• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

7 Bentuk Selaput Dara Wanita

7 Bentuk Selaput Dara Wanita
Nilai Rata-rata: 8.6 / 10 (5 orang penilai )

Pada alat kelamin wanita terdapat jaringan tipis yang menyelubungi bukaan vagina, yang dinamakan selaput dara. Namun tidak semua bentuk selaput dara wanita sama. Hal ini dikarenakan proses pembentukan saat masih di kandungan dahulu, bahkan adapula wanita yang tidak memiliki selaput dara sejak lahir.

Di negara kita, masyarakatnya masih memegang teguh keperawanan adalah suatu hal yang harus dijaga sampai menikah. Namun keperawanan tidak bisa dilihat melalui ciri-ciri fisik. Sehingga banyak yang beranggapan bahwa keperawanan bisa ditentukan dari selaput dara yang dimiliki wanita.

Selaput dara wanita akan berbentuk utuh jika belum pernah melakukan penetrasi seksual. Namun selaput dara yang tipis ini bisa saja robek tidak hanya karena penetrasi seksual. Kegiatan seperti berkuda, bersepeda, olahraga berat ataupun kecelakaan juga bisa menyebabkan kondisi selaput dara menjadi tidak utuh lagi.

Selaput dara yang menjadi tolak ukur keperawanan ini ternyata memiliki macam-macam bentuk, berikut penjelasannya.

Bentuk Selaput Dara Wanita

1. Annular Hymen

Bentuk yang pertama dari selaput dara atau hymen, yaitu bentuk annular. Bentuk ini adalah bentuk normal dan paling banyak dimiliki wanita. Selaput dara jenis ini akan menyelubungi bukaan vagina, namun akan ada lubang seperti setengah lingkaran untuk keluarnya darah haid.

2. Imperforate Hymen

Selaput dara jenis ini akan menyelubungi seluruh bukaan vagina, sehingga tidak ada jalan keluar bagi darah haid. Kondisi ini jarang terdiagnosis sejak lahir. Namun ketika haid pertama, darah haid tidak keluar, dan membuat perut menjadi sakit bahkan bengkak. Pada jenis selaput dara ini dapat dilakukan operasi untuk membuat lubang yang berfungsi sebagai jalan keluar darah haid.

chat

3. Microperforate Hymen

Pada bentuk selaput dara wanita yang microperforate, maka akan terdapat lubang yang sangat kecil. Lubang tersebut masih memungkinkan darah haid untuk keluar.

4. Septate Hymen

Selaput dara jenis ini memiliki jaringan ekstra tepat di tengah lubang, sehingga lubang tersebut menjadi ada dua. Wanita yang memiliki bentuk ini akan merasa kesulitan saat menggunakan tampon. Untuk mengatasinya harus dilakukan operasi untuk menghilangkan jaringan ekstra tersebut.

5. Cibriform Hymen

Jika sebelumnya selaput dara hanya memiliki satu lubang atau dua, pada jenis selaput dara ini terdapat banyak lubang, namun lebih kecil.

6. Introitus Hymen

Selaput dara ini dimiliki oleh wanita yang sudah sering melakukan hubungan seksual, sehingga lubang selaput tersebut menjadi membesar, namun tetap menyisakan jaringan pada dinding vagina.

7. Crescent Hymen

Selaput dara ini seperti bentuk selaput dara pada umumnya yang seperti bulan sabit atau setengah lingkaran, namun tidak ada membran tipis. Hal ini membuat selaput dara jenis ini tidak akan rusak saat melakukan hubungan seksual.

Itulah beberapa bentuk selaput dara wanita yang harus Anda ketahui. Selaput dara tersebut tidak bisa dijadikan tolak ukur keperawanan wanita, karena banyak hal lain yang bisa merusaknya meskipun bukan karena melakukan hubungan seksual.

Bahkan banyak wanita yang tidak mengetahui kondisi selaput dara miliknya, apakah masih utuh atau sudah rusak. Karena rusak atau tidaknya selaput dara, tergantung dari tingkat elastisitas membran tipis tersebut. Jika tidak elastis, maka dengan melakukan kegiatan ringan seperti bersepeda saja, membran tersebut bisa saja robek. Namun bila lebih elastis, walaupun sudah melakukan hubungan seksual beberapa kali, selaput dara akan tetap utuh.

Anda bisa berkonsultasi seputar selaput dara melalui layanan chatting Klinik Utama Gracia dengan mengklik tombol konsultasi yang telah tersedia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan