• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

4 Hal Penting Tentang Herpes Kelamin

4 Hal Penting Tentang Herpes Kelamin
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (3 orang penilai )



Herpes kelamin adalah salah satu jenis penyakit kelamin yang umum terjadi pada pria maupun wanita. Penyakit ini dapat menyerang pria maupun wanita dari segala usia, terlebih pada mereka yang sudah aktif berhubungan seks.

Mungkin, beberapa dari Anda sedang terinfeksi penyakit herpes namun tidak menyadarinya. Kondisi seperti ini sangat umum terjadi, dimana banyak penderita yang tidak menyadari bahwa mereka sedang terinfeksi disebabkan tidak adanya gejala yang dapat dikenali.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai penyakit kelamin salah satunya herpes. Ketahui, apa saja ciri ciri herpes dan faktor yang dapat menyebabkan Anda terinfeksi penyakit ini.

Penyebab Penyakit Herpes Kelamin

Herpes kelamin disebabkan oleh infeksi virus menular yang dikenal dengan herpes simpleks virus (HSV). Virus herpes simpleks terbagi menjadi dua jenis virus, diantaranya HSV-1 dan HSV-2. Kedua jenis virus ini dapat menyebabkan penyakit herpes kelamin.

Namun, pada kasus herpes sering ditemukan yang menjadi penyebab penyakit ini adalah HSV-2. Meskipun begitu, HSV tipe 1 juga memiliki risiko yang sama sebagai penyebab dan dapat menginfeksi seseorang untuk menderita penyakit herpes.

Virus ini akan menular dari satu orang ke orang lain. Biasanya, penularan infeksi terjadi ketika melakukan hubungan seks dengan seseorang yang menderita penyakit herpes. Untuk itu, ketahui apa saja faktor yang dapat meningkatkan Anda terinfeksi penyakit ini.

chat

Faktor yang Meningkatkan Seseorang Terinfeksi

Banyak penderita yang tidak mengetahui apa sebenarnya faktor yang meningkatkan mereka terinfeksi penyakit kelamin ini. Beberapa penderita tidak menyadari, bahwa aktivitas seks menjadi salah satu faktor utama penularn infeksi.

Jika Anda sudah aktif melakukan hubungan seks, maka risiko untuk terinfeksi penyakit ini sangat mudah. Aktivitas seks yang dilakukan secara tidak aman, seperti berhubungan seks dengan banyak pasangan dan melakukan hubungan seks dengan pasangan yang sudah terinfeksi.

Seseorang yang memiliki hubungan seks dengan pasangan sejenis juga akan meningkatkan faktor infeksi. Tidak hanya itu, aktivitas seks yang dilakukan tanpa menggunakan kondom (pengaman) sangat berisiko untuk menularkan infeksi.

Untuk itu, jika Anda tidak ingin terinfeksi penyakit herpes, sebaiknya hindari aktivitas seks yang berisiko.

Ketahui, 4 Fakta Dan Hal Penting Tentang Herpes Kelamin

Ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui tentang penyakit herpes. Berikut ini ada 4 fakta dan hal penting mengenai penyakit herpes kelamin, diantaranya:

1. Herpes Sering Tidak Menunjukkan Gejala

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa herpes genital seringkali datang tanpa menunjukkan gejala. Bahkan seseorang yang sebenarnya memiliki gejala, namun tidak menyadari kehadiran penyakit tersebut.

Hal inilah yang membuat penularan herpes dapat dengan mudah terjadi, karena gejala yang kadang tidak terlihat. Namun ada beberapa gejala yang mungkin dapat Anda waspadai, yaitu munculnya luka melepuh, ruam, gatal, sakit buang air kecil, dan muncul gejala flu.

2. Virus Herpes Akan Menetap Di Tubuh

Bila Anda sudah pernah terinfeksi virus herpes simpleks, maka Anda akan selamanya terinfeksi virus ini. Virus akan menetap di dalam tubuh seumur hidup dan dapat aktif dalam waktu yang tidak dapat ditentukan, sehingga menyebabkan infeksi muncul kembali.

Walaupun begitu, virus ini dapat aktif dan menyebabkan terjadinya gejala herpes genital pada saat-saat tertentu seperti ketika sistem kekebalan tubuh melemah. Belum ada obat yang dapat menghilangkan keberadaan virus ini dari dalam tubuh.

3. Komplikasi Herpes Genital

Ada berbagai komplikasi yang dapat terjadi karena herpes genital ini, seperti munculnya penyakit menular seksual lain, terjadinya peradangan, dan juga gangguan pada kehamilan bila dialami oleh wanita hamil. Ketika terdapat luka yang dialami oleh penderita herpes genital, maka kemungkinan tertularnya penyakit menular seksual lain dapat terjadi.

Peradangan pada saluran kemih juga bisa menjadi komplikasi herpes genital, yang terjadi karena adanya pembengkakan yang akhirnya menutup jalur uretra. Selain itu, penderita yang merupakan ibu hamil dapat mengalami gangguan pada kehamilannya, ataupun janin bisa tertular herpes juga.

4. Pengobatan Dan Pencegahan Herpes Kelamin

Walaupun obat untuk menghilangkan virus belum ditemukan, namun pengobatan akan dilakukan untuk mengurangi gejala yang terjadi, mempercepat penyembuhan, dan menurunkan kemungkinan kambuh kembali.

Biasanya pengobatan yang diberikan dokter berupa obat antivirus yang dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter. Sebaiknya lakukan pengobatan bersama dengan pasangan seksual, dan lakukan hingga tuntas, sebelum Anda kembali aktif dalam aktivitas seksual.

Selain itu, sebaiknya Anda melakukan pencegahan dari terinfeksi virus herpes simpleks ini. Pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan aktivitas seksual yang aman, dengan tidak berganti-ganti pasangan, dan menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual.

Nah, jika Anda salah satu penderita herpes kelamin dan membutuhkan bantuan pengobatan. Maka, segera hubungi Klinik Utama Gracia melalui nomor telepon 081336361555 atau konsultasikan keluhan Anda dengan tim medis kami melalui tombol chat online dibawah ini.

Baca Juga : Penyakit Herpes Kelamin Berbahaya Atau Tidak? Cari Tahu Disini

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan