• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

4 Penyakit Kelamin Pria Dan Wanita Dan Cara Mengobatinya

4 Penyakit Kelamin Pria Dan Wanita Dan Cara Mengobatinya
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (5 orang penilai )

Penyakit kelamin pria dan wanita harus diwaspadai keberadaannya. Karena beberapa penyakit kelamin wanita dan pria tersebut terbilang berbahaya. Cara mewaspadai keberadaan penyakit-penyakit tersebut dapat dilakukan dengan mengetahui gejala yang akan terjadi. Sehingga, bila gejala tersebut Anda alami, sebaiknya segera memeriksakan diri untuk memastikan diagnosis dan juga untuk mendapatkan pengobatan.

Berikut ini adalah beberapa penyakit kelamin pria dan juga penyakit kelamin wanita yang harus Anda waspadai.

1. Sipilis

Penyakit yang juga disebut raja singa ini dapat terjadi pada pria maupun wanita. Bila tidak segera diobati, maka penyakit menular seksual ini bisa menyebabkan kerusakan pada organ tubuh lain. Sipilis sendiri disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum yang dapat menular melalui hubungan seksual.

Penderita akan mengalami gejala seperti munculnya luka yang tidak terasa sakit, ruam, demam, pembengkakan kelenjar di ketiak, leher dan pangkal paha serta nyeri sendi, dan gejala ini akan terjadi berdasar tahapan yang dilalui sipilis.

Cara mengobati sipilis adalah dengan pemberian antibiotik berupa penisilin dalam bentuk suntikan, bila sipilis masih berada pada tahap primer ataupun sekunder. Namun penderita di tahap tersier akan diberikan antibiotik melalui infus, namun kerusakan yang sudah terjadi pada organ lain tidak bisa diperbaiki kembali.

2. Gonore

Gonore atau kencing nanah juga termasuk dalam penyakit kelamin pria maupun wanita. Penyebabnya adalah karena infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Gejala yang akan terjadi pada penderita penyakit menular seksual ini adalah pada pria akan mengalami keluarnya cairan putih seperti nanah dari ujung penis, pada wanita akan mengalami keputihan abnormal berwarna kehijauan atau kekuningan, terasa nyeri ketika buang air kecil, gatal pada area anus atau dubur, mengalami pendarahan di luar menstruasi, nyeri pada testis pria, dan sakit di perut bagian bawah.

chat

Cara mengobati gonore akan dilakukan dengan pemberian antibiotik secara oral ataupun injeksi. Pengobatan harus dilakukan bersama dengan pasangan agar tidak terjadi infeksi yang berulang. Gonore harus segera diobati karena bisa menyebabkan komplikasi seperti radang panggul pada wanita, dan terjadinya epididimistis serta masalah prostat pada pria.

3. Herpes Genital

Penyakit ini juga termasuk dalam penyakit kelamin wanita dan juga pria. Penyebabnya adalah infeksi virus herpes simplex tipe 2. Sekali terinfeksi virus ini, maka virus akan selamanya berada di dalam tubuh, sehingga gejala herpes genital dapat kambuh kapanpun, terutama saat ketahanan tubuh menurun. Gejala yang akan terjadi berupa munculnya benjolan dan lupa yang ditemui pada genital dan anus, sakit pada saat buang air kecil, nyeri di otot, gejala seperti flu, dan juga demam.

Cara mengobati herpes genital akan dilakukan dengan tujuan mengurangi gejala yang terjadi dan mencegah kambuhnya penyakit ini. Namun pengobatan tidak bisa menghilangkan virus dari dalam tubuh. Obat yang akan digunakan pada penderita herpes genital adalah obat antivirus yang berguna untuk mempercepat penyembuhan, mengurangi kemungkinan kambuh, mengurangi tingkat keparahan, dan menurunkan kemungkinan penularan herpes pada orang lain.

4. Kutil Kelamin

Kutil kelamin pada pria dan wanita dapat terjadi karena adanya infeksi human papillomavirus (HPV) yang ditularkan melalui hubungan seksual. Gejala yang muncul yaitu tumbuhnya benjolan kutil pada genital ataupun anus, bentuknya menyerupai kembang kol, kecil, namun berkelompok, penderita juga akan mengalami gatal pada area genital dan anus, serta terjadinya pendarahan saat melakukan hubungan seksual.

Cara mengobati kutil kelamin dapat dilakukan dengan obat topikal ataupun prosedur ablasi. Obat topikal adalah obat yang diberikan langsung pada area yang mengalami gejala atau dimana kutil muncul. Sedangkan prosedur ablasi dilakukan dengan menerapkan beberapa metode yang akan membantu menghilangkan kutil seperti eksisi, bedah laser, bedah listrik ataupun kriyoterapi.

Itulah beberapa penyakit kelamin pria dan juga penyakit kelamin wanita yang bisa dialami oleh pria dan wanita yang sudah aktif secara seksual. Untuk menghindarinya, maka Anda sebaiknya melakukan hubungan seksual yang aman.

Konsultasikan keluhan penyakit kelamin atau penyakit menular seksual yang Anda alami pada staf Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting online, atau segera memeriksakan diri langsung pada dokter Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan