• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

7 Cara Menghilangkan Gatal Pada Kemaluan Wanita Secara Alami

7 Cara Menghilangkan Gatal Pada Kemaluan Wanita Secara Alami
Nilai Rata-rata: 7.3 / 10 (11 orang penilai )

 

Rasa gatal yang menyerang vagina tentunya akan sangat menganggu anda. Rasa gatal yang muncul akan membuat anda merasa tidak nyaman dengan kondisi yang anda alami. Banyak wanita yang tidak mengetahui apa penyebab dari gatalnya kemaluan. Pastinya anda akan mencari cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami yang tanpa efek samping.

Rasa gatal yang timbul akan menyebabkan anda merasa tidak nyaman, dan kondisi gatalnya miss V bukanlah kondisi yang benar-benar bahaya. Meskipun ada beberapa kondisi yang menunjukan bahwa miss V anda sedang dalam bahaya. Rasa gatal yang muncul pada organ kemaluan, bisa menjadi sebuah tanda ada masalah kesehatan pada organ kewanitaan anda.

Penyebab Kemaluan Gatal

Ada beberapa penyebab kemaluan mengalami gatal dan anda merasa terganggu terhadap kondisi tersebut, sehingga rasanya ingin segera anda obati dengan baik dan dengan optimal. Ada beberapa cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami. Namun sebelum mengatasinya, anda harus terlebih dahulu mengetahui apa penyebab dari gatalnya kemaluan tersebut.

Infeksi Jamur

Rasa gatal yang muncul pada vagina bisa disebabkan oleh infeksi jamur. Jamur yang biasa menyerang vagina merupakan jamur candida albicians. Jamur ini akan menginfeksi ketika mengalami pertumbuhan yang cukup banyak di vulva dan vagina. pertumbuhan tersebut menyebabkan rasa gatal yang berlebih pada vagina.

Bakteri

Jika pada vagina anda terdapat bakteri jahat, maka bakteri tersebut akan menyebabkan anda mengalami gatal. Sebenarnya di vagina terdapat pertumbuhan bakteri baik, namun jika lebih banyak bakteri jahat, maka dapat menyebabkan iritasi hingga rasa gatal disertai keputihan.

Alergi

Rasa gatal pada vagina dapat disebabkan oleh alergi. Mungkin alergi karena penggunaan pembersih vagina, kondom, ataupun pembalut sehingga menyebabkan anda mengalami alergi. Coba ganti merek benda-benda tersebut, jika anda sudah mengganti merk tetapi rasa gatal tetap muncul, maka jangan menggunakan benda-benda itu lagi.

Infeksi Menular Seksual

Penyebab lain yang bisa menyebabkan anda mengalami rasa gatal pada vagina anda tertular infeksi menular seksual. Tentunya ini akan sangat berbahaya bagi organ reproduksi dan tubuh anda. Segera lakukan pengobatan dan pemeriksaan medis untuk mengatasi IMS.

Pertumbuhan Cacing

Cacing yang hidup pada vagina adalah cacing kremi. Cacing jenis ini biasanya hidup di vagina anak perempuan, dan menyebabkan rasa gatal pada tubuh.

chat

Cara Menghilangkan Gatal Pada Kemaluan Wanita Secara Alami

Bisakah rasa gatal pada vagina diatasi secara alami? Tentunya bisa, dan cara ini sudah sering dilakukan oleh wanita zaman dahulu. Coba saja kamu tanya masalah ini pada orang tua anda, apa yang digunakan untuk mengatasi rasa gatal pada kemaluan.

Kompres Air Dingin

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rasa gatal pada kemaluan adalah dengan kompres air dingin. Cara pertama merupakan cara yang paling mudah dilakukan dan bisa kamu lakukan kapan saja. Jika tidak menggunakan air dingin, anda bisa melakukannya dengan es batu.

Daun Sirih

Selain dengan kompres air dingin, cara kedua yang dapat anda lakukan adalah dengan rebusan daun sirih. Daun sirih memiliki manfaat yang luar biasa sebagai cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami, terutama yang dikarenakan oleh jamur dan bakteri. Namun, anda tidak perlu membilas miss V dengan daun sirih setiap hari, karena hal itu dapat menyebabkan bakteri sehat pada mati.

Garam

Bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki manfaat sebagai antibakteri. Anda bisa membilas vagina menggunakan garam untuk mengatasi rasa gatal pada vagina. Cara alami ini tentunya sangat mudah anda lakukan dimanapun dan kapanpun. Anda bisa membilas vagina dengan air garam.

Bawang Putih

Bahan dapur lainnya yang dapat anda gunakan sebagai cara menghilangkan rasa gatal pada kemaluan wanita secara alami adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih memiliki sifat antibakteri yang sangat ampuh untuk mengatasi segala jenis bakteri pada vagina.

Cuka Sari Apel

Bila rasa gatal pada kemaluan anda dikarenakan oleh jamur atau bakteri, maka cara yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan cuka sari apel. Karena cuka sari apel memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur. Cuka sari apel dapat membuat vagina menjadi lebih lembab.

Yoghurt

Yoghurt memiliki rasa yang cukup unik. Untuk mengatasi rasa gatal pada vagina, anda bisa menggunakan yoghurt sebagai cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami. Yoghurt memiliki kandungan untuk menambah jumlah bakteri baik.

TIdur Tanpa Celana Dalam

Cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami berikutnya adalah dengan tidur tanpa menggunakan celana dalam. Hal ini dilakukan karena dengan tidur tanpa celana dalam, maka vagina tidak akan berkeringat secara banyak, dan membuat udara masuk ke dalam vagina.

Tujuh cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami tersebut bisa anda terapkan di rumah. Namun, apabila rasa gatal tersebut tidak juga hilang dalam waktu beberapa hari setelah penggunaan bahan-bahan tersebut, maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Anda dapat melakukan pemeriksaan masalah keputihan anda ke Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan