• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Akibat Dari Keputihan Yang Dialami Wanita

Akibat Dari Keputihan Yang Dialami Wanita
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )



Akibat dari keputihan wanita tentu ada banyak hal dan kondisi yang mendasarinya, keputihan vagina merupakan fenomena fisiologis yang bisa dikatakan normal dan terjadi secara alamiah dalam organ reproduksi seorang wanita. Secara umum keputihan seorang wanita juga bisa menjadikannya sebagai kondisi yang abnormal atau tidak biasa.

Dimana konsistensi dari keputihan tersebut dapat bervariasi atau mengalami perubahan yang jelas ketika keluhannya terjadi. Dalam kondisi tertentu seseorang juga bisa mendapatkan keluhan keputihan dalam jumlah yang berlebih atau dalam jangka waktu yang lama. Tidak semua jenis keputihan yang Anda alami bisa dikatakan normal ataupun abnormal, karena keduanya memiliki kondisi yang bervariasi atau memiliki perbedaan seperti :

• Keputihan Normal

Ciri keputihan normal yang paling jelas adalah ketika keputihannya berwarna jernih atau putih, tidak memiliki bau yang menyengat, terjadi sebelum atau sesudah masa menstruasi. Dan kondisi ini biasanya ditemukan pada bayi yang baru lahir, selama masa reproduksi, dan juga seorang wanita pada saat menopause.

• Keputihan Abnormal

Keputihan dirasakan saat sesorang memiliki gejala seperti adanya perubahan warna, adanya rasa gatal, dan juga adanya bau pada keputihan Anda. Sehingga tentu kondisi ini termasuk dalam keluhan keputihan abnormal yang membutuhkan perawatan. Untuk kondisi yang kronis biasanya Anda juga akan mengalami keluhan lain secara bersamaan, misalnya seperti sakit perut bagian bawah, nyeri dan perdarahan saat kontak seksual dan lainnya.

Dalam kondisi tertentu Anda juga mungkin akan mengalami kondisi yang lebih parah dan bisa menjadi tanda adanya keluhan ginekologi pada organ reproduksi bagian dalam Anda. Dalam jangka panjang keluhan keputihan seorang wanita bisa berubah menjadi kondisi medis yang kronis bahkan bisa mengakibatkan adanya kondisi yang mengancam jiwa.

Baca Juga : Keputihan Yang Normal VS Keputihan Tidak Normal

chat

Akibat Dari Keputihan Yang Muncul

• Jumlah keputihan yang berlebih yang disertai dengan adanya perubahan warna dapat mengindikasikan adanya infeksi dari bakteri, jamur, ataupun mikroorganisme lainnya baik seksual maupun non seksual.
• Kondisi peradangan dan iritasi serius pada organ reproduksi bagian dalam misalnya seperti vaginitis, servisitis, urethritis, vulvitis dan lainnya.
• Kondisi medis kronis yang mempengaruhi area organ reproduksi Anda seperti kanker serviks (leher rahim) dan rahim.
• Masalah kehamilan dan kandungan tentu akan muncul sebagai salah satu akibat dari keputihan yang diantaranya seperti kehamiln ektopik atau infeksi pada saluran telur dan indung telur.
• Penyakit radang panggul yang dapat menyebabkan kesulitan dalam jangka panjang hingga adanya penyumbatan pada saluran tuba.
• Infertilitas atau kemandulan akan sangat berisiko bagi seorang wanita yang memiliki keluhan keputihan dan menjadi akibat dari keputihan yang harus dihindari.

Beberapa kondisi tersebut merupakan bahaya atau akibat dari keputihan yang bisa muncul ketika keluhannya tidak mendapatkan perawatan dan pengobatan diwaktu yang tepat. Anda mungkin akan mengalami kondisi yang beragam saat keluhan keputihan tersebut muncul dan menyebabkan adanya keluhan baru karena sebelumnya Anda tidak menyadarinya.

Banyak juga wanita yang tidak bisa membedakan atau memahami kondisi keluhan keputihan yang dialaminya termasuk dalam keputihan normal atau keputihan yang abnormal. Seorang wanita yang sudah aktif dalam segala bentuk kontak seksual akan lebih disarankan untuk rutin secara berkala untuk melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan organ reproduksinya untuk menghindari akibat dari keputihan abnormal tersebut.

Menyembuhkan Keluhan Keputihan Anda

Bagaimana keluhan keputihan dapat disembuhkan? Penting bagi Anda bahwa keluhan keputihan yang dialami tentu dapat disembuhkan dan diatasi dengan pengobatan yang baik. Anda akan membutuhkan perawatan intensif secara khusus jika kondisi keluhan yang Anda alami termasuk dalam kondisi yang berat dan setiap perawatannya tentu harus dilakukan dengan benar.

Dalam beberapa kondisi yang terus berjalan, Anda mungkin akan lebih menyangka kondisi tersebut termasuk dalam kondisi yang lebih serius dan lebih parah. Pengobatan dibutuhkan untuk bisa mengatasi gejala dan perkembangan infeksinya agar tidak semakin meluas. Jangan biarkan kondisi keluhan yang Anda alami tersebut lebih berbahaya ketika kondisinya terus dibiarkan tanpa pemeriksaan.

Beberapa pemeriksaan akan disarankan oleh dokter Anda, berikut adalah tes dan uji yang secara umum akan dilakukan ketika seseorang mengalami keluhan keputihan yang meliputi :

• Pemeriksaan fisik
• Riwayat medis dan riwayat seksual
• Tes darah
• Urinalisasi atau kultur urin
• Swab pada area vagina
• Pap smear untuk risiko kanker
• Tes pencitraan

Menentukan diagnosis dengan tepat dan benar merupakan tindakan yang harus dilakukan oleh dokter Anda saat setelah melakukan pemeriksaan. Dan ini tentu tidak dapat dilakukan secara sembarang, memilih dokter atau klinik terbaik bisa menjadi langkah yang harus Anda ambil. Semakin cepat kodisinya diketahui maka akibat dari keputihan yang ditimbulkan juga bisa diminimalisir.

Klinik Utama Gracia, Klinik khusus pelayanan kesehatan organ reproduksi pria dan wanita yang terpercaya, modern, dan aman. Memiliki dokter dan tenaga medis ahli yang berkompeten dan profesional akan memberikan perawatan terbaik bagi Anda untuk mengatasi keluhan pada organ genital.

Konsultasi dan pertanyaan lebih lanjut silahkan chat online atau hubungi 081336361555 untuk informasi secara langsung dari tenaga medis kami. Segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan awal diklinik kami untuk tahu kondisi kesehatan fungsi seksual Anda dan pasangan lebih jelas. Semakin cepat keluhan ditangani maka semakin cepat proses pemulihannya.

Baca Juga : Apa Saja Penyebab Keputihan Abnormal Pada Wanita?

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan