• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

4 Obat Untuk Infeksi Saluran Kencing

4 Obat Untuk Infeksi Saluran Kencing
Nilai Rata-rata: 7.7 / 10 (3 orang penilai )



Infeksi saluran kencing adalah kondisi dimana terjadinya gangguan pada saat buang air kecil. Lalu, apa nama obat untuk infeksi saluran kencing? Informasi seperti ini sangat banyak di cari oleh penderita ISK. Sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui apa penyebab infeksi saluran kencing.

Apa Itu Infeksi Saluran Kencing?

Infeksi saluran kencing adalah sebuah gangguan sistem perkemihan. Dimana, seseorang akan mengalami kesulitan saat buang air kecil. Hal ini disebabkan adanya masalah pada bagian perkemihan yang meliputi, ginjal, ureter, uretra, dan kandung kemih.

Umumnya, masyarakat indonesia mengenal gangguan ini dengan sebutan anyang-anyangan. Dimana, seseorang akan mengalami keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus dan meningkat. Dan biasanya kondisi ini sering di abaikan oleh penderitanya.

Padahal, infeksi saluran kencing tidak bisa dibiarkan tanpa penanganan khusus. Karena, kondisi ini akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan. Namun, banyaknya penderita yang mengabaikan kondisi ini disebabkan, infeksi saluran kencing dapat sembuh meskipun tidak dilakukan pengobatan.

Apa yang Menyebabkan Seseorang Menderita Infeksi Saluran Kencing?

Banyak penderita yang bingung, apa sebenarnya penyebab mereka mengalami infeksi saluran kencing. Tahukah Anda, bahwa penyebab utama infeksi saluran kencing adalah infeksi bakteri yang masuk ke saluran kemih.

Kondisi ini sering terjadi akibat kurangnya mengkonsumsi air putih dan membersihkan area kewanitaan dengan cara yang tidak benar. Bakteri yang menjadi penyebab infeksi saluran kemih biasanya berasal dari sistem cerna. Sehingga, saat buang membersihkan area kelamin dengan cara yang salah, mengakibatkan bakteri berpindah dan menginfeksi ke saluran kencing.

Tidak hanya itu, akitivitas hubungan seks yang tidak aman menjadi salah satu penyebab seseorang untuk menderita infeksi saluran kemih. Aktivitas seks menjadi faktor utama bakteri menginfeksi tubuh dan menyebar ke sistem saluran kemih.

chat

Siapa Saja yang Berisiko Tinggi Untuk Menderita ISK?

Tidak hanya obat untuk infeksi saluran kencing, namun Anda harus mengetahui bahwa wanita lebih berisiko untuk menderita ISK dibanding pria.

Hal ini disebabkan, karena wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek dibandingkan pria. Sehingga, ketika buang air kecil maupun besar, wanita rentan untuk mengalami infeksi akibat perpindahan bakteri yang hidup di usus besar dan menginfeksi sistem kemih.

Bagaimana Cara Mengetahui, Bahwa Saya Menderita ISK?

Biasanya, orang yang sering mengalami keinginan buang air kecil terus menerus tidak menyadari, bahwa sebenarnya mereka memiliki ciri ciri infeksi saluran kemih. Untuk mengetahui seseorang terinfeksi atau tidak dapat dikenali melalui ciri cirinya.

Orang yang menderita ISK rentan mengalami rasa nyeri saat buang air. Disamping itu, akan ditandai dengan rasa sakit yang menimbulkan ketidaknyamanan pada area panggul serta urin yang berubah warna dan berbau sangat menyengat.

Jika Anda memiliki ciri ciri seperti ini, maka segera mencari informasi mengenai obat untuk infeksi saluran kencing. Jangan membiarkan kondisi ini terlalu lama tanpa penanganan dokter, karena dapat membahayakan kesehatan Anda.

Apakah Infeksi Saluran Kemih Dapat Diobati?

Selain, obat untuk infeksi saluran kencing banyak penderita yang mencari informasi mengenai apakah infeksi saluran kemih dapat diobati? Jawabannya, iya. Infeksi saluran kemih dapat disembuhkan secara total, jika mendapatkan pengobatan yang tepat.

Beberapa orang yang mengalami infeksi saluran kemih mungkin berpikir, bahwa kondisi ini dapat sembuh meskipun tidak diobati. Namun, hal sebenarnya yang dapat terjadi, bahwa infeksi saluran kemih tetap harus dilakukan pengobatan.

Hal ini untuk mencegah terjadinya infeksi berulang yang dapat membahayakan kesehatan ginjal. Infeksi saluran kemih yang tidak diobati akan menyebabkan bakteri terus berkembang dan menyebar hingga mengakibatkan infeksi ke bagian tubuh lainnya.

Inilah, 4 Obat Infeksi Saluran Kencing yang Bisa Anda Gunakan

Bila seseorang mengalami ciri ciri yang mirip dengan infeksi saluran kemih, tentu akan mencari obat yang tepat untuk mengatasi gangguan kesehatan yang sedang mereka alami. Berikut ini 4 obat infeksi saluran kencing yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi ISK yang Anda derita, di antaranya:

1. Air Putih

Obat untuk infeksi saluran kencing yang pertama adalah air putih. Seperti yang sudah disebutkan bahwa salah satu faktor pemicu terjadinya infeksi saluran kencing yaitu karena kurangnya konsumsi air putih. Untuk itu, dengan memenuhi jumlah cairan, maka akan menghindarkan bahkan membantu mengobati kondisi infeksi yang terjadi.

Selain itu, ketika Anda mengonsumsi banyak air putih maka tubuh akan membuang urine secara rutin yang juga akan membuang bakteri dari tubuh. Dengan begitu, bakteri penyebab infeksi dapat terbuang.

2. Vitamin C

Konsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen ataupun buah serta sayur, dapat dijadikan sebagai obat untuk infeksi saluran kencing yang akan membantu Anda untuk mengatasi infeksi saluran kencing yang sedang Anda alami. Ketika Anda meningkatkan konsumsi vitamin C ini, maka urine yang Anda keluarkan akan menjadi lebih asam dan akhirnya bakteri dapat mati.

Namun konsultasikan pada dokter terlebih dahulu mengenai cara satu ini, terlebih pada Anda yang merupakan penderita maag.

3. Probiotik

Infeksi yang terjadi di saluran kencing disebabkan oleh bakteri jahat. Dan untuk melawannya diperlukan bakteri baik, yang bisa didapatkan dari probiotik yang bisa digunakan sebagai obat untuk infeksi saluran kencing.

Probiotik ini bisa Anda temukan pada yoghurt ataupun suplemen. Mengonsumsi probiotik secara rutin setiap harinya, akan menjaga tubuh terhindar dari keberadaan bakteri jahat penyebab infeksi.

4. Memperhatikan Kebersihan

Bakteri akan mudah menginfeksi bila kebersihan area kelamin tidak diperhatikan dengan benar. Untuk menghindari infeksi bukan hanya harus membersihkannya saja, namun juga harus cara yang digunakan harus benar. Terlebih pada wanita. membersihkan area kelamin harus selalu dilakukan dari arah depan ke belakang untuk menghindari bakteri berpindah dari anus ke saluran kencing.

Nah, itulah beberapa obat untuk infeksi saluran kencing yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengatasi masalah infeksi saluran kencing yang sedang Anda derita. Namun, jika Anda membutuhkan obat untuk infeksi saluran kencing sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan dokter.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi serta bantuan obat untuk infeksi saluran kencing segera hubungi tim medis Klinik Utama Gracia di 081336361555 atau melalui tombol konsultasi online di bawah ini.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan