• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Alasan Kenapa Keputihan Berwarna Hijau

Alasan Kenapa Keputihan Berwarna Hijau
Nilai Rata-rata: 8.2 / 10 (5 orang penilai )

keputihan berwarna hijau

Anda pernah mengalami keputihan? Apakah keputihan yang Anda alami menimbulkan reaksi seperti vagina terasa gatal, berbau, gatal, kental, atau berwarna cenderung gelap?

Hati-hati jika keputihan yang anda alami disertai dengan ciri-ciri umum di atas. Keputihan dengan gejala tersebut mengindikasikan adanya masalah pada serviks Anda. Ya, keputihan dengan gejala di atas tergolong pada keputihan abnormal atau patologis yang menjadi ciri bahwa penderitanya mengidap kanker serviks atau dinding rahim.

Keputihan patologis jika diidentifikasi melalui warna biasanya cenderung kekuning-kuningan, putih susu kental, atau kehijau-hijauan. Pada artikel ini kita akan terfokus pada keputihan berwarna hijau. Jangankan keputihan berwarna hijau, keputihan dengan cairan bening saja sudah membuat risih dan tidak nyaman. Keputihan berwarna hijau ini biasanya kental, jauh berbeda dengan keputihan normal. Tak hanya kental, keputihan seperti ini juga dapat membuat area vagina dan sekitarnya menjadi gatal luar biasa. 

Lalu kalau gatal memangnya kenapa? Kan tinggal digaruk! Ya, secara spontan mungkin Anda akan melakukan hal tersebut. Namun tahukah Anda bahwa aktivitas menggaruk vagina memberikan dampak berbahaya?

Apa saja bahayanya? Vagina yang digaruk akan mengalami lecet atau luka. Lecet atau luka ini akan terasa sangat perih, terlebih jika bagian yang mengalami lecet ini terkena air pada saat membersihkan Miss V pasca buang air atau ketika mandi. Tak hanya lecet yang terasa perih, lecet ini bahkan dapat membuat mikroorganisme masuk dengan lebih mudah ke area vagina Anda. Tentunya hal ini akan memperparah kondisi keputihan yang sedang Anda alami.

chat

Mengapa Keputihan Saya Abnormal?

Beberapa faktor disinyalir sebagai pemicu terjadinya keputihan abnormal atau patologis ini. Berikut adalah faktor penyebabnya:

  • Kurang mengonsumsi makanan tinggi serat
  • Diabetes
  • Stress
  • Menstruasi
  • Hormonal
  • Pengggunaan celana dalam yang ketat
  • Celana dalam basah

Setelah Anda hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya keputihan abnormal, sudah seharusnya Anda menjauhi atau menghindari hal-hal tersebut.

Makanan yang mengandung serat memberikan manfaat dan khasiat yang amat baik bagi tubuh. Apa saja yang termasuk makanan berserat? Makanan berserat banyak ragamnya, dua jenis diantaranya adalah buah-buahan dan sayuran hijau.

Perhatikan penggunaan celana dalam Anda. Celana dalam yang perlu anda gunakan adalah celana yang longgar agar sirkulasi udara di sekitar organ kelamin dapat terjadi dengan baik dan leluasa. Hindari celana dalam yang lembab atau bahkan basah. Celana dalam yang lembab dan basah akan membuat bakteri pemicu jamur bersarang di alat kelamin Anda.

Saya Tidak Ingin Mengalaminya. Adakah Cara Mencegahnya?

Kami berikan tips pencegahan yang amat mudah untuk Anda lakukan. Simak tips berikut:

  • Jaga vagina anda. Maksudnya adalah menjaga pH Miss V, jangan sampai Miss V Anda terlalu lembab atau basah.
  • Jangan biasakan menggunakan cairan pembersih instan untuk Miss V. Cukup gunakan air hangat bila perlu.
  • Jauhi bedak atau parfum untuk vagina.
  • Jangan gunakan pembalut atau detergen dengan aroma yang kuat (mengandung pengharum atau parfum).
  • Saat vagina terasa gatal, kompres dengan air dingin atau yoghurt.

Saya Terlanjur Mengalaminya. Bagaimana Mengobatinya?

Ada dua cara yang bisa Anda tempuh, secara tradisional atau medis. Kita bahas pengobatan secara tradisional terlebih dahulu. Anda dapat menghilangkan keputihan dengan memanfaatkan daun sirih, jahe, pisang, lidah buaya, sambiloto, air rebusan beras, biji ketumbar, biji mangga, dan jus buah delima. Sebagian dari bahan tersebut dapat Anda konsumsi secara langsung, sebagian lainnya memerlukan pengolahan terlebih dahulu.

Anda tidak ingin repot? Ingin sembuh lebih cepat? Tentu saja berobat ke dokter adalah alternatif yang tepat. Saya ingin berobat ke dokter, tapi bisakah merekomendasikan tempat yang nyaman, menggunakan sistem yang canggih, dokternya berpengalaman, serta pelayanan yang memuaskan? Klinik Utama Gracia sangat memenuhi syarat seperti yang Anda sebutkan tadi. Jangan ditunda karena keputihan bukan sesuatu yang membuat Anda bergerak leluasa.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan