• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Adakah Cara Menyembuhkan Anyang Anyangan?

Adakah Cara Menyembuhkan Anyang Anyangan?
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (5 orang penilai )



Cara menyembuhkan anyang anyangan tentu harus diperhatikan bagi seorang pria dan wanita, yang mana lebih sering atau didominasi untuk mendapatkan keluhan tersebut. jika seorang pria mengalami sebuah keluhan anyang anyang maka dapat diperkirakan bahwa dirinya juga mengalami sebuah indikasi pada keluhan lain yang mendasari adanya keluhan tersebut muncul.

Anda akan sangat membutuhkan cara menyembuhkan anyang anyangan dari beberapa kondisi dan juga penyebabnya. Karena pada dasarnya kondisi setiap orang memanglah berbeda-beda dan akan membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Bagaimana cara Anda mengatasi keluhan anyangan-anyangan dan tahu kondisinya?

Anyang Anyangan Adalah

Anyang anyangan merupakan sebutan atau nama lain ketika seseorang mengalami sebuah keluhan atau kondisi buang air kecil (BAK) yang menyakitkan. Kondisi ini bisa dialami oleh setiap orang dari segala usia pria maupun wanita. Berarti Anda juga harus bisa menentukan kondisinya sendiri serta mencari tahu cara menyembuhkannya.

Lalu apa saja gejala anyang anyangan?

o Ketidaknyamanan saat buang air kecil (BAK)

o Frekuensi buang air kecil (BAK) yang meningkat

o Sensasi terbakar atau nyeri saat buang air kecil (BAK)

o Aliran urin yang kecil atau lebih sedikit

o Perasaan tidak tuntas saat buang air kecil (BAK)

o Warna urin yang lebih keruh atau berbau menyengat

Jika seseorang mengalami gejala anyang anyangan secara berlanjut dan terus-menerus maka Anda mungkin harus mencari tahu cara menyembuhkan anyang anyangan yang dialami. Terlihat jelas jika gejala anyang anyangan sama halnya dengan gejala-gejala infeksi saluran kemih  (ISK), namun Anda mungkin tidak hanya bisa diindikasikan dengan diagnosis infeksi pada sistem saluran kemih saja.

Karena ada beberapa kondisi medis yang juga bisa mendasari adanya keluhan sakit saat berkemih atau anyang anyangan yang dirasakan oleh seseorang. jangan tunggu hingga keluhan Anda berubah menjadi serius dengan membiarkan keluhan anyang anyangan berlalu tanpa pemeriksaan atau penanganan yang tepat.

Baca Juga: ISK Adalah Penyebab Komplikasi Ini

chat

Indikasi Keluhan Dengan Gejala Anyang Anyangan

Ada banyak penyebab dan ada juga banyak kemungkinan kondisi yang menjadikan seseorang mengalami keluhan anyang anyangan. Dan beberapa diantara berikut adalah beberapa kondisi dan penyebab yang sering kali dialami oleh seseorang dengan anyang anyangan tersebut adalah:

o Infeksi saluran kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih dapat mencakup beberapa bagian didalam organ sistem saluran kemih seseorang yaitu uretra, kandung kemih, ureter, dan ginjal. Sehingga hal inilah yang bisa menjadi kondisi mendasar adanya keluhan anyang anyangan yang Anda alami. Infeksi bakteri Escherichia coli (E.Coli) sering kali ditemukan sebagi penyebab utama adanya infeksi saluran kemih yang terjadi pada seseorang.

o Infeksi menular seksual

Infeksi menular seperti gonore, klamidia, trikomoniasis, atau juga herpes sering kali menyebabkan adanya keluhan sakit saat buang air kecil (BAK). Namun biasanya juga disertai dengan gejala lain yang muncul bersamaan dan akan mengakibatkan adanya kondisi komplikasi atau bahaya lain pada area organ reproduksinya.

o Batu ginjal atau batu kandung kemih

pembentukan batu yang terjadi pada ginjal atau kandung kemih adalah sekumpulan bahan seperti kalsium, asam urat, atau pengendapan urin yang menumpuk dan akhirnya mengeras dalam jangka waktu tertentu. Kondisi ini bisa menyebabkan buang air kecil (BAK) yang menyakitkan pada seseorang jika tidak segera ditangani.

o Kista ovarium dan kanker prostat

Kanker prostat atau kondisi yang mengakibatkan masalah pada kelenjar prostat seorang pria juga bisa menjadi alasan mendasar adanya keluhan sakit berkemih yang dialami. Sedangkan untuk kista ovarium yang terjadi pada seorang wanita cenderung hampir sama dengan kondisi ketika seseorang memiliki keluhan batu ginjal.

o Sensitivitas bahan kimia atau konsumi obat tertentu

Terkadang anyang anyangan pada seseorang juga bisa dikarenakan oleh reaksi sensitifitas tubuh terhadap bahan kimia misalnya seperti douching, sabun pencuci vagina, penggunaan kondom maupun lainnya. Dan hal tersebut juga berlaku ketika Anda mungkin sedang mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu yang memiliki efek iritasi pada sistem saluran kemih Anda.

Cara Menyembuhkan Anyang Anyangan Yang Dianjurkan

Untuk dapat mengetahui cara menyembuhkan anyang anyangan yang tepat tentunya Anda harus mendapatkan anjuran atau saran dari dokter maupun penyedia layanan kesehatan. Setiap cara menyembuhkan anyang anyangan yang dilakukan atau dianjurkan oleh dokter Anda biasanya akan disesuaikan dengan gejala, penyebab, serta kondisi tubuh Anda secara keseluruhan.

Kebanyakan kasus anyang anyangan yang terjadi memang bisa disembuhkan dengan pemberian obat antibiotik, atau jika penyebab keluhan adalah peradangan atau iritasi maka biasanya diobati dengan menghindari penyebab iritasi tersebut. Jika tindakan pengobatan tidak bisa memberikan respon yang baik, biasanya dokter Anda juga memungkinkan untuk dilakukannya sebuah pemeriksaan lebih lanjut atau tindakan medis.

Selain cara menyembuhkan anyang anyangan yang disediakan secara medis, secara tidak langsung Anda juga bisa mendapatkan cara mencegah adanya keluhan anyang anyang dengan beberapa praktik kebersihan dan kesehatan dengan baik. Berikut adalah beberapa cara menyembuhkan anyang anyangan yang bisa Anda lakukan:

o Lebih banyak konsumsi air, khususnya air putih

o Merubah gaya hidup untuk meringankan gejala

o Praktik kebersihan yang baik pada area organ reproduksi Anda

o Jauhi penggunaan bahan-bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi seperti deterjen, sabun, dan lainnya

o Tidak melakukan kontak seksual yang berisiko dan menerapkan hubungan monogami

o Ubah metode diet untuk menghilangkan makanan dan minuman yang mengiritasi kandung kemih

Cara menyembuhkan anyang anyangan yang paling baik adalah dengan memeriksakan diri ke dokter sebelum infeksi bertambah parah dan menimbulkan gejala tambahan yang berat. Karena menentukan diagnosis pasti dari keluhan anyang anyangan yang Anda alami tidaklah mudah, sehingga harus ditetapkan penyebab keluhannya secara jelas.

Jika gejala terus berlanjut atau dirasakan dalam jangka panjang, segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan langsung di Klinik Utama Gracia. Klinik kesehatan genital yang memberikan pelayanan terbaik untuk setiap keluhan dan memberikan Anda prioritas kesembuhan. Hubungi kami di nomor 081336361555 secara langsung sekarang!

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Anyang-Anyangan, No 8 Sangat Penting

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan