• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

5 Cara Mengurangi Keputihan Pada Wanita

5 Cara Mengurangi Keputihan Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (4 orang penilai )

Keputihan yang normal sebenarnya terjadi dengan tujuan untuk menghindari area kewanitaan dari infeksi mikroorganisme jahat. Namun yang sering terjadi adalah keputihan yang disebabkan oleh adanya infeksi, dan menimbulkan kecemasan bagi penderitanya. Permasalahan ini sebenarnya bisa ditangani dengan cara mengurangi keputihan yang cukup mudah dilakukan.

Namun sebelumnya, Anda harus mengetahui bagaimana ciri keputihan yang normal dan abnormal. Keputihan yang normal akan terlihat jernih atau bening, tidak mengeluarkan bau, dan tidak menyebabkan gatal. Sedangkan keputihan abnormal cenderung berwarna seperti kekuningan, kehijauan, atau abu-abu, keputihan juga mengeluarkan bau tidak sedap, menyebabkan gatal dan nyeri, dan kadang ada pula yang berbuih atau disertai darah.

Berikut ini adalah beberapa cara mengurangi keputihan dengan sederhana.

1. Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan

Area kewanitaan yang selalu tertutup akan rentan menjadi tempat tumbuhnya mikroorganisme jahat. Terlebih lagi bila kebersihan area kewanitaan yang tidak dijaga dengan baik. Maka bakteri, kuman, jamur ataupun parasit bisa tumbuh dan menyebabkan terjadinya infeksi. Infeksi mikroorganisme jahat ini bisa membuat terjadinya keputihan abnormal. Untuk itu, jaga kebersihan area kewanitaan sebagai cara mengurangi keputihan. Anda juga harus membersihkan area kewanitaan dengan cara yang tepat, yaitu dari arah depan ke belakang.

chat

2. Menjauhi Produk Untuk Vagina

Produk tertentu, seperti pembersih vagina, umumnya akan membuat keseimbangan pH di area kewanitaan menjadi rusak. Hal ini membuat mikroorganisme baik menjadi mati, akibatnya mikroorganisme jahat dapat tumbuh dengan subur. Inilah yang menjadi penyebab keputihan. Untuk itu, hindari penggunaan produk untuk vagina, apalagi yang mengandung parfum atau pewangi di dalamnya. Sebaiknya bersihkan vagina hanya menggunakan air bersih saja.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan-makanan sehat dapat membantu menjaga tubuh agar lebih bugar, dan juga dapat mengurangi keputihan. Anda dapat memilih buah dan sayuran yang di dalamnya terdapat kandungan antibiotik. Anda juga bisa memasukkan yoghurt dalam menu makanan sehat Anda, dimana yoghurt mengandung bakteri baik yang akan berguna untuk melawan bakteri jahat penyebab keputihan.

4. Mengobati Keputihan

Keputihan abnormal tentunya menjadi tanda adanya gangguan atau kondisi tertentu yang berkaitan dengan kesehatan area kewanitaan. Bila penyebab keputihan abnormal sudah diketahui, maka pengobatan lebih baik segera dilakukan. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik untuk keputihan karena bakteri. Obat anti jamur untuk keputihan karena jamur. Dan memberikan pengobatan pada penyakit-penyakit tertentu yang salah satu gejalanya menyebabkan terjadinya keputihan. Dengan begitu, keputihan dapat dikurangi dan juga diatasi.

5. Mengurangi Gatal Dan Nyeri

Biasanya keputihan abnormal akan disertai gejala lain seperti gatal dan juga nyeri, dan gejala ini akan cukup mengganggu keseharian penderitanya. Untuk menguranginya, Anda bisa melakukan kompres dingin pada area gatal atau nyeri. Lakukan kompres ini menggunakan es batu yang sudah dibalut kain, dan letakkan pada area tersebut. Anda juga bisa menggunakan kain yang direndam air dingin untuk mengompres area tersebut.

Beberapa cara mengurangi keputihan di atas memang terbilang sederhana, namun dapat membantu mengatasi keluhan yang Anda alami. Namun akan lebih baik bila Anda segera memeriksakan diri ke Klinik Utama Gracia agar permasalahan keputihan dapat segera diatasi.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan