• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

8 Cara Menghilangkan Anyang-Anyangan, No 8 Sangat Penting

8 Cara Menghilangkan Anyang-Anyangan, No 8 Sangat Penting
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (2 orang penilai )

Buang air kecil mungkin menjadi salah satu hal normal yang terjadi pada manusia. Tetapi terkadang kencing mengalami gangguan. Seperti kencing yang terlalu sering,  disertai rasa sakit. Di Indonesia kondisi tersebut dikenal dengan anyang-anyangan. Ketika anda mengalaminya, maka akan berusaha mencari cara menghilangkan anyang-anyangan.

Anyang-anyangan akan membuat kamu merasa lelah, dan merasa tidak nyaman dengan kondisi yang dialami. Dalam istilah kedokteran, anyang-anyangan lebih sering disebut dengan Infeksi Saluran Kemih (ISK). Anyang-anyangan merupakan kondisi seseorang yang mengalami infeksi pada saluran kemihnya atau saluran kencing.

Penyebab Anyang-Anyangan

Anda pasti bertanya-tanya “mengapa saya terkena anyang-anyangan? Apa penyebabnya?” pertanyaan itu pasti akan anda tanyakan kepada orang-orang sekitar anda, mungkin anda juga mencari informasi tentang anyang-anyangan melalui internet.


Sebelum  anda mengetahui cara menghilangkan anyang-anyangan, sebaiknya anda mencari tahu apa penyebabnya. Namun anyang-anyangan disebabkan oleh bakteri atau kuman yang masuk ke dalam saluran kencing. Bakteri dan kuman tersebut akan menyerang uretra dan jika tidak disembuhkan dapat menyerang organ lain yang terdapat pada organ kemih. Komplikasi yang paling parah dari kondisi tersebut, menyebabkan anda mengalami gagal ginjal.


Sebagian besar anyang-anyangan disebabkan oleh bakteri Eschericia Coli. Dimana bakteri tersebut menyerang akibat kurang menjaga kebersihan organ kelamin. Menyebabkan bakteri berinfeksi dan menyebabkan anyang-anyangan.


Infeksi saluran kemih dapat menyerang siapa saja, baik itu pria dan wanita. Bahkan terkadang ISK dapat menyerang anak-anak. Anyang-anyangan lebih sering menyerang wanita, kondisi tersebut dikarenakan saluran kencing wanita lebih pendek, dan terkadang kehamilan menyebabkan wanita mengalami anyang-anyangan.

Cara Menghilangkan Anyang-Anyangan

Jika anda sudah terlanjur mengalami anyang-anyangan, sehingga anda harus mencari cara agar anyang-anyangan pada tubuh bisa segera hilang. Bukankah anyang-anyangan membuat anda merasa lelah harus bolak-balik ke toilet hanya untuk membuang air kecil. Saking seringnya, anda bisa berkunjung ke kamar mandi lebih dari dua kali dalam satu jam. Bukankah itu sangat melelahkan, belum lagi ditambah dengan rasa sakit yang disebabkan dari bakteri tersebut.


Pastinya anda ingin anyang-anyangan segera hilang dari tubuh anda. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi anyang-anyangan secara mandiri dan bisa anda kerjakan dimana saja serta kapan saja. Sehingga anda bisa hidup nyaman tanpa anyang-anyangan.


Konsumsi Vitamin C


Sangat dianjurkan ketika anda menderita anyang-anyangan dengan mengkonsumsi vitamin C. Dimana dapat anda peroleh hanya dari buah-buahan atau membeli vitamin C dari Apotek-Apotek. Vitamin C dapat menambah keasaman urine, urine yang asam tidak akan disukai oleh bakteri, sehingga bakteri akan pergi meninggalkan tubuh anda.

chat

 

Kompres

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan anyang-anyangan adalah dengan mengkompres bagian kelamin anda. Dimana saat anda mengalami anyang-anyangan, akan menyebabkan anda mengalami rasa sakit, dengan kompres panas dapat mengurangi rasa sakit yang timbul. Tetapi anda jangan terlalu melakukan kompres panas. Cukup dengan 10-15 menit untuk melakukan kompres panas.


Mendengarkan Gemericik Air


Lucu sih memang, mendengarkan gemericik air sebagai cara menghilangkan anyang-anyangan. Meskipun belum bisa dipastikan secara ilmiah. Namun, kabarnya mendengarkan gemericik air benar-benar dapat menghilangkan anyang-anyangan. Silahkan saja mencobanya, apa lagi jika rumah anda didekat aliran sungai.


Minum Air Putih


Cara  lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi anyang-anyangan adalah dengan perbanyak minum air putih. Karena dengan sering mengkonsumsi air putih, akan membantu mendorong bakteri yang hidup di sekitar aliran kencing untuk keluar. Sehingga anyang-anyangan dapat hilang.


Jangan Menahan Kencing


Salah satu penyebab seseorang mengalami ISK karena ia sering menahan kencing. Jika anda adalah orang yang sering melakukan hal tersebut, maka coba rubah gaya hidup tersebut. Sehingga tidak menyebabkan anyang-anyangan. Karena menahan air kencing hanya membuat bakteri menumpuk didalam saluran kencing.


Menjaga Kebersihan Alat Kelamin


Apabila anda adalah orang yang jarang memperhatikan kebersihan organ kelamin, maka wajar saja anda mengalami anyang-anyangan. Bakteri sangat senang berada di tempat yang kotor, sehingga anda harus dapat menjaga kebersihan kelamin anda untuk menghilangkan anyang-anyangan.


Kunjungi Dokter


Jika cara-cara diatas sudah anda lakukan, namun cara menghilangkan anyang-anyangan yang disebutkan itu tidak juga bisa menghilangkan anyang-anyangan yang anda alami. Maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengatasinya. Anda bisa berkunjung ke Klinik Utama Gracia untuk melakukan pengobatan dan pemeriksaan secara medis.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan