi Organ reproduksi tubuh secara umum sehat, maka proses untuk menghasilkan atau mempertahankan keturunan akan lebih mudah untuk di lakukan.

Alat Reproduksi Pria

alat reproduksi manusia

 

Alat reproduksi pada pria pada dasarnya memiliki 2 fungsi yaitu sebagai pelepasan sel-sel ke organ reproduksi wanita dan produksi sel kelamin. Adapun alat reproduksi pada pria terbagi menjadi 5 bagian utama, yaitu:

  • Sepasang testis yang berfungsi untuk menghasilkan sel sperma
  • Saluran pada sperma kaum pria yang terdiri dari Epididimis dan memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan sementara sel-sel sperma. Vas deferens yang berfungsi untuk menyalurkan sperma pria dari testis ke kantung sperma atau vesikula seminalis.
  • Kantung / Pembungkus Skrotum yang memiliki fungsi untuk mengatur suhu yang tepat bagi sel sperma dan testis.
  • Penis pada pria adalah Alat utama atau kopulasi ( Alat untuk menyalurkan sel sperma atau semen ke alat reproduksi wanita).
  • Urethtra , urethtra adalah organ pada reproduksi pria yang memiliki fungsi untuk menyalurkan saluran urin dan juga sperma pria.


Alat Reproduksi Wanita

alat reproduksi

Adapun  alat reproduksi pada wanita dapat terbagi menjadi 5 bagian, bagian tersebut yaitu :

1. Fimbria yang memiliki fungsi untuk menangkap sel terlur dari ovarium

2. Uterus atau Rahim yang memiliki fungsi sebagia tempat berkembangnya embrio

3. Oviduct yang berfungsi untuk menyalurkan sel-sel telur dari ovarium ke rahim serta terjadinya pembuahan

4. Sepasang indung telur atau ovarium yang berfungsi untuk menghasilkan sel telur

5. Vagina adalah alat reproduksi utama pada wanita yang berfungsi sebagai alat kopulasi atau tempat disalurkannya sel sperma dan sebagai jalur untuk keluarnya bayi pada saat melahirkan.

Kelenjar Pada Alat Reproduksi

Kelenjar pada alat reproduksi manusia juga memiliki beberapa Kelenjar yang mendukung terjadinya proses reproduksi. Adapun ke 4 kelenjar tersebut seperti di bawah ini :

Kelenjar Prostat

Kelenjar prostat adalah suatu kelenjar pada pria yang berfungsi untuk  menghasilkan semen terbesar yang berwarna putih,  encer dan berisi asumsi makanan untuk sperma.

Kelenjar Bulbourethralis

Kelenjar bulbourethralis adalah kelenjar pada wanita yang terdapat pada uretra yang berfungsi untuk mensekresi cairan lendir bening. Dan cairan tersebut adalah untuk  menetralkan cairan urine yang memiliki sifat asam pada uretra.

Vesika Seminalis

Vesika seminalis adalah kelenjar pada laki-laki yang menghasilkan cairan pekat yang mengandung makanan sebagai sumber energi untuk pergerakan sperma.

Kelenjar Bartholini

Kelenjar bartholini adalah kelenjar pada wanita yang terdapat pada vagina yang memiliki fungsi untuk menghasilkan cairan lendir saat pasangan berhubungan intim.

Penyakit Pada Alat Reproduksi

penyakit pada alat reproduksi

1. Pseudohermaphrodite

Penyakit ini adalah penyakit atau kelainan yang sangat langka tejadi. Pseudohermaphrodite adalah kelainan dimana bentuk alat kelamin perempuan dan laki-laki tidak sempurna. Kelamin pada pria  memiliki penis yang berukuran sangat kecil namun tidak memiliki testis. Bahkan pada beberapa kasus bayi ditemukan adanya jaringan ovarium dan testis. Penyakit ini merupakan penyakit bawaan sejak lahir.

2.  Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini pada pria adalah gangguan dimana pria sulit untuk dapat mengendalikan proses ejakulasi pada saat berhubungan intim.

3.  Impotensi

Impotensi atau impoten adalah gangguan yang terjadi pada laki-laki yang membuat penis tidak dapat bertugas atau melakukan ereksi.

4. Mikropenis

Mikropenis adalah kelainan yang terjadi pada pria dimana ukuran penis berukuran di bawah standard atau rata-rata.

5. Vulvovaginatis

Vulvovaginatis adalah peradangan yang terjadi pada vagina dan vulva yang menyebabkan terjadinya keputihan pada wanita. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh berbagai mikroorganisme.

6.  Kanker Vagina

Sampai saat ini penyebab kanker vagina masih tidak diketahui secara pasti apa penyebab utamanya. Ada kemungkinan penyakit ini disebabkan dari virus yang menyebabkan terjadinya iritasi. Penyakit ini masih dapat di atasi dengan upaya pengobatan dengan melakukan bedah laser dan kemoterapi.

7.  Gangguan Menstruasi

Gangguan mentruasi atau haid adalah suatu penyakit yang menyerang kaum wanita. Penyakit ini bisa berupa amenore sekunder dan juga amenore prime. Amenore sekunder adalah tidak ada proses menstruasi selama 3 sampai 6 bulan pada wanita yang telah mengalami siklus haid atau mens sebelumnya. Amenore primer adalah merupakan suatu gejala dimana menstruasi atau haid pada wanita tidak terjadi hingga masa wanita memasuki usia 17 tahun dan unsur seksual sekunder juga tidak berkembang

8.  Kanker Serviks

Kanker serviks adalah penyakit yang menyerang kaum wanita. Kanker yang terjadi pada serviks ini hampir semuanya disebabkan dari virus HPV atau Human papilloma virus. Penanganan dan penyembuhan penyakit ini adalah dengan pengangkatan oviduk, uterus,  sepertiga bagian atas vagina, kelenjar limfa panggul dan ovarium.

9.  AIDS

Penyakit ini adalah penyakit yang sangat berbahaya. Aids menyerang kaum pria atau pun kaum wanita. AIDS atau kepanjangannya Acquired Immuno Deficiency Syndrome .adalah merupakan penyakit yang merusak sistem kekebalan tubuh ( immune ) pada manusia. Dengan menyerang sel darah putih. AIDS disebabkan oleh virus yang bernama HIV ( Human immunodeficiency virus ). Virus HIV ini menular melalui darah dan cairan kelamin baik melalui ASI, jarum suntik ataupun melalui hubungan intim.

10.  Endometriosis

Endometriosis adalah suatu penyakit pada wanita dimana jaringan endometrium wanita tersebut berada di luar wilayah dari rahim yaitu oviduk, ovarium ataupun di jalur dari luar rahim perempuan. Gejalanya adalah bisa berupa rasa nyeri di bagian perut, pinggang terasa sakit, dan rasa tidak nyaman yang bisa berlebihan saat wanita menstruasi.

Itulah artikel kami mengenai penjelasan Alat Reproduksi Manusia dan penyakit yang dapat terjadi pada Alat Reproduksi pria ataupun wanita. Jika Anda ingin tahu lebih banyak lagi tentang apa lagi penyakit yang bisa terjadi pada kelamin manusia, Anda bisa membaca ke artikel kami yang lain di sini. Terima kasih

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan